SMK Asal Banyumas Ciptakan Prototype Mobil Listrik

SMK Asal Banyumas Ciptakan Prototype Mobil Listrik
info gambar utama

Semakin hari, polusi udara di kota-kota besar semakin parah. Gas buang kendaraan bermotor membuat kesehatan menjadi buruk.

Hal ini menjadikan siswa-siswa SMK Ma'aruf NU 1 Sumpiuh, Kabupaten Banyumas melakukan inovasi dengan membuat prototype mobil listrik tenaga surya.

Sumber : portaltiga
info gambar

Dengan nama "Molisma" (Mobil listrik Ma'arif ini merupakan hasil inovasi dari guru dan siswa SMK Jurusan Teknik Kendaraan ringan dan Teknik kendaraan berat. "Nama mobilnya Molisma, mobil listrik Ma'arif generasi pertama harapan kedepannya agar bisa lebih disempurnakan lagi, dan dari pihak sekolah bisa lebih men-support lagi. Supaya bisa diperbanyak dan bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk mengurangi polusi bahan bakar juga," kata Ahmad Mubaidillah (19), siswa kelas 12, Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma'arif NU 1 Sumpiuh yang dikutip dari detik.com

Ide untuk pembuatan mobil ini berawal dari guru, kemudian ke siswa agar lebih berinovasi. Pengerjaan prototype ini dilakukan oleh 4 tim yang berjumlah 8 siswa, dua instruktur dan menghabiskan waktu 4 bulan.

Prototype mobil listrik tenaga surya ini menggunakan tiga panel dan empat baterai. Tenaga yang tamping baterai kemudian menggerakkan BL DC.

Sugiharto, selaku Kepala SMK Ma'arif NU 1 Sumpiuh, menyampaikan, program ini bertujuan untuk pembelajaran para siswa. Prototype mobil akan distandarisasi agar lebih hemat, ramah lingkungan dan multiguna.

--

Sumber : Detik.com, Portaltiga

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini