Kenali Keindahan Kawasan Tawangmangu dan Wisatanya

Kenali Keindahan Kawasan Tawangmangu dan Wisatanya
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Tawangmangu merupakan nama sebuah kecamatan yang berada di kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kecamatan ini ternama karena merupakan daerah wisata yang sangat dingin namun asri. Jika kamu tinggal di Solo Raya pasti sudah tidak asing dengan tempat ini. Sebagian besar dari warga Solo Raya tentu pernah setidaknya sekali datang dan menikmati wisata yang ada di daerah Tawangmangu, Karanganyar.

Tawangmangu dikenal surganya wisata di Jawa Tengah. Kecamatan ini terletak di kabupaten Karanganyar, bisa ditempuh selama 45 menit dari kota Surakarta (Solo). Sedangkan dari Surakarta ke Tawangmangu dapat ditempuh selama 2 jam dengan bus atau 1 jam dengan motor.

Kecamatan Karanganyar sendiri terletak 13 kilometer sebelah barat Ibu Kota Kabupaten Kebumen dan 7 kilometer sebelah timur Kecamatan Gombong. Biasanya, para warga sekitar kerap menyebut Kecamatan Karanganyar dengan nama Kota Seribu Tugu.

Salah satu objek wisata yang sangat terkenal di Tawangmangu adalah Air Terjun Grojogan Sewu. Ada juga tempat wisata lainnya seperti Taman Ria Balekambang & Bukit Sekipan. Menurut seorang narasumber, jalan menuju kesana dapat dilalui oleh motor maupun mobil dan jarak tempat-tempat wisata tersebut dari pasar Tawangangu hanya sekitar 5 menit saja.

Berada di lereng sebelah barat Gunung Lawu, wilayah ini memiliki berbagai keindahan alam yang menawan. Tak heran, ada beragam tempat wisata yang tersedia di sekitarnya sebagai pilihan untuk rekreasi. Diantara tempat wisata-wisata diatas kalian akan menemukan hewan yang satu ini yaitu monyet namun tenang saja, selama tidak diganggu hewan-hewan itu juga tidak akan mengganggu kita.

Berdasarkan wawancara yang saya lakukan, salah satu destinasi wisata di Tawangmangu yang paling populer dan paling banyak dikunjungi adalah Air Terjun Grojogan Sewu. Jika ingin mencapai ke air terjun dengan tinggi 81 meter ini, kamu perlu menaiki 1.250 anak tangga. Pemandangan air terjun disana sangat menakjubkan dan di sekitar destinasi wisata ini terdapat fasilitas kolam renang serta penginapan. Lokasi air terjun ini terletak di Jalan Raya Tawangmangu.

Selanjutnya ada Taman Ria Balekambang. Di tempat ini, kamu akan merasa seperti sedang berkeliling dunia. Jika biasanya hanya bisa lihat di televisi dan sebuah potret, disini kita dapat melihat dan berfoto secara langsung dengan berbagai landmark dari belahan dunia. Ketika pertama kali memasuki area wisata, kamu akan langsung disambut patung dinosaurus raksasa yang pasti akan disukai anak-anak. Di sepanjang jalan area wisata ini juga terdapat berbagai tumbuhan segar yang menghiasi sejak masuk ke dalam. Lokasi Taman Ria Balekambang berada di Jalan Balaikambang, Kalisoro, Tawangmangu.

Bagi kamu yang ingin lebih dekat dengan alam, Tawangmangu menyediakan destinasi wisata yang cocok untuk keluarga, yaitu Bukit Sekipan. Destinasi wisata yang satu ini memiliki banyak wahana permainan seperti outbound dan beragam wahana air yang bisa dinikmati anak-anak maupun dewasa yaitu mini waterboom.

Selain bermain, di sini kamu juga bisa berfoto dengan miniatur landmark negara seperti Patung Merlion Singapore dan Menara Pisa Italia. Berkunjung di sini tidak akan membuatmu bosan karena banyak sekali pilihan mainan untuk anak-anak dan banyak spot selfie yang instagrammable.

Lokasi bukit ini berada di Jalan Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu.

Masih ada banyak tempat wisata yang jika dijabarkan secara satu persatu akan memakan banyak tempat dan waktu, maka saya ucapkan terima kasih pada narasumber yang sudah membantu saya untuk mengenalkan tempat wisata yang berada di Tawangmangu. Nah mana yang akan kamu tuju setelah mengetahui indahnya wisata yang berada di kawasan Tawangmangu tersebut?

 

Referensi : Wawancara dengan Warga Asli Tawangmangu, Karanganyar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini