Wahana dan Tiket Masuk Jatim Park

Wahana dan Tiket Masuk Jatim Park
info gambar utama

Jawa Timur Park atau sering disebut Jatim Park merupakan destinasi wisata yang dibuka sejak 9 Desember 2001. Tempat wisata populer di Malang ini tidak pernah sepi pengunjung baik dari dalam maupun luar Kota Batu. Berada dalam satu naungan Jatim Park Group, Jatim Park terbagi menjadi tiga, yakni Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3. Masing-masingnya punya wahana yang berbeda. Berikut perbedaanya:

Jatim Park 1

Jatim Park 1 adalah tempat rekreasi yang pertama kali dibangun oleh Jatim Park Group. Tempat rekreasi ini memiliki konsep taman bermain berpadu dengan taman edukasi. Jatim Park 1 menyediakan banyak wahana bermain yang seru untuk semua umur.

Anak-anak dapat mencoba wahana Mini Train, Happy Boat, Convoy Car, Ulat Coaster, dan Froggy. Sedangkan untuk orang dewasa dapat mencoba berbagai wahana yang menguji adrenalin seperti Pendulum, Flying Tornado, Enterprise Ride, Gold Mining Coaster, dan Gyroscope.

Selain arena bermain, pengunjung bisa mendapatkan edukasi tentang banyak hal. Misalnya belajar sains di Science Center, belajar anatomi tubuh di Museum Tubuh The Bagong Adventure, belajar sejarah melalui diorama di Taman Sejarah, dan belajar budaya Indonesia di Indonesia Heritage Museum dan Galeri Etnik.

Jatim Park 1 dinobatkan sebagai juara 1 kategori wisata buatan berskala besar tingkat nasional pada tahun 2013 dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu.

Wisatawan dapat membeli tiket Jatim Park 1 termasuk tiket masuk Museum Angkut dan Museum Tubuh. Museum Tubuh masih satu area dengan Jatim Park 1 yakni di Jalan Kartika Nomor 2 Kota Batu. Tiketnya bisa dibeli seharga 120 ribu rupiah per orang.

Sedangkan Museum Angkut dapat ditempuh dengan berkendara sekitar tujuh menit dari Jatim Park 1. Tiket Jatim Park 1 dan Museum Angkut seharga 160 ribu rupiah per orangnya. Setiap harinya Jatim Park 1 buka pada pukul 08.30 hingga 16.30.

Jatim Park 2

Berbeda dari Jatim Park 1, Jatim Park 2 mengusung konsep kebun binatang interaktif. Jatim Park 2 dibagi menjadi 3 area, yakni Museum Satwa, Batu Secret Zoo, dan Eco Green Park.

Pengunjung dapat melihat ribuan serangga dan spesies satwa liar di Museum Satwa. Di Batu Secret Zoo, pengunjung dapat melihat berbagai satwa dari seluruh dunia. Terdapat beberapa zona yang bisa dijelajahi pengunjung, mulai dari River Adventure, Safari Farm, Baby Zoo, Waterpark, dan Savannah.

Sementara itu, terdapat berbagai spesies burung di Eco Green Park. Di dalamnya ada zona Farm Land, Plaza Musik, Jungle Adventure, dan Taman Biogas.

Harga tiket masuk tiap kawasannya beda-beda. Masuk ke Jatim Park 2, pengunjung harus membayar tiket 130 ribu per orang. Sedangkan jika mau tiket terusan Jatim Park 2 dan Eco Green Park, dapat dibeli tiket seharga 160 ribu per orang. Lalu, tiket masuk Eco Green Park saja seharga 75 ribu per orang. Setiap harinya Jatim Park 2 buka dari pukul 09.30 hingga 17.30.

Jatim Park 3

Jatim Park 3 memiliki berbagai zona yang beragam. Pengunjung dapat mempelajari segala hal tentang dinosaurus di Dino Park. Lalu di The Legend Star bisa bertemu ratusan patung lilin tokoh ternama dari seluruh dunia, melihat berbagai alat-alat musik di Museum Musik Dunia, dan mencoba wahana outbound di Predator Fun Park.

Tempat rekreasi ini juga dilengkapi dengan foodcourt yang menyajikan aneka makanan dan minuman.Selain itu, pada Jatim Park 3 juga tersedia berbagai wahana futuristik di Funtech Plaza dan Millennial Glow Garden. Jatim Park 3 berlokasi di desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Buka setiap hari dari pukul 11.00 hingga 20.00. Harga tiket masuk pada setiap area berbeda-beda. Berikut rinciannya:

  • Funtech Plaza: Rp30.000 (weekday) dan Rp50.000 (weekend)
  • Museum Musik Dunia: Rp30.000 (weekday) dan Rp50.000 (weekend)
  • The Legend Star: Rp80.000 (weekday) dan Rp100.000 (weekend)
  • Millennial Glow Garden: Rp80.000 (weekday) dan Rp100.000 (weekend)
  • Millennial Glow Garden+Funtech Plaza+Museum Musik Dunia: Rp120.000 (weekday) dan Rp140.000 (weekend)
  • The Legend Star+Millennial Glow Garden: Rp130.000 (weekday) dan Rp150.000 (weekend)
  • Dino Park+Predator Fun Park: Rp130.000 (weekday) dan Rp150.000 (weekend)
  • Dino Park+The Legend Star: Rp140.000 (weekday) dan Rp160.000 (weekend)
  • Dino Park+Funtech Plaza+Museum Music Dunia+Circus Magic: Rp140.000 (weekday) dan Rp160.000 (weekend)

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan R. Putra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel R. Putra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini