15 Tempat Wisata di Malang yang Wajib Dikunjungi untuk Liburan

15 Tempat Wisata di Malang yang Wajib Dikunjungi untuk Liburan
info gambar utama

Kabupaten Malang adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki beragam tempat wisata alami maupun buatan. Sebagai kabupaten yang memiliki area terluas kedua di Jawa Timur, Malang terdiri dari wilayah yang sebeagian besar berupa pegunungan atau perbukitan. Sementara itu kota Malang sendiri merupakan enklave dari Kabupaten Malang. Kota ini adalah kota kedua terbesar setelah Surabaya dan kota ke-12 terbesar di Indonesia.

Kota Malang dan Kabupaten Malang dikenal dengan kawasan Malang Raya atau wilayah metropolitan Malang. Berada di ketinggian antara 440 hingga 667 meter di atas permukaan laut (mdpl) membuat daerah tersebut memiliki banyak potensi alam. Pegunungan hingga pantai, serta tempat bersejarah semuanya ada di Malang.

Suasana yang sejuk dan indah membuat daerah ini menawarkan tempat wisata bagi semua kalangan. Suasana modern hingga pedesaan semua ada di daerah berjuluk kota bunga ini. Beberapa tempat wisata menyajikan pemandangan alam yang indah, asri, dan mengagumkan yang sayang untuk dilewatkan.

Bagi Anda yang berencana berwisata ke Malang, terdapat beberapa rekomendasi tempat wisata menarik yang mesti Anda kunjungi. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tempat wisata di Malang yang bisa dijadikan pilihan:

1. Jawa Timur Park 1

jatim park 1

Tempat wisata terpopuler di Malang ini mengusung konsep rekreasi dan edukasi. Tempat ini dibuat untuk wisata keluarga yang mana di dalamnya terdapat berbagai pilihan wahana bermain. Selain itu, sangat cocok bagi anak-anak di mana mereka dapat bermain sambil belajar.

Jatim Park 1 buka setiap hari dari pukul 8.30 sampai 16.30 dengan tiket masuk mulai 75.000 sampai 120.000 ribu rupiah.

Lokasi: Jalan Kartika No. 2, Kecamatan Batu, Kota Batu

2. Jawa Timur Park 2

jatim park 2

Tak jauh berbeda dari Jatim Park 1, Jatim Park 2 hadir dengan mengusung konsep rekreasi dan edukasi. Pembedanya adalah tempat ini cocok buat Anda dan keluarga mengenal satwa. Jatim Park 2 memiliki 3 area yakni Museum Satwa, Secret Zoo, dan Eco Green Park. Di area tersebut anak-anak dapat melihat berbagai macam jenis satwa. Selain itu tentunya Jatim Park 2 memiliki banyak wahana permainan yang dapat dicoba.

Jatim Park 2 buka setiap hari pukul 08.30 sampai 17.30 dengan tiket masuk mulai dari 110.000 rupiah.

Lokasi: Jalan Oro-oro Ombo No. 9, Kecamatan Batu, Kota Batu

Baca selengkapnya tentang Jatim Park Malang.

3. Eco Green Park

ecogreenpark

Satu lagi tempat wisata yang tak jauh dari Jatim Park 2, ialah Eco Green Park. Tempat wisata ini juga salah satu tempat edukasi di yang menyediakan beragam atraksi dan wahana bermain. Di sini ada taman biogas, animal farm, rumah hidroponik, rumah serangga, jungle adventure, dan lainnya.

Eco Green Park dapat dikunjungi dengan membayar 50 ribu rupiah untuk hari Senin hingga Jumat dan 75 ribu rupiah pada Sabtu dan Minggu dari pukul 8.30-16.00.

Lokasi: Jalan Oro-oro Ombo No. 9A, Kota Batu

4. Museum Angkut

museum angkut

Museum Angkut adalah tempat wisata berkonsep transportasi dan otomotif. Museum ini menyajikan berbagai macam jenis transportasi tradisional hingga modern, tidak hanya dari dalam negeri melainkan juga dari luar negeri.

Jika berkunjung ke museum ini, Anda bisa belajar sejarah transportasi dunia hanya dengan tiket masuk 100 ribu rupiah yang buka setiap hari dari pukul 12.00 hingga 20.00.

Lokasi: Jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Kecamatan Batu, Kota Batu

5. Malang Night Paradise

malang night paradise

Malang Night Paradise sering disebut dengan taman sejuta lampu LED karena penuh lampu-lampu gemerlap yang akan memukau pengunjung di malam hari. Tempat ini memilki berbagai wahana seperti Taman Dinosaurus yang hadir dengan replika dinosaurus di dalamnya. Harga tiket masuk mulai dari 50 ribu rupiah untuk weekday dan 65 ribu rupiah pada weekend. Tempat ini buka setiap hari pukul 17.45 sampai 21.00.

Lokasi: Jalan Graha Raya No. 66 Kota Malang

6. Taman Kelinci

taman kelinci malang

Tempat ini sepertinya surga bagi pecinta kelinci. Sejak dibuka pada 2016 lalu, sampai sekarang Taman Kelinci masih ramai dikunjungi. Sebenarnya nama Taman Kelinci adalah Plaza Garden Wisata Edukasi Rabbit Field. Disebut Taman Kelinci karena banyaknya kelinci yang memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan kelinci dari jarak dekat. Anda bisa menikmati tempat ini dengan merogoh kantong cukup 15 ribu rupiah saja dengan jam operasional mulai dari 7.00 hingga 17.00.

Lokasi: Samaan, Kota Batu

7. Omah Kayu

omah kayu malang

Omah kayu merupakan kawasan yang penuh bangunan dari kayu. Kawasan ini berada di dataran tinggi sehingga cocok dikunjungi untuk menikmati pemandangan kota Batu dari ketinggian. Dengan membayar 5 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa mengunjungi kawasan ini yang buka setiap hari pukul 09.00 hingga 17.00.

Lokasi: Jalan Gunung Banyak, Kota Batu

8. Pantai Tiga Warna

pantai 3 warna

Mendengar namanya saja sudah unik dan pastinya menarik untuk dikunjungi. Pantai Tiga Warna memiliki pantai dengan nuansa tiga warna, yakni biru, hijau, dan coklat kemerahan. Tiga warna tersebut berasal dari pembiasan cahaya matahari dan vegetasi plankton. Pantai ini juga termasuk kawasan konservasi terumbu karang dan mangrove. Anda bisa mengunjungi pantai ini setiap harinya dengan membayar tiket masuk 10 ribu rupiah.

Lokasi: Jalan Sendang Biru, Tambakrejo, Kabupaten Malang

9. Bukit Nirwana

bukit nirwana

Jika tadi ada pantai, sekarang kita ke ketinggian. Penyuka wisata alam sepertinya bisa cocok untuk mengunjungi Bukit Nirwana. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah karena dikelilingi 10 gunung. Suasana di sini menenangkan dan pas untuk berkemah. Harga tiket masuk Bukit Nirwana hanya 10 ribu per orang.

Lokasi: Tulungrejo, Pujon Kidul, Kabupaten Malang

10. Desa Wisata Pujon Kidul

Masih di kawasan Pujon Kidul, ternyata tempat ini adalah kawasan desa wisata. Bagi Anda yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk kota, desa wisata Pujon Kidul dirasa tepat dijadikan pilihan. Berlokasi sekitar 30 kilometer dari pusat kota, tempat ini memiliki suasana alam yang asri. Di desa wisata ini pengunjung dapat menikmati hiburan yang menyenangkan dan spot foto menarik.

Lokasi: Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang

11. Lembah Indah

lembah indah

Lembah Indah menyajikan hamparan perkebunan. Mengusung konsep edukasi, tempat ini cocok menjadi tempat liburan keluarga. Biaya tiket masuknya sebesar 20 ribu rupiah per orang dengan kisaran biaya akomodasi untuk menginap mulai dari 500 ribu rupiah. Keunikan dari Lembah Indah adalah menyediakan akomodasi penginapan berupa glamping di tenda yang instagramable dijadikan spot foto.

Lokasi: Gendogo, Desa Bale Sari, Malang

12. Wisata Paralayang Batu

paralayang batu

Pecinta olahraga ekstrem sangat tepat mengunjungi tempat ini. Berada di ketinggian, Anda bisa menikmati indahnya panorama kota Batu atau mencoba paralayang dengan ditemani pemandu berpengalaman. Untuk memasuki kawasan wisata ini Anda perlu membayar tiket masuk 10 ribu rupiah. Sementara, tarif paralayang sebesar 300 ribu rupiah per orangnya.

Lokasi: Jalan Arumdalu No. 20, Kota Batu

13. Sumber Maron

sumber maron

Objek wisata ini menyuguhkan air terjun dan sungai alami yang bisa dijadikan tempat permandian. Airnya berasal dari sumber mata air alami nan bersih dan segar sekaligus bisa menikmati suasana pedesaan yang asri. Untuk menikmati tempat wisata ini, cukup membayar 5 ribu rupiah saja.

Lokasi: Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Malang

14. Kebun Teh Wonosari

kebun teh wonosari

Kebun Teh Wonosari menyajikan hamparan perkebunan teh yang luas yang menyegarkan mata. Anda dapat berfoto di sela-sela jalur tanaman teh. Ada pula jembatan unik yang sengaja dibuat untuk tempat berfoto. Tempat wisata ini buka mulai pukul 6 pagi sampai 4 sore.

Lokasi: Bodean Putuk, Toyomarto, Kabupaten Malang

15. Pantai Batu Bengkung

pantai batu bengkung

Satu lagi pantai yang ada di Malang adalah Pantai Batu Bengkung. Begitu menginjakkan kaki di pantai ini, mata Anda akan dimanjakan dengan gugusan batu karang cantik yang membentang dari sepanjang pantai. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan ombak membentur batu karang dengan bunyi yang enak didengar.

Lokasi: Desa Gajah Rejo, Kabupaten Malang

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Malang. Mulai dari wisata edukasi sampai wisata alam semuanya tersedia. Rekreasi ke tempat-tempat ini bisa dilakukan bareng keluarga atau teman-teman, bisa jadi pengalaman liburan yang tak terlupakan pastinya!

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan R. Putra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel R. Putra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini