Kiat Memilih Perangkat Tablet Agar Lebih Produktif

Kiat Memilih Perangkat Tablet Agar Lebih Produktif
info gambar utama

Jika saat ini perangkat yang mendukung efisiensi kerja masih mengandalkan laptop maupun tablet, tentu Anda harus berpikir dua kali untuk memilih salah satunya.

Namun sekarang, sebagian profesional cenderung memilih tablet untuk menopang kinerja mereka, karena selain ringkas juga sudah langsung terhubung dengan jaringan internet melalui Sim Card operator seluler.

Meski begitu, dari sekian banyak tablet yang beredar di Indonesia dari beragam jenama/merek, Anda harus piawai dalam memilah yang sesuai dengan kebutuhan. Alih-alih ingin menggantikan fungsi laptop, sebagai perangkat medioker efisiensi kerja.

Berikut kiat-kiat memilah tablet yang tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Gantikan Vietnam, Samsung Dikabarkan Akan Relokasi Pabrik Ponselnya ke Indonesia

Pilih layar lega dengan resolusi cemerlang

Walau bukan secara klasifikasi ditempatkan sebagai perangkat pengganti laptop, namun tablet sejatinya bisa menjadi teman aktivitas yang tepat, apalagi Anda memiliki mobilitas tinggi. Terkait ukuran layar, Anda tinggal pilih untuk bentangan 8 inci, 10 inci, 11 inci, atau 12 inci.

Mengapa harus besar? Karena tentu Anda membutuhkan detail. Layar kecil bisa jadi merepotkan, karena untuk detail Anda harus melakukan zoom-in/zoom-out. Pendek kata, pilihlah bentangan layar yang sesuai untuk kenyamanan mata Anda.

Soal resolusi layar, dianjurkan Anda memilih tablet yang menggunakan kerapatan piksel minimal 1024x768 piksel. Di atas itu, tentu akan lebih baik.

Pastikan memiliki konektivitas mumpuni

Bicara soal konektivitas, seperti jaringan operator atau wifi, bluetooth, plug-in USB, HDMI, atau port charger, tentu menjadi sangat vital di era digital seperti sekarang ini.

Di zaman yang dikontrol penuh oleh ekosistem Internet of Thing (IoT), sudah barang tentu urusan konektivitas tadi tak boleh diremehkan, karena tentu semua itu bakal mendukung kecepatan kerja Anda.

Ragam tablet yang dijual saat ini, memiliki berbagai macam jenis konektivitas jaringan, seperti wifi, 3G, 4G, maupun 5G. Tablet dengan konektivitas wifi, tentu harganya lebih murah.

Pastikan tablet yang Anda pilih telah menggunakan ragam konektivitas teranyar yang saat ini. Hal itu tentu akan berdampak terhadap pembaruan perangkat (update software) untuk mengoptimalkan perangkat.

Lain itu, dukungan slot anyar seperti USB type-C, sepertinya wajib ada. Mengingat fungsi USB (universal serial bus) adalah untuk meminimalisir Anda dalam membawa ragam kabel koneksi, baik untuk transfer data maupun melakukan pengecasan.

Google Gandeng Samsung, Ciptakan Cipset Ponsel

Pastikan baterai berkapasitas besar

Yang tak kalah penting dalam memilih tablet adalah perhatikan jumlah kapasitas baterai. Makin besar kapasitas baterai, maka makin sedikit peluang Anda untuk mencari 'colokan' eksternal yang tentunya cukup merepotkan.

Dengan memilih tablet dengan kapasitas betarai 'jumbo' tentu Anda tak perlu risau saat melakukan tugas-tugas penting, atau sekadar menikmati hiburan, baik musik atau film. Semuanya itu dapat terakomodasi tanpa perlu mondar-mandir mencari colokan listrik.

Samsung Tab S7 FE 5G, pas untuk produktifitas

Menjadi salah satu tablet terbaik 2021 versi GSM Arena, Samsung sepertinya tetap menjaga jargon "Edisi Penggemar" untuk perangkat anyar mereka ini, yang tentunya hadir dengan beberapa fitur yang dibutuhkan seperti disebutkan di atas tadi.

Samsung Tab S7 FE 5G hadir dengan panel layar TFT LCD berdiagonal 12,4 inci. Tentu ini merupakan layar pada perangkat portabel yang lebih dari cukup dan cocok untuk tugas-tugas produktivitas, mengonsumsi media, permainan/gim, menggambar, dan mencatat, karena sejatinya perangkat ini didukung oleh S-Pen.

Sambil bekerja dengan koneksi 5G, Anda akan ditemani oleh dentuman audio sematan jenama AKG. Lain itu, jika sedang santai Anda bisa menonton film melalui layar lapangnya yang beresolusi 1600x2560 piksel (rasio 16:10).

Untuk urusan gim/gaming, meski hanya dibekali panel TFT LCD dengan refresh rate 60 Hz, akan tetapi masih menghadirkan experience sentuhan yang mumpuni.

Jadi Ponsel Android Terlaris, Samsung Berencana Jual Ponsel Tanpa Charger

Tablet dengan koneksi 5G ini dibekali dengan cipset Snapdragon 750G 5G (8 nm) yang ditunjang GPU Adreno 619, melalui pilihan memori internal, yakni RAM 6 GB/ROM 128 GB atau RAM 8 GB/ROM 256 GB.

Lebih dari cukup untuk melakukan multitasking dan menyimpan data-data, berupa foto, video, maupun dokumen. Jika kurang, masih ada slot memori eksternal berjenis MicroSD.

Terakhir, ada port USBtype-C yang dibekali fast charging 45 watt untuk mengisi baterainya yang berkapasitas jumbo berjenis lithium polymer. Diklaim, baterai akan terisi penuh dengan waktu 2 jam saja.

Tak hanya perangkatnya saja, Samsung juga memberikan bonus pad keyboard untuk perangkat ini. Jadi, Anda tak perlu repot lagi mencari-cari pad keyboard di lapak aftermarket.

Soal kejelasan ringkas Samsung Tab S7 SE 5G, dapat Anda lihat di infografik berikut.

samsung tab s7 5g

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Mustafa Iman lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Mustafa Iman.

Terima kasih telah membaca sampai di sini