Soto Gudangan, Perpaduan Kuliner Unik nan Lezat dari Ungaran

Soto Gudangan, Perpaduan Kuliner Unik nan Lezat dari Ungaran
info gambar utama

Soto tentu sudah menjadi makanan yang sangat populer di Indonesia. Hampir setiap wilayah di Indonesia memiliki varian soto dengan keunikannya masing-masing.

Namun, apa jadinya bila makanan berkuah nan segar ini berpadu dengan gudangan atau urap, sebuah olahan sayur yang dicampur dengan bumbu kelapa?

Inilah Soto Gudangan atau yang juga dikenal sebagai Sogud, sebuah perpaduan dua menu yang menjadi makanan baru yang populer di wilayah Ungaran, Kabupaten Semarang. Meskipun bila membayangkan kedua makanan disatukan terasa agak mengganjal, tapi percayalah rasanya mampu menggoyang lidah Anda.

Sebagai sebuah makanan asli Ungaran, kelahiran Soto Gudangan ini tergolong masih ‘muda’.

Adalah Warung Makan Bu Kusnin, tempat yang menjadi awal dari kemunculan kuliner yang kerap diburu banyak orang ini. Lokasinya ada di Jl. MT. Hariyono, Sidomulyo, Kecamatan Ungaran Timur

Sejarah Soto, Kuliner Berkuah Yang Memiliki Rasa Unik

Berawal dari Ide Pelanggan

Menurut Bu Kusnin selaku pemilik, awalnya tempat makannya hanyalah sebuah warung makan biasa. Namun suatu ketika, salah satu pelanggan setianya ada yang senang sekali untuk meminta kuah soto ketika menyantap nasi gudangan.

Setelah itu, ia juga merasakan bahwa perpaduan dua makanan tersebut punya rasa yang lezat. Akhirnya, tercetuslah ide darinya untuk menjadikannya sebagai menu makanan baru.

Tak lama setelah itu, banyak pelanggan yang mulai tertarik untuk mencicipinya. Baiknya, respon dari pelanggan pun positif. Makanan ini menjadi terkenal dari mulut ke mulut. Apalagi setelah era media sosial muncul, pengunjung dari tempat makan ini semakin banyak.

Rupa dari makanan ini hanya seperti nasi yang diberi sayur gudangan lalu disiram dengan kuah soto yang diberi daging. Sesederhana itu memang. Tapi, melihat tampilannya memang bisa menggugah selera. Apalagi ketika Anda menyantapnya.

Yang menjadi kenikmatan adalah takaran bumbu yang pas pada semua bahan makanan yang menjadi dasar soto gudangan ini. Menyeruput kuah sotonya yang hangat terasa gurih dan segar di lidah, tetapi juga berpadu dari rasa manis bumbu kelapa dari gudangan yang sudah menyatu dengan kuahnya.

Sayurannya juga terasa segar, mulai dari kenikir hingga bayam, semuanya terasa sangat nikmat ketika sudah dimakan bersama dengan kuah. Terakhir adalah daging yang menjadi pelengkap dari kenikmatan ini. Dengan cita rasa manis gurih dan tekstur yang empuk, seakan daging ini menjadi penyempurna Sogud sebagai makanan yang cocok untuk mengisi perut.

Inilah 4 Fakta Soto Betawi H. Mamat, Kuliner Terenak di Tangerang

Ada yang Datang dari Luar Kota

Bahkan, ada pelanggan yang jauh-jauh datang dari luar kota untuk mencicipi kelezatan makanan ini.

“Dari luar kota sering ada yang datang ke sini, mas. Sempat ada yang jauh itu dari Makassar rombongan 12 orang, ada juga yang asalnya dari Lamongan 7 orang. Mungkin warungnya ya terkenal karena itu, ada yang bawa teman terus bawa teman lagi,” ujar Kusnin ketika penulis mampir di warung makannya.

Rasa penasaran dan jumlah pelanggan yang terus bertambah ini menunjukkan bila makanan yang kelihatannya agak aneh di benak orang-orang ini ternyata tidaklah mengecewakan. Bahkan, banyak pelanggan yang selalu menyempatkan mampir ke warung makannya bila mampir di Ungaran.

Kalau Anda mampir di kota ini, jangan lupa untuk mencicipi kelezatannya, ya.

Mencicipi Rujak Teplak dan Soto Tauco Khas Tegal

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

MM
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini