Renovasi TMII Hampir Rampung, Jangan Khawatir Tiket Mahal!

Renovasi TMII Hampir Rampung, Jangan Khawatir Tiket Mahal!
info gambar utama

Renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sudah hampir selesai. Masyarakat yang nantinya ingin berkunjung ke sana tidak perlu khawatir harga tiket akan mahal.

Pemerintah merenovasi TMII secara besar-besaran sejak Januari 2022 lalu. Kini, proses renovasi tersebut sudah mencapai 98 persen. Artinya, sebentar lagi renovasi akan selesai dan TMII bisa dibuka untuk dikunjungi masyarakat.

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid Mengunjungi TMII untuk meninjau proses renovasi pada pekan lalu, tepatnya Selasa (23/8/2022). Di sela-sela kunjungan itu, Presiden Jokowi mengutarakan pesan dan harapannya terhadap TMII.

Jokowi meminta agar harga tiket TMII agar jangan sampai mahal. Ia berharap TMII tetap menjadi lokasi wisata yang terjangkau bagi masyarakat luas.

"Kita harapkan setelah direnovasi akan menjadi sebuah Taman Mini Indonesia untuk tujuan wisata masyarakat domestik dan juga wisatawan mancanegara. Saya pesan tarifnya jangan mahal-mahal, rakyat harus tetap bisa menikmati TMII," kata Jokowi seperti dilansir laman resmi Kementerian PUPR.

Meski harga tiketnya murah, TMII tetap diharapkan bisa memberi pelayanan maksimal kepada pengunjung. Untuk itu, Jokowi juga meminta agar anjungan tiap provinsi diperbaiki dan acara seni budaya sering dilaksanakan.

"Saya juga meminta untuk dilakukan pengelolaan acara seni budaya, event secara rutin, setiap minggu atau bulan di setiap anjungan atau panggung terbuka. Harus ada calender event yang jelas agar menjadi tontonan yang menarik," tambah Jokowi.

Pesan senada disampaikan Basuki Hadimuljono. Ia ingin harga tiket TMII tidak naik setelah renovasi.

"Saya pribadi ingin TMII tetap menjadi destinasi wisata rakyat. Masyarakat datang gelar kloso (tikar) makan siang, itu tetap harus ada seperti di tempat wisata Ragunan dan Ancol. Saya juga berharap tarif tidak naik," kata Basuki.

Renovasi TMII dilakukan dalan rangka merawat bangunan bersejarah dan menghadirkannya sebagai ikon kebanggaan Indonesia di samping menjadi bagian dari persiapan Presidensi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Proyek yang meliputi meliputi penataan bangunan seluas 7,71 hektare dan kawasan seluas 26,56 hektare ini memakan biaya sebesar Rp 1,08 triliun.

Melihat Kemiripan Taman Nusa dengan Taman Mini Indonesia

Berapa Harga Tiket TMII?

Jika harga tiket TMII diharapkan tidak naik, lantas berapa harganya sebelum renovasi?

Berdasarkan informasi terakhir di situs resmi TMII, harga tiket masuk adalah Rp. 25.000. Untuk kendaraan, harga tiketnya adalah Rp. 20.000 untuk mobil, Rp. 40.000 untuk bus dan truk, Rp. 15.000 untuk bus dan truk, dan Rp. 5.000 untuk sepeda.

Di dalam area TMII, berbagai wahana mematok harga tiket antara Rp 15.000 hingga Rp. 80.000. Misalnya Theater IMAX Keong Emas menawarkan tiket termurah sebesar Rp 35.000, sementara kereta gantung tiketnya berharga Rp 50.000.

Untuk museum, harga tiketnya lebih murah. Museum Olahraga Nasional misalnya hanya memasang tarif Rp 2.000 sementara Museum Pusat Peragaan IPTEK tarifnya paling tinggi, yakni Rp. 27.500. Ada pula museum yang bisa dimasuki secara gratis, yakni Museum Penerangan.

Ingin Masuk Taman Nasional Komodo? Siapkan Rp 3,7 Juta



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini