Sudahkah Bersyukur Hari Ini? Mari Mengenal Manfaat Gratitude Journal

Sudahkah Bersyukur Hari Ini? Mari Mengenal Manfaat Gratitude Journal
info gambar utama

Penulis: Nur Annisa Kusumawardani

Gabung ke Telegram Kawan GNFI, follow Instagram @kawangnfi dan Twitter @kawangnfi untuk dapat update terbaru seputar Kawan GNFI.

Sudahkah Kawan bersyukur hari ini? Bersyukur adalah kegiatan kecil yang umumnya perlu kita lakukan. Bahkan sejak kecil, kita pasti telah diajari untuk memanjatkan rasa syukur. Misalnya ketika selesai makan, setelah menyelenggarakan hajatan, dan aktivitas lainnya.

Ada berbagai benefit dari gratitude journal yang perlu Kawan ketahui. Mari simak melalui tulisan berikut.

Apa itu gratitude journal?

Ilustrasi | Maja Mitrovic/iStock
info gambar

Gratitude journal atau jurnal rasa syukur adalah sebuah sistem saat kita dapat mencatat hal-hal yang kita syukuri sehari-hari. Memiliki jurnal ini terbukti dapat meningkatkan kebahagiaan. Selain itu, berkomitmen untuk menulis gratitude journal sebuah aktivitas yang cukup sederhana sehingga mudah untuk diaplikasikan.

Pada awalnya, kebiasaan menulis gratitude journal akan terasa menantang ketika kita belum terbiasa. Namun, dengan meluangkan waktu 15 sampai 30 menit sehari untuk mengingat hal-hal yang Kawan syukuri, Kawan dapat menjadikannya sebagai habit baru yang positif.

Gratitude journal akan sangat berguna ketika kita sedang berada masa sulit. Membaca kejadian-kejadian baik yang terjadi dalam hidup membuat kita dapat teringat kembali bahwa kesulitan hanyalah sementara dan suatu saat nanti kita akan kembali baik-baik saja.

Dilansir dari huffpost.com, studi dari berbagai peneliti dari Universitas Minnesota dan Universitas Florida menunjukkan bahwa partisipan yang menuliskan hal-hal baik setiap hari cenderung merasa lebih bahagia. Kegiatan ini juga berguna dalam menurunkan level stres dan membuat mereka lebih rileks di malam hari.

Mengenang Menteng, Buah Asli Indonesia yang Kini Semakin Langka

Manfaat Gratitude Journal

Ilustrasi | Foto: Grotto Network
info gambar

1. Menurunkan level stres

Seseorang yang pandai bersyukur memiliki kecenderungan untuk menjaga diri secara lebih baik, mempraktikkan kebiasaan hidup sehat, dan memiliki kemampuan manajemen stres yang baik.

Peneliti juga menemukan bahwa dengan berfokus pada hal-hal baik yang terjadi dalam hidup. Seseorang dapat memiliki emosi yang lebih positif, memiliki kepribadian yang optimis, dan secara natural mampu menghindarkan diri dari perasaan stres yang berlebih.

2. Mendapatkan perspektif baru

Dengan menulis gratitude journal, Kawan dapat mulai mengamati dan melihat pola tentang apa saja yang menurut Kawan penting dalam hidup. Hal ini dapat membantu Kawan mengapresiasi tiap hal kecil yang Kawan alami dan hadapi.

Selain itu, cara kita melihat suatu situasi bergantung dengan perspektif yang kita gunakan. Ketika Kawan memilih untuk mencari hal-hal yang dapat disyukuri, perspektif Kawan dalam melihat suatu hal akan berubah dan Kawan mampu menyadari hal-hal yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Inilah 5 Gedung Indonesia Peraih ASEAN Energy Awards 2021

3. Memunculkan self awareness

Mengetahui hal apa saja yang penting dalam hidup dapat membantu Kawan untuk dapat lebih mindfull dalam memutuskan sesuatu. Kawan dapat menjadi seseorang yang lebih bijaksana dalam mengambil keputusan karena Kawan mengerti hal apa saja yang benar-benar Kawan suka.

Hal ini dapat membantu Kawan untuk melakukan “sortir” ketika Kawan harus menentukan pilihan. Kawan dapat menjadi pribadi yang tidak mudah hanyut pada arus dengan mengikuti apa yang banyak diikuti oleh kebanyakan orang.

Self awareness juga berarti bahwa Kawan dapat mengenal diri sendiri secara lebih baik lagi. Hal ini tentunya baik dalam masa perkembangan emosional sekaligus spiritual.

4. Sebagai pengingat di masa sulit

Tanpa gratitude journal, Kawan akan kesulitan mengingat apa saja hal-hal baik yang pernah Kawan alami. Apalagi ketika dalam masa sulit, siapapun dapat dengan mudah terlarut dalam kesedihan dan lupa dengan hal-hal lain yang dapat disyukuri.

Adanya catatan tentang hal-hal yang Kawan syukuri, dapat menjadi pengingat bagi Kawan untuk tetap bertahan ketika menghadapi kesulitan.

Tujuh Bahasa Daerah dengan Penutur Terbanyak di Indonesia

Memulai gratitude journal

Kawan dapat memulai dengan menetapkan pemberitahuan (alarm) untuk membentuk kebiasaan menulis gratitude journal. Cukup awali dengan kegiatan rutin 15 menit sehari sebelum tidur. Kawan dapat menulis secara manual di buku catatan, atau dengan memanfaatkan aplikasi smartphone seperti Presently dan Notes.

Tidak perlu senantiasa menyebutkan hal-hal besar seperti memenangkan kejuaraan atau meraih ranking tertinggi, Kawan dapat menuliskan hal-hal kecil seperti rasa syukur untuk keberadaan keluarga, rasa bahagia karena sarapan enak, dan sejenisnya.

Nah, itulah beberapa manfaat dari menulis gratitude journal beserta cara memulainya. Menarik sekali, bukan? Yuk, mulai menulis gratitude journal!*

Referensi: Goodnet | huffpost | Greater Good Magazine

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini