Akhiri Dominasi Thailand, Bintang Timur Surabaya Jadi Jawara Baru Futsal ASEAN

Akhiri Dominasi Thailand, Bintang Timur Surabaya Jadi Jawara Baru Futsal ASEAN
info gambar utama

Klub Bintang Timur Surabaya sukses menjadi jawara baru futsal ASEAN setelah menjadi juara Piala AFF Futsal Antarklub 2022. Ini sekaligus mengakhiri dominasi klub Thailand yang sebelumnya begitu kuat dan menjadi langganan juara.

Bintang Timur Surabaya menjadi juara AFF Futsal Antarklub 2022 lewat kemenangan di partai final melawan klub Thailand, Hongyen Thakam. Bermain di Terminal 21 Korat, Nakhon Ratchasima, Thailand, pada Sabtu (10/9), Bintang Timur Surabaya menang dengan skor 4-2.

Dalam laga final tersebut, Bintang Timur Surabaya mampu unggul lebih dulu. Bintang Timur Surabaya membuka keunggulan hingga 2-0 lewat gol Samuel Eko pada menit kesebelas dan Edison Coelho pada menit ke-15.

Unggul 2-0 tidak membuat sisa waktu pertandingan bisa dijalani dengan mudah oleh Bintang Timur Surabaya. Tekanan-tekanan terus diberikan Hongyen Thakam hingga keadaan sempat berbalik imbang kembali.

Keunggulan 2-0 Bintang Timur Surabaya disamai oleh Hongyen Thakam menjadi 2-2. Gol penyama kedudukan Hongyen Thakam dicetak oleh Ampol Srirageaw pada menit ke-18 dan Keattisak Songkhrao pada menit ke-22.

Untungnya, performa Bintang Timur Surabaya tidak mengendur hingga akhir mampu mengembalikan keunggulan menjadi 4-2 setelah Andri Kustiawan mencetak gol pada menit ke-30 dan Edison Coelho mencatatkan gol keduanya pada menit ke-36 yang sekaligus menjadi gol penutup di pertandingan ini.

Bintang Timur Surabaya dan Hongyen Thakam sebetulnya sudah saling berhadapan babak penyisihan Grup A. Di laga itu, Bintang Timur Surabaya kalah dengan skor 2-5.

Timnas Voli Putri Indonesia Ingin Jadi Jawara ASEAN Tahun Ini

Mengakhiri Dominasi Thailand

Bintang Timur Surabaya adalah klub futsal yang berdiri pada tahun 2009. Klub ini berkompetisi di Pro Futsal League dan menjadi juara pada musim 2021. Tahun ini adalah kali pertama Bintang Timur Surabaya tampil di Piala AFF Futsal Antarklub.

Keberhasilan Bintang Timur Surabaya menjuarai Piala AFF Futsal Antarklub 2022 sekaligus mengakhiri dominasi Thailand. Sebelumnya, klub Thailand adalah langganan menjadi juara ajang tersebut.

Sejak pertama kali digelar pada 2015, klub Thailand langsung menyabet enam gelar juara secara beruntun. Edisi pertama Piala AFF Futsal Antarklub berakhir dengan keluarnya Port FC sebagai juara. Kesuksesan Port FC juara bahkan berlanjut hingga tahun 2016 dan 2017.

Memasuki tahun 2018, Port FC tidak lagi menjadi juara. Namun, klub yang juara saat itu juga berasal dari Thailand, yakni Bangkok BTS.

Di Piala AFF Futsal Antarklub 2019, giliran Chonburi Bluewave yang menjadi juara. Klub dari daerah tepi Teluk Thailand itu juga lanjut menjadi juara pada 2021 setelah turnamen ditiadakan pada 2020.

Dengan demikian, Bintang Timur Surabaya menjadi klub Indonesia pertama yang menjadi juara Piala AFF Futsal Antarklub 2022.

Manfaat Olahraga Arung Jeram Sambil Menikmati Sungai Cisadane



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini