Jalan Tol Cibitung-Cilincing Jadi, Macet di Tanjung Priok Bakal Tinggal Kenangan?

Jalan Tol Cibitung-Cilincing Jadi, Macet di Tanjung Priok Bakal Tinggal Kenangan?
info gambar utama

Jalan tol Cibitung-Cilincing akhirnya terwujud. Jalan tol ini diklaim bisa mengatasi masalah macet di kawasan Tanjung Priok.

Jalan tol Cibitung-Cilincing telah dioperasikan dan bisa digunakan. Awal pekan ini, jalan tol sepanjang 27,2 km tersebut juga telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, tepatnya pada Selasa (20/9).

Kehadiran jalan tol ini diyakini bisa berdampak positif, khususnya dari segi ekonomi. Dengan adanya jalan tol Cibitung-Cilincing, masalah kemacetan di jalan akses Pelabuhan Tanjung Priok diproyeksi akan teratasi yang mana pada akhirnya akan menurunkan biaya logistik secara signifikan.

“Kalau nanti akses jalan tol sampai ke Pelabuhan Kalibaru juga jadi. Diharapkan bisa menurunkan biaya logistik hingga 50 persen,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi seperti dilansir Antaranews.

Lebih dari mengatasi macet di Tanjung Priok, Budi Karya Sumadi juga menjelaskan jika jalan tol Cibitung–Cilincing akan meningkatkan daya saing produk-produk dalam negeri dan menarik minat investor untuk menanamkan modalnya di daerah Bekasi, Karawang, dan sekitarnya.

Hal ini juga diaminkan oleh Presiden Jokowi. Diharapkan, arus logistik dari sentra industri di Karawang dan Bekasi menuju Tanjung Priok menjadi lebih lancar dan efisien.

“Kawasan industri yang ada di Karawang dan Bekasi, kemudian kawasan logistik yang ada di Karawang dan Bekasi ini akan diberikan fasilitas kecepatan untuk menuju ke Tanjung Priok atau dari Tanjung Priok menuju ke kawasan-kawasan industri dan kawasan logistik tadi. Golnya ke sana,” ujar Jokowi seperti dilansir laman resmi Kemenpan RB.

“Yang kita tuju adalah daya saing (competitiveness) dari barang-barang dari produk-produk yang kita miliki. Tanpa didukung infrastruktur yang baik, mustahil kita bisa bersaing dengan negara-negara lain,” pungkasnya.

Jalan tol Cibitung-Cilincing telah dibangun sejak 2017. Pembangunan dan operasionalnya dilaksanakan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Tollways, sementara kepemilikannya dipegang oleh PT Akses Pelabuhan Indonesia dan PT Menara Maritim Indonesia.

Jalan tol ini menjadi penghubung tol Jakarta-Cikampek di Cibitung dengan tol Lingkar Luar 1 (JORR-1) di Cilincing. Dengan adanya tol ini, waktu tempuh dari Gerbang Tol Gabus hingga Tanjung Priuk bisa ditempuh kurang dari setengah jam.

Masih dalam rangka peresmian, jalan tol Cibitung–Cilincing untuk sementara bisa dilewati secara gratis. Operasi jalan tol tanpa tarif ini berlaku sejak 21 hingga 30 September mendatang.

Didapuk Jadi KEK Baru, Mega Proyek Lido City Akan Serap 29 Ribu Tenaga Kerja



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini