Serba-Serbi Sipebi, Aplikasi Penyuntingan Ejaan Bahasa Indonesia

Serba-Serbi Sipebi, Aplikasi Penyuntingan Ejaan Bahasa Indonesia
info gambar utama

Penulis: Fakhriya Azzahra S

Menulis menjadi salah satu kegiatan yang umum dilakukan setiap harinya. Sayangnya, menguasai kemampuan menulis dengan baik dan benar masih menjadi tantangan tersendiri.

Apabila saat sedang menulis kalimat berbahasa Inggris, Kawan akan inisiatif mengecek tatanan kalimatnya melalui aplikasi khusus pengecek grammar. Bagaimana dengan menulis dalam kalimat berbahasa Indonesia? Mari berkenalan dengan Sipebi, aplikasi penyuntingan ejaan Bahasa Indonesia.

Mengutip dari situs resmi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIII, Sipebi merupakan aplikasi pemeriksaan atau penyuntingan ejaan Bahasa Indonesia yang diluncurkan bertepatan pada Bulan Bahasa dan Sastra, yaitu Kamis, 28 Oktober 2021 lalu. Aplikasi ini diusung oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sipebi menggunakan pangkalan data Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sebagai sumbernya. Namun, berbeda dengan KBBI yang hanya dapat memeriksa penjelasan dari sebuah padanan kata. Sesuai namanya, aplikasi Sipebi mampu melakukan penyuntingan teks berbahasa Indonesia secara otomatis. Sehingga, pengguna dapat mengetahui ejaan dan penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mugiyono, Teknisi Asal Indonesia di Ajang MotoGP

Apa saja layanan Sipebi?

Ilustrasi halaman analisis teks perbaikan di aplikasi Sipebi. | Sumber: KBBI Daring
info gambar

Tidak hanya memperbaiki, melansir dari Kompas.com, Sipebi juga dilengkapi fungsi analisis yang bertujuan memberitahukan pengguna di mana letak kesalahan dari teks yang mereka tulis.

Tentu hal ini mendapat tanggapan luar biasa, sebab terdapatnya fitur analisis membuat pengguna dapat sekaligus belajar penulisan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah Kamus Besar Bahasa Indonesia juga Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Untuk melakukan penyuntingan teks bahasa Indonesia secara otomatis, merangkum dari Akurat.co, berikut adalah daftar jenis kesalahan yang dapat dideteksi oleh Sipebi versi 1.0.1.0:

  • Penulisan bentuk tidak baku (definit) dan mungkin tidak baku (ambigu) sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia
  • Penulisan bentuk terikat (definit) dan mungkin terikat (ambigu)
  • Penggunaan tanda koma yang menyertai kata hubung subordinatif
  • Penggunaan tanda koma yang tidak menyertai kata hubung intrakalimat
  • Penggunaan tanda koma yang menyertai kata hubung antarkalimat
  • Penggunaan huruf kapital pada awal kalimat
  • Penggunaan ke- yang diikuti angka
  • Penulisan angka yang diikuti imbuhan -an
  • Penulisan singkatan yang diikuti kata gantil -ku, -mu, dan -nya
  • Dan penggunaan titik pada penulisan waktu.
Menakar Tingkat Toleransi Masyarakat Indonesia dalam Menghormati Perbedaan

Begini cara menggunakan Sipebi

Ilustrasi laporan hasil penyuntingan di aplikasi Sipebi. | Sumber: KBBI Daring
info gambar

Dilansir dari situs Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Kemdikbud, terdapat syarat bagi perangkat yang ingin mengunduh dan memasang aplikasi Sipebi di perangkatnya. Sipebi tersedia untuk perangkat dengan Windows Operating System (OS) yang dijalankan menggunakan .NET Framework 4.6.2 yang datang bersamaan dengan Windows 10 1607 yaitu edisi Windows 10 keluaran Juli 2016 ke atas.

Namun, tak perlu khawatir, Kawan yang memiliki perangkat dengan sistem Windows sebelumnya seperti Windows 7, Windows 8, dan seterusnya tetap dapat memasang aplikasi Sipebi dengan catatan telah menginstal Net Framework 4.6.2 terlebih dahulu pada perangkat yang akan digunakan.

Nah, berikut ini merupakan langkah-langkah menggunakan aplikasi Sipebi mengutip dari Kompas.com. Setelah mengunduh aplikasi Sipebi, buka hasil unduhan dan pilih “extract file”, kemudian buka file dengan format application atau aplikasi berlogo Sipebi dan pilih “run”. Nantinya aplikasi akan terpasang pada perangkat Kawan.

Jika berhasil terpasang, buka aplikasi Sipebi lalu klik “masuk”. Pada menu “Ruang Kerja” terdapat lima tools yang dapat digunakan untuk menyunting teks Kawan. Untuk memasukan teks, Kawan dapat menekan tombol Ctrl+O pada papan ketik atau mengeklik “muat teks asli dari file pada komputer”. Pilih teks yang ingin disunting atau Kawan juga dapat langsung mengetik pada kolom.

Inilah Faktor Tumbuh Cepatnya Unicorn di Asia Tenggara

Tekan tombol Ctrl+Enter atau klik “sunting teks menggunakan Sipebi” setelahnya akan muncul “Laporan Hasil Penyuntingan”, kemudian untuk menyimpan hasil perbaikan, Kawan dapat mengeklik “simpan teks perbaikan” atau tekan tombol Ctrl+S.

Aplikasi Sipebi v1.0.1.0 (Windows) dapat diunduh melalui situs Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Kemdikbud. Hingga Kamis (18/11) tercatat aplikasi Sipebi telah diunduh sebanyak 29.957 kali. Apakah Kawan akan menjadi pengguna selanjutnya?*

Referensi: Kemdikbud | Kompas.com | Kamus Besar Bahasa Indonesia | Kompas.com | Akurat.co

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini