Menanti Laga Timnas Indonesia Vs Belanda Terwujud Lagi

Menanti Laga Timnas Indonesia Vs Belanda Terwujud Lagi
info gambar utama

Belakangan, cukup ramai pemberitaan mengenai kemungkinan digelarnya laga Timnas Indonesia vs Belanda. Pihak Belanda sendiri yang menyatakan adanya kemungkinan tersebut.

Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) belum lama ini mengunjungi Indonesia. Mereka datang untuk memperkenalkan acara Oranje Indonesia Festival melalui konferensi pers yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (1/9/) serta membahas peluang kerja sama dengn PSSI.

Selain soal Oranje Festival, ternyata ada hal lain yang dibicarakan KNVB dengan awak media. Hal tersebut adalah kemungkinan dihelatnya laga Timnas Indonesia Vs Belanda.

Pihak KNVB membuka diri untuk bertanding melawan Timnas Indonesia dalam laga uji coba. Sayangnya laga itu agaknya belum bisa terwujud dalam waktu dekat mengingat Belanda kini disibukkan dengan sejumlah agenda penting, khususnya Piala Dunia 2022.

“Ya tentu sangat menyenangkan jika kami bisa kembali lagi dengan timnas kami ke Indonesia. Sayangnya kami sangat sulit mencari waktu untuk mendatangkan mereka dengan jadwal yang padat di tengah persiapan menuju Piala Dunia,” ujar Sekretaris Jenderal KNVB Gijs de Jong seperti dilansir Suara.com.

Ada syarat yang dibutuhkan agar wacana laga Timnas Indonesia Vs Belanda bisa terwujud. Harus ada pihak yang bersedia menjadi sponsor pertandingan.

“Tapi tidak menutup kemungkinan di penyelenggaraan berikutnya jika ada sponsornya hal itu mungkin saja,” lanjut de Jong.

Timnas U-19 Indonesia Galang Kekuatan untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Pernah Terwujud

Laga Timnas Indonesia Vs Belanda sebetulnya bukan hal angan-angan. Sebab, pertandingan tersebut pernah terlaksana pada 2013 lalu.

Berdasarkan catatan Soccerway, kedua tim saling berhadapan dalam laga uji coba di SUGBK pada 7 Juni 2013.

Saat itu, Belanda membawa skuad berisi pemain-pemain top dunia ke Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, nama beken seperti Wesley Sneijder, Robin van Persie, hingga Arjen Robben diturunkan menghadapi anak-anak asuh Jacksen F. Tiago.

Hasilnya, Belanda melumat Timnas Indonesia tiga gol tanpa balas. Ketiga gol dicetak oleh Siem de Jong (2 gol) dan Arjen Robben (1 gol).

Pertemuan antara Timnas Indonesia dan Belanda sembilan tahun silam terwujud melalui Nine Sports selaku promotor. Di Indonesia, tim Belanda juga tidak hanya bertanding, melainkan juga melakoni berbagai aktivitas lain seperti coaching clinic.

Saat Belanda kini membuka diri untuk kembali bertanding melawan Timnas Indonesia, akankah laga itu bisa terwujud lagi? Sebelum menjawab itu, ada pertanyaan penting lain, yakni adakah sponsor yang siap membantu mewujudkannya? Kita tunggu saja.

Timnas Futsal Indonesia Bersiap untuk Bertarung di Piala Asia Futsal 2022

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini