Menanti Langkah Maju Sepak Bola Indonesia Lewat Kerja Sama dengan Belanda

Menanti Langkah Maju Sepak Bola Indonesia Lewat Kerja Sama dengan Belanda
info gambar utama

Indonesia mengirim utusan ke Belanda untuk urusan sepak bola. Utusan tersebut dikirim oleh PSSI untuk bertemu pemangku kepentingan serta klub sepak bola Belanda.

Diplomasi sepak bola yang dilakukan Indonesia ini bertujuan untuk mengembangkan pesepakbolaan Tanah Air lewat peluang kerja sama dengan Belanda. Ada tiga utusan PSSI yang ditugaskan dalam misi ini, yakni Direktur Teknik Indra Sjafri, Pelatih Jongjin Kim, serta Utusan Khusus Hamdan Hamedan.

Di Belanda, para wakil PSSI menghadiri pertemuan dengan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) serta dua klub papan atas Belanda, yakni Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam.

Pertemuan dengan KNVB dilakukan pada Sabtu (8/10). Dalam pertemuan sana, utusan PSSI disambut oleh Manejer Hubungan Internasional Michael van der Star serta kedua staf di bidang tim nasional dan pemasaran.

Ada berbagai topik diskusi yang dibahas dalam pertemuan dengan KNVB. Kedua pihak membahas soal pemantauan bakat, pendidikan pelatih, pengembangan pemain muda, sepak bola perempuan, dan pengelolaan timnas. Lewat pertemuan ini, dijajaki pula peluang agar Timnas Indonesia bisa mengasah diri di Belanda.

PSSI dan KNVB membuka peluang agar Timnas Indonesia menjalani pemusatan latihan di Belanda. Tak hanya itu, dibahas pula kemungkinan Timnas U-20 Indonesia beruji coba melawan Timnas U-20 Belanda.

Indra Sjafri membeberkan inti dari hasil diskusinya dengan KNVB.

“Klub berperan kunci, lewat scouting network, dalam mencari pemain di Belanda dengan mengerahkan banyak scout ke berbagai pertandingan usia muda. Tak kalah penting, sertifikasi pelatih berperan dalam menjamin kualitas pelatih dan memaksimalkan potensi pemain muda yang dilatih,” ujar Indra Sjafri seperti dilansir laman resmi PSSI.

Sementara itu, pertemuan dengan Ajax dan Feyenoord memiliki topik pembahasan tersendiri. Adapun topik tersebut mencakup pengelolaan akademi, kurikulum sepak bola, dan potensi pemain Indonesia bermain di dua klub tersebut.

Lewat diskusi, PSSI meminta gagasan dari klub Belanda untuk mengembankan Filosofi Sepak Bola Indonesia (Filanesia). Seperti diketahui, Filanesia adalah konsep yang menjadi fondasi dan acuan bagi karakter sepak bola Indonesia.

“Saya tertarik mengajak Ajax untuk ikut memberikan masukan dalam filosofi sepak bola Indonesia (Filanesia). Kami juga menjajaki potensi pemain muda Indonesia bermain di kedua klub tersebut, atau setidaknya melakukan trial di sana,” pungkas Indra Sjafri.

Bagi PSSI, hasil yang diharapkan dari pertemuan dengan pelaku persepakbolaan Belanda adalah meningkatnya hubungan baik antara Indonesia dan terbukanya pintu bagi para pemain Indonesia untuk berkarier di Belanda. Oleh karena itu, menarik menantikan perkembangan sepak bola Indonesia sebagai buah dari kerja sama ini.

Menanti Laga Timnas Indonesia Vs Belanda Terwujud Lagi

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini