Mengenal Toman, Ikan Predator Hias Yang Dapat Dikonsumsi

Mengenal Toman, Ikan Predator Hias Yang Dapat Dikonsumsi
info gambar utama

Tidak hanya dikenal sebagai ikan hias, Ikan Toman di Indonesia merupakan salah satu ikan yang umum untuk konsumsi. Ikan ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia dan diolah menjadi berbagai hidangan lezat khas seperti pepes, sup ikan, dan dibakar. Ikan toman adalah salah satu jenis ikan yang memiliki kemampuan mengambil langsung oksigen dari udara, sehingga ikan ini dapat beradaptasi untuk hidup di perairan minim oksigen sekalipun. Ikan toman juga termasuk golongan ikan karnivora yang biasanya memangsa ikan-ikan kecil, udang-udangan, serangga, kepiting, katak, hingga unggas seperti bebek atau burung.

Habitat Ikan Toman

Ikan Toman, Ikan predator indah yang juga umum dikonsumsi asli Indonesia memiliki habitat di perairan tenang dan banyak tanaman air

Persebaran habitat ikan toman terbesar luas pada Indonesia bagian barat yaitu Sumatra, Kalimantan dan pulau-pulau sekitarnya. Ikan ini juga hidup di perairan sungai, danau, rawa, sawah, hingga saluran irigasi, sehingga ikan toman keberadaannya sangat berlimpah di Indonesia. Selain mudah untuk didapatkan, ikan toman cenderung memiliki harga yang ekonomis sehingga menjadi komoditi perdagangan untuk dikonsumsi dari berbagai kalangan.

Selain dagingnya yang lezat, ikan toman juga akhir-akhir ini menjadi ikan hias favorit yang seringkali dilombakan. Ikan toman memiliki pola unik dan warna yang eksotis serta sifatnya yang agresif, sehingga ikan ini menjadi ikan yang populer untuk dipelihara.

Jenis-Jenis Ikan Toman

Ikan toman yang berasal dari genus Channa, memiliki berbagai macam jenis serta karakteristik yang berbeda-beda. Dan berikut adalah jenis-jenis ikan toman dengan keindahan motifnya yang sangat menarik.

1. Channa Melasoma

Ikan Toman Channa melasoma, Ikan predator indah yang juga umum dikonsumsi asli Indonesia

Ikan yang biasa dikenal dengan black snakehead ini memiliki karakteristik kepala bulat, dengan rahang bawah yang berwarna biru pucat yang dilengkapi oleh sirip berwarna cokelat. Ikan ini termasuk ikan yang individual dan teritorial, sehingga jika kamu ingin memelihara ikan black snakehead ini sebaiknya tidak dicampur dengan jenis ikan lainnya.

Ikan ini tersebar mulai dari perairan Kalimantan, Sumatera, hingga perairan Thailand Selatan, dan Semenanjung Malaysia. Untuk ikan jenis Channa melasoma ini, tidak ditemukan di perairan Pulau Jawa. Dan habitat ikan toman channa melasoma pun masih sama dengan ikan toman lainnya yaitu pada perairan rawa dan aliran sungai berarus tenang.

2. Channa marulioides

Ikan Toman Channa marulioides, Ikan predator indah yang juga umum dikonsumsi asli Indonesia

Jenis ikan yang dijuluki emperor snakehead ini merupakan jenis ikan toman dengan corak yang indah dan warna yang mencolok, sehingga populer dipelihara sebagai ikan hias. Ikan ini memiliki bentuk kepala yang agak lancip dengan warna tubuh berwarna oranye kekuningan dan corak hitam membentuk bunga teratai yang dilengkapi dengan sirip berwarna hitam. Ikan toman Channa marulioides dapat digabungkan dengan jenis ikan lainnya yang berukuran sama karena sifat ikan ini yang lebih tenang dan tidak agresif. Namun, pada saat tahap kematangan seksual atau masa kawin ikan toman Channa marulioides akan bersifat lebih agresif dan teritorial sehingga tidak digabung dengan ikan jenis lainnya.

Ikan toman Channa marulioides tersebar di perairan Indonesia seperti Kalimantan bagian barat, Thailand Selatan, dan juga Malaysia. Habitat ikan ini cenderung senang hidup di perairan sungai yang luas dengan vegetasi di dalamnya seperti akar-akaran atau tanaman air. Vegetasi yang ada di perairan tersebut akan digunakan sebagai perlindungan untuk berlindung, berburu makanan, maupun bertelur.

3. Channa marulius

Ikan Toman Channa marulius, Ikan predator indah yang juga umum dikonsumsi asli Indonesia

Ikan toman dengan julukan bullseye snakehead merupakan ikan toman terbesar dengan panjang mencapai 180 cm. Ikan ini memiliki bentuk kepala yang rata, rahang bergerigi dengan matanya yang merah. Dikarenakan bentuknya yang besar dan panjang ikan ini biasanya tidak dipelihara dalam akuarium dan di beberapa daerah menjadi ikan yang populer untuk konsumsi.

Persebaran bullseye snakehead di Indonesia mencakup perairan Sumatera dan Kalimantan. Selain itu ikan ini juga menyebar pada perairan Pakistan, India, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal, Myanmar, Tiongkok Selatan, Laos, Vietnam, dan Thailand. Ikan toman jenis ini biasa hidup di perairan sungai yang besar, danau, rawa-rawa, dan kanal.

4. Channa maculata

Ikan Toman Channa maculata, Ikan predator indah yang juga umum dikonsumsi asli Indonesia

Blotched snakehead merupakan nama lain dari jenis ikan toman Channa maculata. Ikan ini memiliki kebiasaan untuk hidup secara bergerombol di permukaan air dengan karakteristik tubuh dengan bercak hitam dan putih. Blotched snakehead umumnya memiliki tubuh mulai dari 20-30 cm.

Ikan Channa maculata tersebar luas di perairan Pasifik Cina Tenggara termasuk pulau Hainan dan Hong Kong serta Vietnam. Ikan ini menyukai perairan sungai yang tenang dengan arus lambat dengan substrat berlumpur yang dilengkapi vegetasi seperti akar-akaran atau tanaman air yang lebat.

5. Channa Lucius

Ikan Toman Channa lucius, Ikan predator indah yang juga umum dikonsumsi asli Indonesia

Ikan toman yang dijuluki forest snakehead ini merupakan jenis Ikan Toman yang memiliki tubuh memanjang dengan warna putih dan corak totol hitam pada tubuhnya serta memiliki sirip punggung yang panjang dan mulut besar penuh gigi. Ikan toman yang berasal dari Asia Tenggara ini saat dewasa mencapai ukuran 40 cm sehingga cocok untuk dipelihara aquarium.

Persebaran ikan toman jenis channa lucius di Indonesia meliputi sungai-sungai di pantai timur Sumatera Tengah dan Selatan, Kalimantan bagian selatan, dan Jawa. Lebih luas lagi ikan ini juga tersebar dari Malaysia, Thailand, Vietnam, Laos, dan Cina. Ikan channa lucius menyukai hidup pada perairan sungai-sungai dan rawa gambutdengan aliran air yang deras dan bervegetasi lebat.

Nah itulah artikel singkat mengenai ikan toman, ikan predator indah dari Indonesia yang juga nikmat untuk dikonsumsi. Semoga artikel ini membantu kamu untuk lebih mengenal Indonesia ya!

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini