Mocca, Grup Musik asal Bandung yang Laris Manis di Korea

Mocca, Grup Musik asal Bandung yang Laris Manis di Korea
info gambar utama

Mocca menjadi salah satu dari sekian banyak musisi Indonesia yang melanglang buana di kancah internasional. Grup musik asal Bandung ini bahkan mendapat sambutan baik ketika melebarkan sayapnya ke Negeri Ginseng, Korea Selatan. Dengan mengusung konsep musik bernuansa ceria, dibalut dengan sentuhan swing dan jazz, Mocca telah menghipnotis banyak pasang telinga.

Berawal dari Band Kampus

Mocca berawal dari band kampus ketika semua anggotanya berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Mocca terdiri atas empat personil, antara lain, Arina Epiphani sebagai vokalis, Riko Prayitno sebagai gitaris, Achmad  Pratama sebagai bassis, dan Indra Massad sebagai drummer

Mocca memiliki sejarah yang cukup panjang di balik nama besarnya itu. Mulanya, personil Mocca memiliki band masing-masing. Arina dan Riko sudah punya band di kampus bernama Nasty Sunny Beam.

Baca Juga: Kebiasaan Positif Orang Korea Selatan, Patut Kamu Tiru!

Pada saat itu, band Arina dan Riko sudah memiliki beberapa materi lagu. Sayangnya, materi-materi tersebut tidak disukai oleh anggota Nasty Sunny Beam yang lain. Hingga akhirnya band tersebut bubar pada tahun 1999.

Materi-materi lagu yang digarap Arina dan Riko pada akhirnya tidak jadi sia-sia. Riko lalu bertemu Toma dan Indra, kemudian mengajak dua orang tersebut untuk menyelesaikan materi lagu buatannya yang sempat terbengkalai. Dari sana, mulailah tercetus cikal-bakal Mocca yang sekarang. 

Ajakan Riko diterima Toma dan Indra. Jadilah mereka bertiga berlatih dan menggarap materi lagu tersebut. Setelah berlatih, mereka bertiga lantas mengajak Arina untuk mengisi posisi vokal.   

Penamaan “Mocca” pun dilakukan secara mendadak. Suatu saat, mereka akan naik panggung di sebuah acara. Ketika panitia menanyakan nama band mereka, Riko asal menyebut “Mocca” kepada panitia tersebut. Namun siapa sangka, nama itu akhirnya membawa mereka menjadi grup musik besar seperti sekarang.

Baca Juga: Sering Bergadang? Ini 5 Cara Ampuh Perbaiki Jam Tidur

Menuju Ketenaran di Negeri Ginseng

Setelah terbentuk, Mocca tidak serta-merta terkenal. Personil Mocca pun sempat pesimis dengan karya musik garapan mereka. Mocca juga sempat berkali-kali mengganti lirik lagu dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Setelah melewati eksperimen tersebut, Mocca mantap dengan pilihannya menciptakan lagu berbahasa Inggris. Kekonsistenan ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Mocca digemari oleh pasar internasional. Mocca pernah bekerja sama dengan sederet label musik di Asia, seperti Malaysia, Jepang, hingga Korea.

Nama Mocca kian melejit ketika label musik indie Korea bernama Beatball Records aktif mempromosikan lagu-lagu mereka. Label tersebut memilih beberapa lagu dari tiga album Mocca dan mempromosikannya ke radio-radio yang ada di sana. Ternyata, lagu-lagu gubahan Mocca mendapat tempat di hati pendengar musik Korea.

Lagu-Lagu Mocca Terkenal di Korea

Lagu-lagu Mocca kerap diputar sebagai Original Soundtrack (OST) film, musik pengiring iklan, dan musik pengirim acara ragam di televisi Korea. Misalnya, lagu “I Remember” yang menjadi musik pengiring iklan maskapai Asiana Airways, “The Best Thing” untuk iklan alat elektronik LG, dan “Swing it Bob” untuk iklan produk makanan anjing.

Lagu berjudul “Happy” agaknya menjadi lagu Mocca yang paling digemari di Korea. Pasalnya, lagu ini dipakai oleh anak-anak TK di sana untuk belajar bahasa Inggris. “Happy” bahkan diterjemahkan ke dalam bahasa Korea dan digunakan sebagai OST film Inseparable Brothers.

Tidak hanya itu, “Happy” juga sering diputar menjadi musik latar di acara ragam (variety show) Korea, seperti pada acara ragam berjudul The Return of Superman. Lagu ini sempat diputar di beberapa episode acara ragam besutan KBS tersebut. Begitu pula dengan acara ragam tvN berjudul Flower Boy Ramyun Shop.

Selain “Happy”, lagu Mocca lainnya yang berjudul “Sing” turut diputar sebagai musik latar acara ragam. “Sing” pernah mengalun dalam acara ragam Mimi Shop produksi televisi kabel JTBC dan acara ragam Live Alone yang tayang di saluran MBC.

Baca Juga: Anak Muda, Kembangkan Pola Pikirmu dengan Membaca 3 Buku Ini!

GoodMates, Mocca telah menambah panjang daftar musisi Indonesia yang berkarier di panggung internasional. Tentunya perjuangan grup musik asal Bandung ini tidak berhenti di sini dan akan lahir Mocca yang baru di masa depan. Apakah band musik besutan GoodMates akan menjadi penerus selanjutnya?

Referensi: Kompas.com | Detik.com | idntimes.com | GNFI

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini