Kabar Baik dari Indonesia

Kabar Baik dari Indonesia
info gambar utama

Apa sih, yang terpikir ketika kita ditanya tentang Indonesia? Sebagai orang Indonesia tentu kita akan menjawab semua hal yang baik tentang Indonesia. Hal yang membanggakan dan membuat kita makin cinta Indonesia.

Lalu jika pertanyaan itu ditujukan pada para perempuan penulis Indonesia? Jawabannya bisa sangat beragam meskipun intinya akan sama dengan apa yang ada dalam hati setiap anak bangsa.

Saya mencoba menulis apa jawaban saya jika pertanyaan itu ditujukan pada saya, seorang penulis perempuan. Kaidah penulisan yang baik akan saya pakai sebagai pedoman. Mulai tentang kejujuran dalam menulis, menulis berdasarkan fakta, dan aspek keberimbangan berita akan tetap menjadi koridor utama.

Menulis kabar baik

Kabar buruk membuat seseorang yang membaca menjadi sedih dan terpuruk. Semangat pun bisa ikut ambruk. Sebaliknya kabar baik akan membuat pembacanya bahagia, akan timbul rasa cinta dan bangga, dan mampu memompa semangat untuk menjaga tanah air tercinta dan membuatnya makin membahana.

Menulis kabar baik bukan berarti menutupi realitas yang ada di sekitar kita. Apa yang terjadi, pahit atau manis harus disampaikan apa adanya. Kenyataan, meskipun menyakitkan akan kita jadikan sebagai pelajaran, fokus penelitian dan pengembangan untuk menemukan langkah perbaikan.

Terus semangat membuat kemajuan lalu diberitakan supaya kobaran semangat sampai menghangat, membakar nyali setiap pembaca.

Memberitakan kabar yang kurang menyenangkan, sebaiknya dilengkapi dengan ide solusi dari masalah yang terjadi. Menghindari saling tuding dengan pihak lain yang bisa memicu konflik baru.

Selain ide solusi, sebaiknya dampingi juga berita buruk tersebut dengan perkembangan positif dari kasus lain, lalu kabarkan pula kemajuan di bidang lain.

Paling tidak satu berita buruk dilawan dengan dua kabar baik. Dengan demikian kesedihan mendengar berita miring berganti dengan semangat memperbaiki diri.

Terus menulis dan menyebar kabar baik

Tampilkan foto-foto indahnya pelosok desa, gempitanya kemeriahan pagelaran budaya di kota, majunya teknologi ciptaan anak bangsa, prestasi para pelajar di kancah internasional.

Bingkai dengan tulisan yang menguatkan cerita. Sampaikan pada dunia, sebagai Good News from Indonesia. Kabarkan, sebarkan terus dan jangan berhenti, supaya tiap orang dari 267 juta penduduk di Indonesia mengenal dengan baik tanah air tercinta dan mampu membawa harum nama Indonesia.

Makin banyak kabar baik tersebar maka itulah yang akan selalu terngiang pada telinga orang yang mendengar nama Indonesia.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SR
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini