Minuman Tradisional Nusantara; Kalimantan dan Sulawesi

Minuman Tradisional Nusantara; Kalimantan dan Sulawesi
info gambar utama

Kembali lagi menjelajah minuman tradisional khas nusantara. Pada tulisan sebelumnya, yakni Minuman Tradisional Nusantara; Bagian Sumatra, telah disebutkan beberapa macam minuman khas yang ada dan berkembang di dataran Andalas. Nah, kini, saatnya untuk menjelajah minuman khas dari tanah Borneo dan Sulawesi.

  1. Liang Teh – Pontianak
Liang Teh | Foto : OpenRice Indonesia
info gambar

Liang teh merupakan minuman khas yang terbuat dari rebusan berbagai bahan alami yang baik untuk kesehatan. Bahan-bahan alami tersebut yakni andong-andong kerang, kumis kucing higga daun mint. Liang teh baik untuk meredakan dan menghilangkan panas dalam, mengingat kata liang atau liong artinya dingin yang dimaksudkan untuk meredakan panas dalam. Biasanya, liang teh disajikan tanpa gula, namun Kawan GNFI juga dapat menambahkan gula sesuai dengan kebutuhan dan selera Kawan GNFI.

  1. Es Lidah Buaya – Kalimantan Barat
Es Lidah Buaya | Foto 99.co
info gambar

Jika di beberapa daerah memamnfaatkan lidah buaya sebagai bahan untuk merawat kesehatan rambut dan kulit kepala, namun hal tersebut berbeda dengan pemanfaatan lidah buaya Kalimantan Barat. Beberapa daerah di Kalimantan Barat memanfaatkan lidah buaya untuk dibuat minuman dingin yang menyegarkan dahaga yakni es lidah buaya. Es lidah buaya dibuat dengan cara lidah buaya dicuci dan diolah kemudian dipotong dadu. Selanjutnya, campurkan lidah buaya dengan aneka sirup serta tambahan balok es batu. Es lidah buaya biasanya disajikan pada bulan puasa untuk menu berbuka puasa.

  1. Saguer – Minahasa
Saguer | Foto : Phinemo
info gambar

Dikutip dari viva.co.id, saguer adalah minuman beralkohol khas dari Minahasa, Sulawesi Utara yang berasal dari pohon aren. Saguer berasa manis serta asam dengan kandungan alkohol kadar rendah. Proses pembuatan saguer terbilang cukup lama dan memerlukan ketelatenan dari pembuatnya. Sementara itu, saguer biasanya dikonsumsi hanya pada acara tertentu seperti pertemuan keluarga ataupun pesta pernikahan.

  1. Sarabba – Makassar
Sarabba | Foto : Portal Berita Bisnis Wisata
info gambar

Sarabba merupakan minuman khas Makassar yang terbuat dari campuran jahe, kuning telur, gula aren, santan dan merica bubuk. Sarabba biasanya dikonsumsi oleh masyarakat Makassar sebagai minuman yang dapat membangkitkan stamina, mengingat sarabba yang dapat menghangatkan tubuh karena ada jahe di dalamnya serta telur ayam kampung yang dipercaya sebagai pemulih stamina. Oleh sebab itu, sarabba seringkali disebut sebagai STMJ dari Makassar karena bahan pembuatnya mirip dan memiliki khasiat yang mirip pula.

Dari beberapa jenis minuman khas di atas, kira-kira apakah Kawan GNFI sudah pernah mencoba untuk mencicipinya? Jika belum, Kawan GNFI tidak perlu jauh-jauh untuk terbang ke daerah-daerah tersebut, karena minuman khas di atas dapat dibuat di rumah Kawan GNFI sendiri. Nah, penjelajahan minuman tradisional khas nusantara tidak berhenti di sini, karena pada tulisan berikutnya akan disuguhkan minuman tradisional khas dari Pulau Jawa. penasaran?

Sumber : Borneo Channel | VIVA | Pesona Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini