Tak Perlu ke Swiss, Kereta Panoramic Juga Akan Ada di Indonesia

Tak Perlu ke Swiss, Kereta Panoramic Juga Akan Ada di Indonesia
info gambar utama

Kembali ada kabar baru dari bidang transportasi perkerataan di Indonesia, bukan progres peluasan rute MRT, LRT, atau kereta cepat Jakarta-Bandung, kabar kali ini datang dari transportasi rute jarak jauh yakni Kereta Api Indonesia (KAI).

Memiliki jenis gerbong baru, kereta api jarak jauh hadir dengan konsep panoramic pertama di Indonesia. Apa maksudnya?

Kereta panoramic adalah jenis gerbong kereta yang dilengkapi dengan sunroof atau kaca di bagian kabin gerbong kereta. Lain itu ukuran kaca jendela juga menjadi lebih besar. Karena tampilan tersebut, nantinya di sepanjang perjalanan penumpang akan disuguhkan dengan bentang pemandangan yang terlihat secara penuh dan luas (panorama view).

Hingga saat ini, Jumat (9/8/2022), memang belum ada keterangan resmi dari PT KAI mengenai apa alasan jenis kereta tersebut dihadirkan. Awal bocoran munculnya kereta panoramic sendiri baru terlihat melalui akun media sosial TikTok pribadi, milik salah satu pihak internal PT KAI beberapa hari lalu.

Lain itu, bocoran lebih jelas juga terlihat melalui akun Instagram milik Balai Pengujian Perkeretaapian (@balaipengujianka).

Dalam keterangan yang ditulis, tahap uji coba dilakukan sesuai dengan ketentuan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan PM No. 15 Tahun 2011.

11 Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Tiba di Indonesia

Tentang kereta panoramic Indonesia

Lebih detail, pengujian yang dilakukan mencakup uji rancang bangun, uji dimensi, uji intensitas cahaya, uji sirkulasi udara, uji kebisingan, uji temperatur bearing dan uji kebocoran. Semua pengujian tersebut dilakukan baik secara statis dan dinamis, yang bertujuan untuk mengetahui apakah kereta laik operasi dan terbukti aman serta nyaman saat digunakan.

Untuk diketahui, bukan dirakit atau digarap dengan membuat rangkaian baru, dasar kereta yang digunakan adalah bentuk kereta yang sudah dimodifikasi.

Masih berdasarkan video yang diunggah Balai Pengujian Perkeretaapian, terlihat jika kereta panoramic yang dimaksud nampak memiliki warna hijau tua dengan sedikit motif strip berwarna hampir keemasan. Lain itu paduan warna tersebut juga membuat badan kereta terlihat glossy atau mengkilap jika terpantul sinar matahari.

Untuk diketahui, meski belum terlalu familiar di Indonesia, namun kereta panoramic merupakan jenis kereta yang sangat populer di Swiss. Di negara tersebut, kereta panoramic menjadi daya tarik pariwisata mobilitas yang banyak digemari.

Pasalnya dengan pengaturan jendela kereta yang lebar, penumpang akan bisa menikmati pemandangan memukau Swiss kala melalui jalur lembah, desa, danau, hingga gletser es di Pegunungan Alpen.

Harapannya, kehadiran kereta panoramic di Indonesia kali ini juga bisa memunculkan potensi pariwisata serupa.

5 Kereta Api dengan Rute Terpanjang di Indonesia, Sudah Pernah Mencoba?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini