Timnas Basket Putri Angkat Piala di Liga Basket Putri Asia Tenggara

Timnas Basket Putri Angkat Piala di Liga Basket Putri Asia Tenggara
info gambar utama

Tim nasional basket putri Indonesia mencetak prestasi yang membanggakan. Mereka yang tergabung sebagai Indonesia Elite ini berhasil menjuarai SEA Women Basketball League (SWBL) Introduction Series 2022 yang diselenggarakan di GOR Kertajaya, Surabaya.

Pada ajang final melawan Sniper Thailand pada 31 Oktober kemarin, tim Indonesia Elite berhasil mencetak poin 65-56. Pertandingan terakhir ini mengantarkan tim Indonesia untuk angkat piala dengan skor final 2-1.

Dilansir dari Antara.com, tim Indonesia memang sudah unggul sejak Gim 1. Meskipun sempat mengalami kekalahan pada Gim 2 dengan skor terpaut 4 poin dan harus mengikuti Gim 3, hasil terbaik pun mereka dapatkan dengan memukul mundur tim dari Negeri Gajah Putih tersebut.

Dengan yang menjadi anggota dalam Indonesia Elite kali ini adalah Agustin Elya Gradita Retong, Yuni Anggraeni, Kadek Pratita Citta Dewi, Angelica Jennifer Candra, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma,Visca Dewi Syamsuri, Dyah Lestari, Adelaide Callista Wongsohardjo, Nathania Claresta Orville, Mega Nanda Perdana Putri, Clarita Antonio, dan Henny Sutjiono.

Dari skuad tersebut, Adelaide Callista Wongsohardjo yang akrab disapa Laide ini tampil memuka sebagai most valuable player (MVP). Sebagaimana tertulis dalam akun instagram resmi SEA Women Basketball League (@seawbl), ia mendapatkan total 12 poin, 7 rebound, 3 assist, dengan nilai efficiency (EFF) 14.

Indonesia Juara Umum Kejuaraan Wing Chun Dunia 2022

Awal yang Baik untuk Bertanding di ASEAN Games 2023

SEA Women Basketball League sendiri adalah liga yang perdana digelar pada tahun 2022 untuk menjadi ajang bagi tim basket putri di negara-negara Asia Tenggara.

Pelaksanannya dilakukan secara bergantian di 3 kota, yaitu Nakhon Ratchasima (Korat),Thaliand, kemudian dilanjutkan di Kuala Lumpur, Malaysia, serta di Surabaya untuk pelaksanaan finalnya.

Tim yang menjadi peserta dalam ajang ini selain Indonesia Elite adalah Sniper Thailand dan Harimau Malaysia.

Meskipun liga pertama ini hanya diikuti oleh 3 negara saja, setidaknya kemenangan Indonesia ini bisa menjadi sebuah batu loncatan pada perhelatan ASEAN Games mendatang. Yang mana pada ajang sebelumnya, Indonesia kalah dari atas Vietnam sehingga mendapatkan medali perak.

Sebelumnya, Nirmala Dewi sebagai Sekjen Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) mengatakan bila ajang SWBL ini memang menjadi persiapan tim basket putri untuk bertanding di ajang ASEAN Games 2023 Kamboja.

"Dengan banyaknya pertandingan yang sudah diijalani, kami punya harapan agar tim basket bisa lebih berkembang dan mendapatkan prestasi membanggakan," ujarnya sebagaimana dilansir dari makassar.antaranews.com.

Paduan Suara Mahasiswa Teknik UNDIP Sabet Empat Juara Sekaligus di Korea Selatan

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

MM
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini