Mengenal Puspa Arumsari, Peraih Emas SEA Games 2019 Cabor Pencak Silat

Mengenal Puspa Arumsari, Peraih Emas SEA Games 2019 Cabor Pencak Silat
info gambar utama

Puspa Arumsari atau yang akrab disapa Dara merupakan gadis kelahiran Jakarta, 10 Maret 1993 yang berhasil meraih emas pada seni tunggal putri pencak silat SEA Games 2019 di Filipina dengan total nilai 467 poin mengungguli pesilat tuan rumah, Mary Francine Padios dan pesilat Brunei Darussalam, Anisah Najihah Abdullah.

Di lingkungan keluarga, Dara terkenal sebagai wanita yang pemberani dan tomboy dengan memiliki sikap gigih, tangguh, dan ulet dalam kesehariannya.

Puspa Arumsari saat sedang latihan | Foto: Gilang/tagar.id
info gambar

Dara sudah menggeluti olahraga pencak silat sejak duduk di kelas lima sekolah dasar (SD). Awalnya, Dara diperkenalkan oleh Ferri, kakak keduanya, seorang pelatih pencak silat hingga akhirnya Dara menyukai dan mulai menggeluti olahraga tersebut.

Kejuaraan pertamanya dilakukan saat SD dan Dara langsung keluar sebagai juara. Hal tersebut berhasil diraihnya berkat kedisiplinan Dara karena berlatih dengan giat.

Dara pun mengungkapkan, dirinya bisa berada pada titik ini berkat dukungan dari kedua orang tuanya. Sejak dulu, orang tua Dara selalu mendukung hal apapun yang ditekuni oleh Dara asalkan membawa pada hal yang positif.

"Orangtua ngizinin kok. Mereka mendukung. Orangtua nggak ngelarang, soalnya aku kalau sudah menekuni satu, ya, aku jalanin dengan serius," tutur Dara.

Dengan menekuni pencak silat sejak SD, Dara yang disibuki dengan latihan setiap harinya juga memiliki tanggung jawab untuk sekolah dan menghasilkan nilai yang baik. Pulang latihan pukul 10 malam selalu disempatkannya untuk belajar dan kembali melakukan aktivitas pagi harinya untuk sekolah.

Dulu, Dara pernah bercita-cita ingin menjadi graphic desainer, maka dari itu, Dara pun berkuliah pada program studi Desain Grafis di Politeknik Negeri Jakarta dan lulus pada tahun 2014. Namun kini cita-cita tersebut berubah haluan seiring dengan perkembangan dirinya sebagai atlet pencak silat.

Puspa Arumsari saat bertanding di Asian Games 2018 | Foto: INASGOC
info gambar

Tahun lalu, pada Asian Games 2018, perempuan yang memiliki hobi travelling dan membaca ini berhasil mempersembahkan medali emas juga pada pencak silat. Hal tersebut membawa dirinya semakin dikenal di dunia olahraga Indonesia.

Tak hanya itu, Dara juga mempunyai sederet prestasi lainnya. Berikut prestasi yang telah diraih Puspa Arumsari:

- Juara 1 Pra Kualifikasi PON, Gorontalo

- Juara 2 Pencak Silat World Championship, Thailand

- Juara 1 Asean University Games, Palembang

- Juara 2 Malaysia Open, Ipoh, Malaysia

- Juara 1 KEJURNAS DEWASA, Jakarta

- Juara 1 Porseni Politeknik, Pontianak

- Juara 1 POMNAS, Jogja

- Juara 1 Porseni Politeknik, Palembang

- Juara 2 Asean University Games


Referensi: tagar.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dessy Astuti lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dessy Astuti.

Terima kasih telah membaca sampai di sini