Rumput Laut yang Kaya Manfaat: Kekayaan Alam & Kekuatan Indonesia di Kancah Internasional

Rumput Laut yang Kaya Manfaat: Kekayaan Alam & Kekuatan Indonesia di Kancah Internasional
info gambar utama

Ada banyak manfaat rumput laut. Bagi Indonesia, rumput laut juga merupakan komoditas perdagangan unggulan yang dinilai perlu dimaksimalkan potensinya.

Indonesia merupakan negara maritim yang kaya akan sumber daya laut. Salah satu kekayaan tersebut adalah rumput laut. Karena nilai ekonomi di samping manfaat rumput laut, tanaman air itu biasa dibudidayakan oleh masyarakat yang tinggal di pesisir.

Manfaat rumput laut memang banyak. Laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia mencatat bahwa rumput laut berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Rumput laut menyerap banyak mineral dan vitamin yang tersedia di laut dan itu semua juga menjadi nutrisi pada kulit manusia.

Selain itu, rumput laut bermanfaat untuk menghilangkan toksin pada tubuh. Rumput laut juga bisa mencegah osteoporosis karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Fungsi lain rumput laut adalah sebagai penekan tekanan darah yang mana ini penting bagi orang yang mengidap penyakit stroke.

Bagi masyarakat Indonesia. Mengonsumsi rumput laut sebagai makanan sebetulnya bukan hal asing. Sama ini, orang Indonesia sudah mengenal aneka makanan dan minuman berbahan rumput laut seperti agar-agar, es rumput laut, hingga dodol.

Kuliner Barongko, Si Manis Lembut Simbol Harga Diri Orang Bugis-Makassar

Maksimalkan Potensi

Pemerintah Indonesia menyadari betul potensi ekonomi yang ada dari bisnis rumput laut. Untuk itu, pemerintah menyiapkan langkah untuk memaksimalkan rumput laut sebagai sumber pendapatan negara.

Salah satu langkahnya dilakukan melalui Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Lembaga tersebut menjadikan proyek budidaya rumput laut di Takalar, Sulawesi Selatan, sebagai salah satu proyek yang masuk ke dalam Peta Peluang investasi (PPI) yang disusun tahun 2022.

"Kami menilai rumput laut adalah salah satu komoditas yang jadi kekuatan Indonesia khususnya di pasar internasional,” ujar Direktur Perencanaan Sumberdaya Alam Kementerian Investasi/BKPM Ratih Purbasari Kania seperti diwartakan Antara.

Selama ini, Indonesia telah tampil sebagai salah satu produsen rumput laut terproduktif dunia. Indonesia tercatat sebagai pengekspor rumput laut terbesar kedua yang produknya dipakai untuk keperluan konsumsi dan industri.

Sulawesi Selatan sendiri merupakan salah satu sentra rumput laut di Indonesia. Sulsel punya area pengembangan rumput laut seluas 540,6 ribu hektare adan ada 40,3 ribu hektare yang telah dimanfaatkan. Pada 2020, Sulsel mencatatkan total produksi rumput laut dengam volume 3,4 juta ton.

Modal besar itu yang membuat pemerintah menunjuk proyek budidaya rumput laut Sulsel untuk masuk ke dalam PPI.

"Setelah melakukan koordinasi serta konsultasi, kami menentukan jenis usaha dan juga lokasi pengembangan rumput laut tersebut yang paling sesuai yaitu di Provinsi Sulawesi Selatan karena merupakan salah satu dari lima sentra rumput laut di Indonesia," ujar Ratih.

Pacco dan Lawa, Hidangan Ikan Mentah khas Kabupaten Luwu


https://m.antaranews.com/berita/3200985/jadi-komoditas-unggulan-rumput-laut-masuk-peta-peluang-investasi-2022



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini