Global Undergraduate Exchange Program 2022, Program Pertukaran Mahasiswa ke Amerika

Global Undergraduate Exchange Program 2022, Program Pertukaran Mahasiswa ke Amerika
info gambar utama

Program pertukaran mahasiswa di Indonesia belakangan kian berkembang. Tidak hanya pertukaran antarmahasiswa dalam negeri, tetapi juga mancanegara. Selain mendapatkan kesempatan berkunjung ke negara lain, pertukaran mahasiswa luar negeri juga akan memberi pengalaman sekaligus membuka wawasan belajar.

Salah satu program pertukaran mahasiswa luar negeri yang masih buka untuk tahun 2022 adalah Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD). Program pertukaran yang diinisiasi oleh American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) ini membuka peluang bagi mahasiswa Indonesia yang ingin merasakan serunya kuliah di Amerika Serikat.

Sama halnya dengan program pertukaran mahasiswa yang lain, Global UGRAD memiliki ketentuan tersendiri. Jika tertarik, berikut ulasan terkait pendaftaran (Global UGRAD) 2022. Simak sampai akhir dan persiapkan dirimu dengan baik.

Ragam Beasiswa dari Pemerintah Indonesia

Mengenal Global UGRAD

Global UGRAD merupakan program pertukaran mahasiswa dari Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. Program ini bertujuan mencari peserta yang berasal dari latar belakang yang kurang terwakili (underrepresented backgrounds) dan tidak memiliki kesempatan untuk belajar di Negeri Paman Sam.

Global UGRAD memberikan beasiswa satu semester studi akademik non-gelar di perguruan tinggi AS. Peserta yang diterima akan mendapatkan pengalaman berbaur dengan masyarakat, budaya, dan institusi akademik ala Amerika. Global UGRAD tentunya juga akan mengasah keterampilan profesional para peserta.

Selain itu, peserta Global UGRAD akan mendapatkan fasilitas tinggal di perumahan kampus (asrama). Lengkapnya, peserta Global UGRAD akan menerima biaya perjalanan internasional, kuliah, kamar, makan, asuransi kecelakaan atau sakit, tunjangan bulanan, dan dana buku.

Syarat Pendaftaran

Pelamar Global UGRAD harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. berusia di atas 18 tahun;
  3. mahasiswa S1/D4;
  4. telah menyelesaikan minimal satu semester dan memiliki setidaknya satu semester lagi untuk diselesaikan setelah kembali dari program Global UGRAD (semester 3 atau 5);
  5. menunjukkan potensi kepemimpinan melalui karya akademis, pengabdian masyarakat, dan kegiatan ekstrakurikuler;
  6. mampu berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan (dibuktikan dengan skor terbaru TOEFL ITP atau TOEFL Prediction sebesar 500 atau skor iBT sebesar 48);
  7. berkomitmen untuk kembali langsung ke Indonesia setelah program selesai; dan
  8. lebih diutamakan mereka yang memiliki sedikit pengalaman atau tidak pernah ke Amerika Serikat.
Ribuan Penerima Beasiswa LPDP Dukung Edukasi Anak Usia Dini

Pelamar tidak memenuhi syarat apabila memiliki latar belakang berikut:

  1. warga negara dan penduduk tetap Amerika Serikat;
  2. sedang belajar, tinggal, atau bekerja di luar Indonesia;
  3. karyawan Amerika Serikat di luar negeri yang bekerja untuk Departemen Luar Negeri AS dan Agency for International Development (USAID);
  4. anggota keluarga dekat dari pegawai Departemen Luar Negeri AS dan USAID; dan
  5. karyawan atau anggota keluarga dekat dari karyawan World Learning dan AMINEF.

Cara Pendaftaran

  1. Dua surat referensi (satu dari dosen program studi pelamar dan satu lagi dari dosen lain, pemberi kerja, pelatih, atau pengawas pekerjaan masyarakat).
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  3. Transkrip nilai terbaru (dalam bahasa Indonesia dan Inggris).
  4. Setelah mendaftar secara online, peserta mengirimkan email yang melampirkan hasil tes TOEFL ITP atau TOEFL Prediction ke alamat infofulbright_ind@aminef.or.id dan info.scholarship@aminef.or.id dengan subjek “[Nama Lengkap] – Completed Global UGRAD Online Form”.
Beasiswa Pemimpin Masa Depan Indonesia untuk Studi ke Australia, Mau?

Perlu diperhatikan, seluruh persyaratan pendaftaran diberikan dalam bahasa Inggris. Persiapkan syaratnya dengan matang karena formulir pendaftaran online tidak bisa diubah setelah tenggat pendaftaran. Adapun pendaftaran Global UGRAD tahun ini berlangsung pada 1 November–15 Desember 2022.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini