Spongebob Kini Jadi Teman Main Si Juki

Spongebob Kini Jadi Teman Main Si Juki

Poster kolaborasi Si Juki dan Spongebob © Twitter @fazameonk

Anak bangsa Indonesia penuh dengan banyak talenta. Melalui talenta yang dimiliki, ada berbagai media yang dapat dijadikan sebagai wadah untuk menciptakan sebuah karya. Dengan komik salah satunya.

Faza Ibnu Ubaidillah atau yang tenar dengan nama Faza Meonk merupakan satu dari sekian anak bangsa yang memiliki talenta kreatif sebagai seorang komikus. Karya terbaiknya, Si Juki, hadir sebagai komik lokal yang mempunyai karakter seorang mahasiswa usil.

Faza bercerita, Si Juki dibuat pada tahun 2011 saat Faza masih duduk di bangku kuliah. Si Juki yang notabene-nya seorang mahasiswa jurusan desain adalah anak laki-laki yang cuek, usil, seronok, tidak tahu malu, menyebalkan, tetapi selalu memiliki keberuntungan tersendiri.

Karakter animasi Si Juki | Foto: Youtube Kratoon Channel

Juki singkatan dari Juru Hoki ini tidak hanya disajikan dalam bentuk animasi secara online saja di media sosial dan Webtoon, Juki juga disajikan dalam bentuk buku, game, dan film.

Lewat buku, Komik Si Juki sudah terbit sebanyak tujuh buku dengan Juki sebagai aktor utama dalam komik tersebut, seperti Ngampus!!! Buka-Bukaan Aib Mahasiswa, Si Juki dan Petualangan Lulus UN, Si Juki Cari Kerja, dan lainnya.

Lewat karya-karyanya tersebut, rupanya Si Juki berhasil menarik perhatian serial animasi yang ditonton hampir seluruh penjuru dunia, Spongebob Squarepants, untuk berkolaborasi.

Boneka Spongebob dan Si Juki | Foto: Aditya Jaya/GNFI

Inisiasi project kolaborasi ini sebenarnya sudah lama, terhitung sejak 2018. Namun, perlu adanya beberapa tahap yang dilalui agar hasilnya menjadi lebih matang.

“Project ini sudah terjadi sejak tahun lalu, tapi memang tek-tokan dengan pihak Nickelodeon-nya cukup lama. Karena setiap gambar yang dibuat itu butuh approved dari pusat,” ujar Faza saat ditemui pada peluncurkan kerja sama tersebut, di Mall Kota Kasablanka, Jumat (20/12).

Faza yang tumbuh besar bersama serial animasi tersebut merasa sangat terhormat, kaget, senang, dan tak menyangka akan diajak untuk berkolaborasi dalam rangka merayakan ulang tahun ke-20 seri Spongebob Squarepants itu.

Pasalnya, Faza sangat menyukai karakter populer karya Stephen Hillenburg tersebut sejak kecil. Bahkan Faza mengungkapkan, ada episode yang sangat berkesan bagi Faza dan sangat memorable.

“Episode-episode awal sangat berkesan, terutama episode spongebob yang mengajak untuk bernyanyi bersama itu sangat memorable,” tutur Faza.

Faza Meonk, Komikus Si Juki | Foto: Aditya Jaya/GNFI

Sepanjang tahun 2019, pihak Nickelodeon memiliki inisiatif untuk menjalin kerja sama dengan berbagai brand dan seniman dari berbagai belahan dunia. Kemudian, untuk Indonesia, terpilihlah Si Juki dari sekian banyak karakter animasi lokal Indonesia.

Sisi menarik dari kolaborasi ini adalah karena pihak Nickelodeon tidak sengaja melihat karakter Si Juki di Wikipedia dalam versi bahasa Inggris, di situ tertulis bahwa Si Juki terinspirasi dari Spongebob. Pihak Nickelodeon pun tertarik dan tak butuh waktu lama, mereka pun mengajak kerja sama.

Menurut Faza, karakter Si Juki secara tidak sadar banyak memiliki kesamaan dengan Spongebob Squarepants. Tidak hanya dari segi komedi yang dapat dimengerti oleh semua kalangan, ternyata warna suara keduanya pun memiliki kemiripan dan juga dari segi karakter yang iseng dan usil.

Dalam kolaborasi tersebut, Faza membuat berbagai artwork Si Juki dan Spongebob sebagai sosok teman sepermainan.

Nantinya, karakter keduanya akan direalisasikan dan dikembangkan dalam berbagai macam media, seperti merchandise, fashion, toys, buku cerita, dan bentuk kolaborasi lainnya.

Ini bukan pertama kali karakter Si Juki berkolaborasi dengan tokoh dunia lain. Karakter itu juga pernah muncul bersama karakter asal Negeri Ginseng untuk mempromosikan Seoul, hingga bersama BoBoiBoy dari Malaysia.

Terwujudnya kolaborasi ini menjadi sebuah bukti bahwa hasil karya kreator Indonesia mampu untuk berkarya di kancah internasional. Dengan begitu, ini dapat menjadi contoh untuk kreator lainnya agar lebih semangat untuk membuat sebuah karya.***

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Tari Ratoh Jaroe, Tari Kreasi dari Aceh Sebelummnya

Tari Ratoh Jaroe, Tari Kreasi dari Aceh

Dorong Riset dan Publikasi, UNDAR Bangun Kerjasama dengan UNIDA Gontor Selanjutnya

Dorong Riset dan Publikasi, UNDAR Bangun Kerjasama dengan UNIDA Gontor

Dessy Astuti
@desstutt

Dessy Astuti

Literasi-kata.blogspot.com

Si penyuka buku, bakso, dan kucing.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.