Inovasi Mahasiswa UI, Masalah Pencernaan Bisa Diatasi dengan Permen

Inovasi Mahasiswa UI, Masalah Pencernaan Bisa Diatasi dengan Permen
info gambar utama

Mahasiswa Universitas Indonesia menemukan inovasi ciamik di ranah kesehatan. Inovasi itu berupa permen yang bisa mengatasi masalah pencernaan.

Inovasi tersebut dibuat oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Feyza Hilyata. Wujudnya adalah permen jeli stik yang berkhasiat untuk pencernaan.

Apa yang membuat permen tersebut bisa mengatasi masalah pencernaan? Jawabannya adalah kandungan kombucha, buah kersen, dan tanaman herbal yang ada di dalamnya.

Buah kersen digunakan sebagai pemberi rasa manis pengganti gula yang bersifat antidiabetik. Selain itu, buah kersen juga berguna untuk memicu kombucha untuk berfermentasi.

Permen buatan Feyza diberi nama BuchaBons. Diharapkan, permen ini bisa menjadi produk substitusi cemilan sehat yang bisa dinikmati masyarakat.

"Permasalahan yang menjadi sorotan terkait pencernaan di Asia itu penting banget, khususnya di Indonesia. Produk jeli stik yang diberi nama BuchaBons bisa menjadi salah satu alternatif untuk masalah pencernaan," ujar Feyza Hilyata seperti dilansir Antaranews.com.

Permen buatan Feyza ini diikutsertakan dalam kompetisi NUS FoodTech Challenge 2022 di Singapura. Feyza tergabung dalam Tim Boocaw bersama Annisa Belva dari Binus University dan sukses meraih peringkat kedua.

NUS FoodTech Challenge merupakan ajang yang diikuti mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi seluruh dunia. Ajang ini sekaligus memfasilitasi berbagai inovasi teknologi pangan untuk mengatasi aneka masalah yang dihadapi industri pangan.

Sebelum berhasil meraih peringkat kedua, Feyza dan timnya harus menjalani tahap prakompetisi secara daring, babak penyisihan, pendampingan dengan pakar industri, lalu presentasi ide di babak final.

“Sejujurnya tak terduga, karena konsep lombanya beda dengan yang biasa aku ikuti. Kebetulan lombanya itu durasinya lumayan lama dan berbarengan sama ujian di fakultas. Ini keajaiban dari Allah," pungkas Feyza.

Seperti dilansir laman resmi Siloam Hospitals, Gangguan pencernaan adalah gangguan pada saluran pencernaan atau disebut juga saluran gastrointestinal. Gangguan pencernaan sendiri ada banyak macamnya. Sebab, berbagai organ tubuh bisa menjadi sumber dari masalah ini apabila terganggu, mulai dari kerongkongan, hati, lambung, usus, kantong empedu, hingga pankreas.

Masalah pencernaan ini perlu diperhatikan mengingat sistem pencernaan manusia berperan penting bagi tubuh. Beberapa fungsi sistem pencernaan di antaranya memecah makanan menjadi nutrisi dan energi, pertumbuhan, perbaikan, hingga membuang sisa makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh.

Selain dengan mengonsumsi permen hasil inovasi Feyza Hilyata, Hellosehat.com mencatat hal yang selama ini diketahui bisa mengatasi gangguan pencernaan di antaranya yakni makan makanan berserat dan minum teh jahe.

Menilik Progres Pengembangan KEK Likupang Sebagai Destinasi Super Prioritas

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini