Apa Saja Manfaat Runway 3 di Bandara Soetta?

Apa Saja Manfaat Runway 3 di Bandara Soetta?
info gambar utama
  • Sukses mendaratnya pesawat kalibrasi di runway 3 menandakan runway tersebut siap beroperasi.
  • Dengan adanya runway 3, jumlah pergerakan pesawat per jam bisa ditambah.
  • Begitu pun dengan jumlah penumpang yang bisa ditampung Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Sukses mendaratnya pesawat kalibrasi pada Minggu (21/7) menjadi penanda runway 3 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta siap beroperasi. Kesiapan runway 3 juga sudah ditegaskan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Dalam kunjungannya saat meninjau proyek runway 3, Menhub menyaksikan langsung pendaratan pesawat kalibrasi. Pesawat tersebut digunakan untuk mengetes keseiapan fisik dari runway 3. Selanjutnya, kesiapan ini dilaporkan ke presiden Joko Widodo pada 21 Juni 2019.

"Betapa gembiranya kita di Indonesia, Angkasa Pura II bisa menyediakan fasilitas runway ketiga. Memang sudah diharapkan presiden agar bisa digunakan segera," ucap Menhub, dalam siaran pers yang diterima GNFI.

Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau kesiapan runway 3 | Foto: Dok. BKIP Kementerian Perhubungan
info gambar

BACA JUGA: Ketika Kain Tenun Mengangkasa Bersama Srikandi Bangsa

Runway 3 dengan panjang 2.500 meter ini sudah bisa digunakan mulai Agustus 2019. Presiden Direktur PT. Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin, juga mengonfirmasi hal tersebut.

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak sehingga runway ketiga dengan panjang 2.500 meter sudah selesai dengan baik. Runway ketiga ini sudah bisa siap dioperasikan, di mana juga sudah dilakukan proving flight untuk landing test runway ketiga pada hari ini," ucapnya saat itu.

Muhammad Awaluddin melanjutkan, target AP II berikutnya adalah mengoperasikan runway ketiga dengan dimensi 3.000 x 60 meter, sehingga penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta bisa lebih optimal dan maksimal.

BACA JUGA: Lulusan Teknik Kimia yang Meroket di Bidang Dirgantara

Sebelum adanya runway ketiga, dengan runway 1 dan runway 2 bandara yang berlokasi di Tangerang, Banten, ini bisa menampung 81 pergerakan pesawat per jam. Kini dengan hadirnya runway ketiga, jumlah penerbangan bisa ditingkatkan menjadi 114 pesawat per jam.

Dengan demikian, Bandara Internasional Soekarno-Hatta bisa melayani sampai 100 juta penumpang per tahun, atau setara dengan bandara di Beijing (Tiongkok) dan Atlanta (Amerika Serikat). Sebelumnya jumlah penumpang di Bandara Soetta berkisar 60-70 juta per tahun.**

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini