QRIS Merambah Singapura, Urusan Bayar-membayar di Negara Tetangga Bakal Lebih Mudah

QRIS Merambah Singapura, Urusan Bayar-membayar di Negara Tetangga Bakal Lebih Mudah
info gambar utama

Indonesia dan Singapura menjajaki kemitraan baru dalam pembayaran lintas negara. Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) sepakat untuk menginisiasi kerja sama pembayaran berbasis kode QR antara kedua negara.

Rencana, kerja sama ini akan diluncurkan secara resmi pada 2023 mendatang. Dengan kerja sama yang terjalin, diharapkan masyarakat Indonesia negara dapat melakukan pembayaran ritel secara mudah aman dengan memindai kode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Tidak hanya memanjakan konsumen, kerja sama antara Indonesia dan Singapura juga diproyeksikan bisa turut membantu berkembangnya bisnis, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam melakukan transaksi perdagangan internasional.

“Ini sebagai bagian dari upaya mendorong konektivitas pembayaran di kawasan ASEAN,” kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo seperti dilansir Antaranews.com.

Di samping menjajaki kerja sama pembayaran lintas negara, BI dan MAS juga menandatangani Nota Kesepahaman untuk mendorong penggunaan mata uang lokal dalam transaksi bilateral kedua negara. Ini disebut sesuai dengan misi negara-negara ASEAN untuk membuat sistem keuangan yang lebih terintegrasi. Apalagi, digitalisasi pembayaran dan pembayaran lintas negara adalah agenda prioritas yang menjadi bahasan utama dalam Pertemuan Gubernur Bank Sentral ASEAN pada April 2022 dan Presidensi G20 Indonesia 2022.

Jika kerja sama ini terwujud dan implementasinya berjalan lancar, maka masyarakat Indonesia akan semakin dimudahkan dalam bertransaksi ketika melancong di Singapura. Ini penting mengingat di Singapura ada banyak wisatawan yang berasal dari Indonesia.

Sebelumnya, masyarakat Indonesia yang ingin berbelanja atau bertransaksi di Singapura perlu menukarkan uang tunai. Dengan bisa digunakannya QRIS, maka masyarakat hanya perlu memindai kode QR untuk melakukan pembayaran.

10 Bank Digital yang Paling Sering Dipakai Masyarakat Indonesia 2022

Menyusul Thailand dan Malaysia

Singapura bukan negara yang pertama yang bekerjasama dengan Indonesia dalam pembayaran lintas negara. Terhitung akhir Agustus ini, QRIS telah bisa digunakan di Thailand.

QRIS resmi diimplementasikan penuh di Thailand di setelah melalui tahap uji coba. Dengan demikian, masyarakat Indonesia yang berada di Thailand tidak perlu lagi menukar uang rupiah ke baht.

QRIS juga kemungkinan akan segera bisa digunakan di Malaysia. Sebab, QRIS telah diujicoba di negeri jiran itu sejak Januari lalu.

Terbuka peluang pula untuk bisa digunakannya QRIS di di Filipina. Sebab, Filipina adalah salah satu dari lima negara ASEAN yang hadir dalam pertemuan para gubernur bank sentral pada Mei 2022 lalu untuk membahas integrasi pada sistem pembayaran QR, pembayaran cepat, dan mata uang lokal.

Strategi Ekonomi Digital QRIS di Masa Pandemi

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini