Angel's Billabong, Surga Tersembunyi Di Nusa Penida Bali

Angel's Billabong, Surga Tersembunyi Di Nusa Penida Bali
info gambar utama

Nusa penida merupakan sebuah pulau yang berada di Provinsi Bali yang tak kalah memiliki segudang destinasi wisata yang menawan. Terkenal akan pasir putih, tebing tinggi yang indah, serta air yang biru sangat memikat mata dan membuat siapa saja ingin mengunjunginya. Bagi kamu yang bosan dari keramaian Bali Selatan seperti Kuta, legian atau Seminyak, kamu bisa berkunjung ke bagian Tenggara yaitu Nusa Penida.

Salah satu destinasi terkenal di nusa penida adalah Angel’s Billabong. Destinasi tersebut merupakan salah satu keunikan yang dimiliki Nusa Penida sehingga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Terletak di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Angel’s Billabong sebuah muara akhir dari sungai sebelum sampai ke lautan lepas.

Dikenal dengan nama Angel’s Billabong, dari kata “Angel" yang berarti bidadari, sementara “Billabong” memiliki arti sungai yang buntu. Sehingga tempat ini dapat diartikan sebagai sebuah ujung dari sungai yang memiliki keindahan tersembunyi layaknya bidadari. Tempat ini sudah sangat terkenal di telinga mancanegara, sehingga wajib ada di bucket list kamu selanjutnya.

Daya Tarik Angel’s Billabong

Angels Billabong Nusa Penida Bali

Dijuluki bidadari Nusa Penida, tempat ini memiliki sejumlah keunikan tersendiri. Keunikan berupa penampilan sebuah cerukan kolam alami yang sangat memukau dan tidak akan kamu jumpai di tempat manapun. Daya tariknya sebagai kolam lembah yang letaknya sedikit lebih tinggi dari bibir laut lepas membuat tempat ini seolah-olah langsung menyatu dengan lautan.

Sisa air laut yang dibawa ombak akan menyisakan air jernih yang tertampung dalam kolam hingga terlihat karang-karang dengan vegetasi lumut laut berwarna hijau dan kuning. Disini kamu pasti tergoda untuk menikmati jernihnya air laut dan akan merasa seperti berenang di infinity pool alami.

Air yang sangat jernih dengan warna gradasi hijau kebiruan menambah kesan eksotis saat difoto. Ditambah dinding batu yang mengelilinginya memiliki kontur yang sangat unik menambah kesan dramatis di dalamnya.

Disarankan untuk tidak berkunjung saat musim hujan, karena kemungkinan sungai yang bermuara di tempat ini akan membuat warna air keruh. Kolam ini akan muncul ketika air mulai surut. Sehingga bagi kamu yang mengunjungi Angel’s Billabong, harus melihat situasi gelombang dan ombak terlebih dahulu serta selalu hati-hati ketika air mulai pasang atau ombak besar dasar.

Ombak yang pasang bisa sewaktu-waktu masuk ke kolam, sehingga saat gelombang pertama memasuki kolam, apabila kamu berada di kolam maka kamu harus segera keluar jika tidak ingin terseret ombak keluar kolam. Namun hanya dengan berfoto dengan latar belakang tebing yang mengagungkan saja sudah bisa menjadi kenangan yang tak bisa dilupakan.

Spot Foto Angel’s Billabong Bali

Selain kamu bisa bersantai dan berendam di kolam Angel’s Billabong, kamu juga bisa mengabadikan beberapa spot foto menarik berikut untuk memperkaya galeri sosial media kamu. Berikut beberapa spot dan pose foto yang bisa kamu dapatkan di Angel’s Billabong Bali.

1. Duduk di Pinggir Kolam Angel’s Billabong

Spot Foto Angels Billabong Nusa Penida Bali

2. Berenang atau Berendam di Kolam

Spot Foto Berenang Angels Billabong Nusa Penida Bali

3. Di Pinggiran Karang

Spot Foto Duduk di Batu Angels Billabong Nusa Penida Bali

Baca Juga: Pantai Blue Lagoon, Mencari Ketenangan Diri di Karangasem Bali

Rute Lokasi Angel’s Billabong Bali

Rute Lokasi Angels Billabong Nusa Penida Bali

Akses menuju lokasi Angel’s Billabong ini kamu harus menyebrang terlebih dahulu ke Nusa Penida. Apabila dari Sanur kamu dapat menyebrang menggunakan speedboat dengan waktu tempuh sekitar 1 jam, kemudian dilanjut perjalanan darat menggunakan kendaraan yang bisa kamu sewa di sekitar dermaga menuju Desa Bunga Mekar, Nusa Penida.

Jika ingin mengunjungi destinasi ini ada baiknya untuk menggunakan jasa lokal, mengingat tempat wisata ini cukup sulit dijangkau dengan infrastruktur jalan yang rusak karena masih belum mendapat perhatian dari pemerintah kota ditambah sinyal operator yang kurang memadai di beberapa lokasi terpencil.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Angel’s Billabong Bali

Fasilitas dan Harga Masuk Angels Billabong Nusa Penida Bali

Berkunjung ke Angel’s Billabong ini masih gratis. Tidak dikenakan biaya tiket masuk sepeserpun ke destinasi, hanya saja untuk parkir kendaraan akan dikenai biaya Rp 5000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Jangan khawatir walaupun tempat wisata ini jauh dari pusat keramaian, namun kawasan ini memiliki beberapa fasilitas umum yang tersedia seperti toilet, area parkir dan warung- warung.

Gimana, tertarik mengunjungi destinasi Angel’s Billabong ini?

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini