Simak Cara Mudah Mengecek dan Mengambil Kartu KIP

Simak Cara Mudah Mengecek dan Mengambil Kartu KIP
info gambar utama

Kartu Indonesia Pintar (KIP) merupakan fasilitas yang digunakan untuk menyalurkan bantuan pendidikan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah. KIP Ini merupakan bagian dari Program Indonesia Pintar (PIP).

Untuk mengecek apakah kalian sebagai termasuk calon penerima, atau telah berhasil terdaftar namun belum menerima kartu KIP yang telah terdaftar, simak ulasan singkat berikut.

Cara Mengecek Data Penerima KIP

Untuk menikmati fasilitas bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah, maka perlu dipastikan bahwa kalian layak sebagai penerima. Sebab sasaran utama program ini adalah anak usia sekolah/kuliah (usia 6–21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, dan rentan miskin.

Seluruh data calon penerima telah terekam di dalam Data Terpadu Kesejateraan Sosial (DTKS), yakni sistem data elektronik yang memuat informasi sosial, ekonomi, demografi dan status kesejahteraan terendah di Indonesia.

Kini terdapat 2 sasaran KIP yakni pertama untuk level pendidikan dasar, menengah dan atas (DIKDASMEN), dan KIP Kuliah untuk level perguruan tinggi.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) sendiri adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Nah untuk kalian yang berada di level SD/SMP/SMA, berikut langkah untuk mengetahui apakah kalian merupakan penerima bantuan KIP Sekolah atau belum:

  1. Buka laman program PIP
  2. Masukan NISN
  3. Masukkan tanggal lahir
  4. Masukkan nama ibu kandung
  5. Klik cari

Sementara untuk kalian yang baru mau melanjutkan level Perguruan Tinggi, berikut langkah-langkahnya;

  1. Bukan laman Program KIP-Kuliah
  2. Cek Nama Kampus Kalian
  3. Jika Kampus kalian termasuk penerima program ini, artinya kalian berhak mendaftar KIP-Kuliah
  4. Selanjutnya memastikan kalian layak sebagai penerima sesuai syarat dan ketentuan.

Setelah mengetahui kalian termasuk calon penerima, selanjutnya kalian bisa langsung mendaftarkan diri dengan melengkapi syarat dan ketentuan berkas yang dibutuhkan.

Cara Mengambil dan Mencetak Kartu KIP

Setelah kalian berhasil terdaftar sebagai penerima bantuan PIP, maka selanjutnya kalian perlu mengambil kartu KIP sebagai bukti dan identitas penerima bantuan PIP.

Berdasar Surat Pemberitahuan dari Puslapdik (Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan) tertanggal 14 Oktober 2021, bahwa Kartu KIP mengalami perubahan yang tadinya KIP ATM menjadi KIP Digital.

Adapun pencetakan Kartu KIP Digital ini hanya dapat diakses oleh sekolah siswa yang bersangkutan. Adapun tujuan dari diterbitkannya KIP Digital ini (Edaran Surat Nomor 1906/J5/DM.00.03/2021) antara lain;

  • Mempercepat ketersampaian kepada penerima
  • Menghindari pemalsuan yang berpotensi merugikan pihak-pihak
  • Menghindari kerusakan dan kehilangan

Untuk pihak sekolah yang ingin mencetak KIP Digital siswa yang bersangkutan, berikut langkah-langkah yang bisa ditempuh ;

  1. Buka laman Program PIP
  2. Silahkan ganti dan pilih login sebagai Sekolah
  3. Lalu klik Login SSO Dapodik
  4. Pada dashboard SiPintar, Klik menu KIP Digital lalu pilih Data Siswa
  5. Maka akan muncul tampilan, data siswa penerima KIP di sekolah anda secara lengkap.
  6. Untuk mencetak KIP, silahkan klik tombol Cetak KIP Digital dan tampilan akan berubah seperti di bawah ini
  7. Silahkan pilih salah satu, Klik Cetak untuk mencetak KIP secara langsung jika komputer terhubung dengan printer, atau klik Download jika file ingin disimpan di komputer yang dapat dicetak di perangkat lainnya.

Itulah tadi tata cara yang bisa kalian lakukan untuk mengecek data kalian yang ingin mendapatkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari Pemerintah. Semangat mengejar asa!

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Achmad Faizal lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Achmad Faizal.

Terima kasih telah membaca sampai di sini