5 Motif Batik Jawa Timur dan Arti Filosofis yang Terkandung di dalamnya

5 Motif Batik Jawa Timur dan Arti Filosofis yang Terkandung di dalamnya
info gambar utama

Saat mendengar kata "batik", pasti yang terlintas di benak Anda adalah Pulau Jawa. Ya, Pulau Jawa memang menjadi sentra penghasil batik terbesar di Indonesia. Tak terkecuali dengan Jawa Timur yang dikenal memiliki sederet motif batik yang khas.

Motif batik Jawa Timur disebut-sebut memiliki keunikan dan berbeda dengan motif batik dari daerah lainnya. Wah, seperti apa keunikan motif batik dari provinsi yang dijuluki sebagai The United Color of Java ini? Mari ungkap bersama pada pembahasan kali ini!

Baca juga: 5 Motif Batik Yogyakarta Terpopuler dan Makna Filosofis di Dalamnya

Ciri Khas Batik Jawa Timur

Batik merupakan salah satu karya seni yang memiliki keindahan tiada tara. Setiap daerah di Indonesia memiliki jenis batik dan karakteristik dan ciri khasnya masing-masing. Batik Jawa Timur pun dikenal memiliki beberapa keunikan atau ciri khas tersendiri. Ini dia 3 ciri khas batik Jawa Timur.

1. Motif Cenderung Bebas

Berbeda dengan batik Yogyakarta atau pun Surakarta yang memiliki aturan atau pakem tertentu pada motif batiknya. Motif batik Jawa Timur cenderung lebih bebas dengan motif yang lebih variatif.

Dari segi warna, batik Jawa Timur juga lebih colourful dan banyak menggunakan warna-warna yang terang seperti merah dan biru muda.

2. Dipengaruhi Budaya Asing

Ragam motif batik Jawa Timur juga dipengaruhi oleh asimilasi budaya asing yang disebabkan masuknya etnis Tionghoa di Jawa Timur lewat jalur perdagangan maritim di sekitar wilayah Tuban, Gresik, dan Surabaya.

Tak heran jika terdapat motif batik Jawa Timur yang memiliki nuansa Tionghoa yang kental dengan warna merahnya yang khas.

3. Lebih Mengusung Konsep Naturalis

Jika motif batik Yogyakarta kental akan nilai kekeratonan yang sakral. Maka, motif batik Jawa Timur terkenal dengan konsep alam lewat motif yang didominasi oleh tanaman, bunga, atau hewan.

Baca juga: 5 Motif Batik Bali yang Menarik dan Filosofisnya

5 Motif Batik Jawa Timur dan Filosofi di Dalamnya

Di luar dari motifnya yang tampak lebih segar dan beragam, motif batik Jawa Timur ternyata tetap memiliki makna mendalam sama halnya dengan batik dari daerah lainnya. Berikut 5 motif batik dari Jawa Timur beserta filosofi yang terkandung di dalamnya.

1. Motif Lok Chan (Tuban)

Pengaruh budaya Tionghoa memang begitu sarat di Jawa Timur, terutama di Kabupaten Tuban. Hal ini ditunjukkan dengan adanya motif Lok Chan yang sangat terkenal di Tuban.

Motif Lok Chan terkenal dengan burung Phoenix atau burung Hong yang menjadi burung kepercayaan etnis Tionghoa.

Motif Lok Chan melambangkan keperkasaan dari seorang laki-laki. Pada masanya Batik Lok Chan juga dianggap sakral dan kerap digunakan untuk menyelimuti orang yang disengat kalajengking agar lekas sembuh.

2. Motif Gajah Oling (Banyuwangi)

Kabupaten Banyuwangi yang dijuluki sebagai The Sunrise of Java ini juga memiliki ragam motif batik yang sangat indah dan khas. Salah satu yang paling terkenal, apalagi kalau bukan motif Gajah Oling.

Bagi Anda yang belum mengetahui, kata "Gajah" di sini bukan berarti terdapat gambar hewan gajah pada motifnya. Gajah Oling sendiri diambil dari kata Gajah yang artinya besar dan Oling yang berasal dari kata "eling" yang memiliki arti mengingat.

Motif Gajah Oling memiliki filosofi bahwa manusia harus selalu mengingat kebesaran Tuhan YME dalam kehidupannya.

3. Motif Pring Sedapur (Magetan)

Magetan memiliki ragam motif batik yang penuh warna dan sarat makna. Salah satu motif yang terkenal dari Magetan adalah Pring Sedapur.

Motif batik Jawa Timur yang satu ini terlihat sangat manis dengan motif pohon bambu yang memanjang. Menilik filosofinya, motif ini melambangkan kesatuan dan kerukunan dalam bermasyarakat.

4. Motif Reog (Ponorogo)

Ponorogo Jawa Timur terkenal dengan kesenian reognya. Saking terkenalnya, kesenian reog ponorogo juga dituangkan ke dalam kain batik dan menghasilkan salah satu motif yang populer di Ponorogo.

Seperti kesenian tarinya, motif reog erat kaitannya dengan sejarah peperangan antara Kerajaan Kediri dan Kerajaan Bantarangin.

5. Motif Merak (Sidoarjo)

batik jawa timur sidoarjo motif merak

Motif merak merupakan salah satu ciri khas batik Sidoarjo yang melambangkan keanggunan. Foto: Giant Gesita/Flickr

Sidoarjo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki ragam motif batik yang sangat khas. Motif batik Sidoarjo didominasi dengan motif flora dan fauna yang sangat cantik dan indah.

Salah satu yang paling terkenal adalah motif merak yang melambangkan ketangguhan di satu sisi dan keanggunan di sisi yang lain yang diharapkan ada pada diri pemakai batik ini.

Artikel lainnya: 10 Motif Batik Paling Terkenal dan Terindah di Indonesia

Demikian informasi seputar motif batik Jawa Timur yang khusus kami hadirkan untuk Anda. Jadi, dari kelima motif batik Jawa Timur di atas, mana yang paling menarik dan khas menurut Anda?

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini