Medali Perak ke-5 untuk Timnas Indonesia

Medali Perak ke-5 untuk Timnas Indonesia

Timnas U-23 di SEA Games 2019 © pssi.org

  • Timnas U-23 Indonesia meraih medali perak di SEA Games 2019 cabor sepak bola putra.
  • Di final, tim asuhan Indra Sjafri kalah 0-3 dari Vietnam.
  • Ini adalah medali perak ke-5 Garuda Muda sepanjang partisipasinya di SEA Games.

Malam ini (10/12) timnas U-23 Indonesia menjalani pertandingan final SEA Games 2019 melawan Vietnam. Bertempat di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Garuda Muda harus puas dengan raihan medali perak, usai takluk 0-3 di kaki-kaki pemain Vietnam.

Babak pertama dimulai dengan tempo lambat. Kedua kesebelasan sama-sama berhati-hati dalam melepaskan bola, guna menghindari gol cepat. Terlihat betul baik Indra Sjafri dan Park Hang-seo sama-sama menginstruksikan anak asuhnya untuk tidak mudah kehilangan bola.

Selama 25 menit pertama Indonesia memang berhasil tidak kecolongan gol cepat, tapi tak kuasa menahan takdir kehilangan pemain kunci secara cepat. Evan Dimas kudu ditarik keluar dari digantikan Syahrian Abimanyu, karena menderita cedera engkel usai dilanggar pemain Vietnam.

Kemudian di menit 38, gawang Indonesia jebol. Pelanggaran Asnawi berujung tendangan bebas tidak langsung untuk The Golden Star. Nguyen Thanh Chung yang maju sebagai eksekutor mengirim umpan manis yang ditanduk dengan sempurna oleh Doang Van Hau, membuat Vietnam unggul 1-0.

Sampai wasit meniup peluit tanda turun minum, skor tersebut tidak berubah.

BACA JUGA: Osvaldo Haay di Ambang Rekor Top Skor SEA Games 2019

Di babak kedua, Indra Sjafri merespon ketertinggalan Indonesia dengan cepat. Ia memasukkan Egy Maulana Vikri, menggantikan Witan Sulaeman yang kurang cemerlang di babak pertama.

59 menit laga berjalan, Vietnam menggandakan keunggulan. Sepakan jarak jauh Do Hung Dung tak mampu dibendung Nadeo Argawinata. Perjuangan Indonesia untuk mengakhiri puasa medali emas pun kian berat.

14 menit kemudian Vietnam semakin menjauh. Berawal dari tendangan bebas tidak langsung, Doan Van Hau mencetak gol keduanya malam ini.

Hingga peluit panjang dibunyikan wasit, Indonesia tak kunjung bisa membalas satupun gol. Skor akhir, Vietnam menang tiga gol tanpa balas.

Dengan hasil ini, Indonesia harus puas kembali menempati peringkat kedua di SEA Games 2019 cabor sepak bola putra. Ini merupakan medali perak ke-5 Garuda Muda, setelah tahun 1979, 1997, 2011, dan 2013.

BACA JUGA: Mengenal Puspa Arumsari, Peraih Emas SEA Games 2019 Cabor Pencak Silat

Susunan pemain

Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Bagas Adi Nugroho, Andy Setyo, Firza Andhika; Evan Dimas (Syahrian Abimanyu 25'), Zulfiandi, Saddil Ramdani, Sani Rizki Fauzi (M. Rafli 63'), Witan Sulaeman (Egy M. Vikri 45'); Osvaldo Haay.

Vietnam: Van Toan; Van Hau, Thanh Chung, Tan Sinh; Thanh Thinh, Hung Dung, Duc Chien (Trong Hung 81'), Trong Hoang, Hoang Duc; Tien Linh, Duc Chinh (Van Thai Quy 69').

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih100%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Bertambah Lagi Opsi Perjalanan Udara Jayapura-Timika Sebelummnya

Bertambah Lagi Opsi Perjalanan Udara Jayapura-Timika

Bersenyawa dengan Kukila: Harmoni Hidup antara Manusia dengan Kukila di Hutan Kemuning Selanjutnya

Bersenyawa dengan Kukila: Harmoni Hidup antara Manusia dengan Kukila di Hutan Kemuning

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

Tidak bisa masak tapi suka makan. Tidak bisa main bola tapi suka nonton bola.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.