Menikmati Indahnya Surabaya Lewat Warna-warni Pohon Tabebuya

Menikmati Indahnya Surabaya Lewat Warna-warni Pohon Tabebuya
info gambar utama

Salah satu hal menarik yang ada di Kota Surabaya adalah pohon tabebuya. Pohon tersebut menambah estetika kota yang membuat Surabaya indah dipandang, khususnya ketika bunganya bermekaran.

Jika Kawan GNFI berjalan-jalan di Surabaya, akan tampak deretan pohon tabebuya yang berdiri di sepanjang jalan. Hadirnya pohon-pohon tabebuya tersebut tak lepas dari kerja pemerintah setempat.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah menanam tabebuya di berbagai penjuru kota sejak tahun 2010. Hinga kini, sudah lebih dari 16 ribu pohon tabebuya yang terdiri dari spesies Tabebuia Rosea yang berdaun lebar dan Tabebuia Chrysantha yang berdaun kecil.

Hal yang membuat pohon tabebuya membuat pemandangan kota menjadi lebih indah adalah bunganya yang berwarna-warni. Di Surabaya sendiri, terdapat pohon tabebuya dengan bunga berwarna merah muda, putih, kuning, merah dan ungu.

Kawan GNFI yang ingin menyaksikan tabebuya menghiasi jalanan di Surabaya ada baiknya datang pada bulan April atau September. Sebab, pada bulan itulah biasanya tabebuya mulai berbunga,

"Tabebuya ini mulai berbunga sekitar bulan April dan September. Bunganya bertahan kurang lebih 3-4 hari kemudian rontok," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro seperti dilansir Antaranews.com.

Bunga Wijayakusuma, Si Ratu Malam yang Langka

Momen Bahagia

Mekarnya bunga tabebuya disambut antusias. Pemkot Surabaya mengajak masyarakat untuk bersama-sama menikmati keindahan tabebuya. Dengan mengusung tema "Tabebuya Blossom,” Pemkot Surabaya mengajak para wisatawan untuk datang dan ikut menikmati suasana kota yang dipenuhi bunga tabebuya.

"Ini momen yang menambah keindahan dan eksotisme Surabaya," kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji. Tak hanya itu, ia juga menyebut mekarnya tabebuya sebagai sebagai momen bahagia.

"Tabebuya Blossom di bulan September ini menjadi perhatian dan momen yang bahagia bagi warga Surabaya,” pungkasnya.

Kendati warnanya bermacam-macam, Kawan GNFI yang berkunjung ke Surabaya tidak perlu heran apabila lebih banyak melihat bunga tabebuya berwarna putih dan merah muda. Sebab, memang tabebuya dengan dua warna itulah yang pohonnya paling banyak ditanam.

Diuraikan Hebi Djuniantoro, pohon tabebuya bewarna warna putih dan merah muda yang ada di Surabaya berjumlah 11.392 pohon, sedangkan pohon tabebuya warna kuning berjumlah 4.609 pohon.

Semantara itu, pohon tabebuya warna ungu dan merah adalah yang paling langka. Sebab, jumlahnya memang termasuk sedikit. Pohon tabebuya warna ungu hanya ada 100 pohon dan warna merah 162 pohon.

Jadi, di bulan September ini apakah Kawan GNFI tertarik untuk menikmati langsung indahnya bunga tabebuya di Surabaya?

Misteri Bunga Widjojo Koesoemo, Tanaman Penobatan Para Raja Jawa

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini