10th World Water Forum, Harapan Memperluas Jangkauan Akses Air Bersih di Indonesia

10th World Water Forum, Harapan Memperluas Jangkauan Akses Air Bersih di Indonesia
info gambar utama

Saat ini, World Water Forum atau Forum Air Dunia tengah berlangsung di Bali dengan Indonesia sebagai tuan rumah. Kegiatan ini akan mencapai puncaknya pada tanggal 18—25 Mei 2024. Sejumlah agenda telah tersusun secara terencana, mulai dari pertemuan tingkat tinggi antar negara, acara sampingan, Bali Youth Plan, penghargaan Great Water World Raja Hasan II, hingga Compendium Of Concrete Deliverables And Actions.

Mengenal Apa Itu 10th World Water Forum 2024 atau Forum Air Dunia ke-10 di Bali

Hadirnya kegiatan setiap tiga tahun sekali ini merupakan pengingat dan dorongan bagi seluruh masyarakat global untuk lebih memerhatikan pentingnya air sebagai elemen kunci dalam kehidupan manusia. Para pemangku yang berkepentingan, mulai dari pemimpin negara hingga otoritas di tingkat Daerah Aliran Sungai (DAS), diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam berdiskusi mencari solusi untuk mengatasi masalah terkait air.

Oleh karena itu, menjadi harapan bagi masyarakat agar World Water Forum ini dapat menghasilkan hasil yang positif, baik dalam bentuk kebijakan maupun praktik terkait air, terutama dalam hal menyediakan akses air bersih.

Harapan Masyarakat terhadap Akses Air Bersih

Dalam hal akses air bersih, Indonesia masih belum mencapai tingkat yang memuaskan. Meskipun Badan Pusat Statistik (2022) mencatat bahwa 91 persen rumah tangga telah memiliki akses yang memadai terhadap air minum, tetapi data dari Kementerian Kesehatan (2020) menunjukkan bahwa hanya 11,8 persen dari akses tersebut yang terjamin keamanannya.

Sejalan dengan itu, menurut laporan WaterAid, Indonesia menempati peringkat 140 dari 193 negara dalam Indeks Ketersediaan dan Kualitas Air Minum 2022. Skor Indonesia adalah 52,5 dari 100, dengan hanya 60,1 persen dari populasi yang memiliki akses air minum yang memadai.

Di samping itu, dilansir dari Antara, Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Firdaus Ali, menyatakan bahwa hanya sekitar 21,69 persen dari kebutuhan air bersih yang telah tercukupi melalui sistem perpipaan.

Demikian masih menjadi tantangan besar bagi Indonesia untuk terus menyediakan air bersih dan aman bagi masyarakatnya. Karena hal ini berhubungan dengan keamanan manusia, Indonesia memiliki kewajiban untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh UNDP (1994). Keamanan lingkungan termasuk salah satu aspek yang harus dipenuhi, terutama terkait dengan akses air bersih.

World Water Forum menjadi langkah yang tepat bagi Indonesia untuk belajar dan bekerja sama dengan negara lain dalam memodernisasi pengaturan tata kelola dan proyek-proyek strategis air lainnya. Diketahui Indonesia sendiri akan memperkenalkan tata kelola air melalui pendekatan kearifan lokal, salah satunya sistem Subak. Dengan demikian, hal ini dapat menjadi saling menguntungkan antara Indonesia dan negara-negara lain.

Belajar Subak, Delegasi 10th World Water Forum Bakal Kunjungi Persawahan Jatiluwih

Dilansir dari InfoPublik.id, berdasarkan pernyataan Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, Endra S Atmawidjaja, Indonesia mengusulkan beberapa proyek senilai USD 9,6 miliar terkait modernisasi sistem irigasi, pengelolaan air minum, pembangunan bendungan, dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Harapannya, proyek-proyek jangka panjang ini dapat memenuhi kebutuhan akses air bersih bagi masyarakat Indonesia dan melibatkan mereka secara langsung dalam pengelolaan, pembangunan, dan pengembangan proyek tersebut. Hal ini diharapkan dapat memicu transfer pengetahuan sehingga Indonesia dapat mengembangkan inovasi teknologi dalam tata kelola air di masa depan.

Terakhir, pentingnya juga untuk meningkatkan pemahaman tentang akses air bersih melalui edukasi dan diseminasi informasi, termasuk dalam hal pengelolaan air, pemahaman tentang perbedaan antara air bersih dan yang tidak, serta pentingnya menjaga kualitas dan ketersediaan air.

Referensi

  • Antaranews.com. 2023. World Water Forum, momentum RI tingkatkan layanan air bersih perpipaan. Tautan: https://www.antaranews.com/berita/3437922/world-water-forum-momentum-ri-tingkatkan-layanan-air-bersih-perpipaan
  • Infopublik.id. 2024. [SIARAN PERS WORLD WATER FORUM KE-10] Indonesia Tawarkan Proyek Irigasi hingga PLTA dalam World Water Forum ke-10 di Bali. Tautan: https://infopublik.id/kategori/world-water-forum/845780/siaran-pers-world-water-forum-ke-10-indonesia-tawarkan-proyek-irigasi-hingga-plta-dalam-world-water-forum-ke-10-di-bali

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini