Menuliskan Indahnya Indonesia untuk Dunia

Menuliskan Indahnya Indonesia untuk Dunia

Wakatobi © Monica Volpin/Pixabay

Aku adalah perempuan Indonesia. Aku suka melihat, mendengar, dan mencari tahu apa yang hebat dari negeriku. Dimulai dari alamnya, prestasi anak bangsa, keanekaragaman budayanya, juga hal-hal unik dari penjuru Nusantara.

Sedih jika ada kabar miring tentang Indonesia, rasanya ingin dunia tahu Indonesia tak seburuk yang ditulis oleh orang yang kurang bertanggung jawab, dan tidak mengerti Indonesia seutuhnya.

Selayaknya sebuah ciptaan Tuhan, negeriku tentu tak luput dari kekurangan. Tetapi negeri elok ini punya banyak hal yang membanggakan sebagai negeri pejuang, pembelajar dan cinta perdamaian.

Aku seorang ibu rumah tangga biasa dari anak-anak luar biasa yang akan mewarisi tanah tumpah darah Indonesia. Kepada mereka akan terus kuperdengarkan sajak indah tentang tanah kelahiran nenek moyang mereka.

Akan terus kukobarkan semangat membela Tanah Pusaka, sekuat dan semampu mereka bisa. Akan terus kudendangkan lagu cinta, pada Tanah Air yang memberikan seluruh cintanya pada mereka, supaya mereka juga mencintai Indonesia.

Aku akan selalu menulisnya. Menulis lagu, sajak, dan ragam cerita, agar anak-anakku mudah membaca kembali cerita yang mereka gemari, supaya lebih terpatri pada hati rasa cinta pada negeri ini. Aku ingin anak-anakku kelak melakukan hal yang sama dengan apa yang kugeluti saat ini.

Menuliskan keindahan Indonesia, dan memberitakan pada dunia. Menceritakan eloknya kebudayaan dari Sabang hingga Merauke, agungnya nilai nilai yang dijunjung tinggi setiap anak negeri, lalu menjadi duta yang mengharumkan nama Indonesia di manapun mereka berada.

Aku ingin menjadi suri teladan bagi anak-anakku, sehingga terus kuasah kemampuan literasiku. Aku harus mampu menggambarkan dengan baik dan benar apa yang kulihat, dengar dan rasakan, lalu menyebar kebenaran untuk seluruh penduduk bumi. Supaya masyarakat dunia tahu dan paham Indonesia yang sebenarnya.

Aku adalah perempuan Indonesia, menulis adalah caraku untuk membuktikan cintaku pada negeri ini. Akan kutuliskan segala yang baik tentang negeriku, bukan untuk mengingkari kekurangannya, tetapi membuatnya seimbang.

Dengan banyak menulis tentang kebaikan Tanah Airku, yang buruk tentangnya akan terlupa, berganti semangat memperbaiki diri, mempersembahkan yang terbaik dari negeri ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Yufi Eko Firmansyah Aditya Jaya Iswara

Nikmati Keseruan Wahana Permainan di Jakarta Fair 2019! Sebelummnya

Nikmati Keseruan Wahana Permainan di Jakarta Fair 2019!

Lagu "Move" Milik Niki Zefanya Dipakai Apple Saat Peluncuran Jam Pintar Barunya Selanjutnya

Lagu "Move" Milik Niki Zefanya Dipakai Apple Saat Peluncuran Jam Pintar Barunya

11 Komentar

  • Hani

    Teruslah menulis tentang kebaikan Tanah Air. Aku sedih kalau ada di antara kita sendiri justru menjelekkan Indonesia. Kalau jelek, minimal berilah solusi supaya menjadi baik.

  • Dwi

    Aku pun berpikir demikian... Masih banyak kelebihan dan keindahan Indonesia yang bisa kita suarakan pada dunia.

  • Evalina

    Yup, setuju masih banyak sisi positif dari Indonesia yang bisa digali....

  • Enni Kurniasih

    Betul, Mbak. Keindahan dan kekayaan alam Indonesia masih banyak yang perlu ditulis dan dikabarkan pada dunia. Teruslah menulis yang baik-baik dan indah tentang Indonesia.

  • Dian Restu Agustina

    Banyak menulis tentang kebaikan Tanah Air sebagai wujud cinta dan bangga dengan Indonesia. Sepakat mbak...semoga dengan menulis banyak kebaikan akan tersingkir berita keburukan.

  • Bety Kristianto

    Indonesia itu sangat cantik, hanya saja orang Indonesianya sendiri yang kadang suka nggak mau mengeksplor lebih dalam. Malah sukanya keluar negeri, sementara orang luar pada ke sini hehehe..

  • Yanti Ani

    Setuju banget, dengan tulisan membagi hal-hal positif ttg Indonesia, bisa memperbaiki Citra Indonesia yang agak sedikit miring akhir-akhir ini. Semangat mbak

  • Eni RahAYu

    Sepakat mbak, menuliskan kebaikan tanah air untuk dibaca anak-anak kelak. Siapa lagi kalau bukan kita orang tua mereka yang mengenalkannya

  • Haeriah

    Benar banget, mba. Sebagai perempuan penulis, sepatutnya kita ikut mengabarkan tentang keindahan Indonesia kepada dunia.

  • Dewi adikara

    Saya bangga saat ada seseorang banyak menuliskan cerita Indonesia. Dengan demikian keindahan Indonesia bisa tergambarkan dalam tulisan, dan dapat dinikmati banyak kalangan dari sabang sampai merauke, walau mereka tidak bisa travelling ke semua daerah:) Tulisannya bisa membantu sekali untuk masyarakat dalam mengenal tanah air.

  • Nyk's Note

    Setujuuuu kalau Indonesia itu indah. Menulis tentang keragaman dan keindahan negeri kita adalah hal yang wajib mnurutku. Agar negara lain tertarik dan berkunjung ke Indonesia. Krn seperti aq hny itu yg bisa kusumbangkn melalui tulisan. Indonesia memang keren..

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.