Mengenal Bunga Wijaya Kusuma, Bunga dengan Julukan Sang Ratu Malam

Mengenal Bunga Wijaya Kusuma, Bunga dengan Julukan Sang Ratu Malam
info gambar utama

Kawan GNFI, tahukan kamu tentang Bunga Wijaya Kusuma? Tanaman yang memiliki bunga sangat cantik ini ternyata sering dikaitkan dengan hal mistis ini. Sebelum itu, ada baiknya jika mengenal tanaman yang satu ini terlebih dahulu.

Nama tanaman ini berasal dari kata “Wijaya” yang berarti kemenangan dan “Kusuma” berarti mutlak. Bunga Wijaya Kusuma merupakan jenis bunga kaktus yang memiliki nama ilmiah Epiphyllum anguliger.

Termasuk tanaman hias yang bersifat epifit atau tumbuh di permukaan tanaman lain. Namun bukan berarti tanaman ini parasit, epifit memiliki arti tanaman yang memperoleh nutrisi dari kelembaban lingkungan sekitar, seperti udara dan air hujan. Tanaman yang memiliki bunga cantik ini berasal dari Venezuela, Amerika Selatan.

Bunga ini tahan banting dan tahan di cuaca yang paling panas sekalipun. Oleh karena sifatnya yang kuat itu, maka pedagang Cina pun membawa tanaman ini ke Indonesia lewat jalur laut, ketika masa kerajaan Majapahit.

Pesona kecantikan bunga ini seketika semakin populer di Indonesia membuat orang-orang berusaha untuk mendapatkan dan menanamnya sendiri di rumah. Apalagi banyak beredar mitos mengenai manfaat menanam tanaman ini dirumah, menjadikan tanaman ini paling dicari-cari. Oleh karena itu, erikut Kawan GNFI sampaikan beberapa fakta menarik mengenai Bunga Wijaya Kusuma.

1. Mengandung Mistis

Bunga Wijaya Kusuma, bunga indah yang mekar di malam hari serta diliputi berbagai kisah mistis

Bunga Wijaya Kusuma ini terkenal mistis, pasalnya bunga ini konon menjadi tanaman kesayangan Ratu Selatan. Selain itu di masyarakat Jawa mempercayai bunga tersebut merupakan sesajen khusus untuk Nyi Roro Kidul, sehingga bunga ini dipercaya erat ada kaitannya dengan ilmu gaib.

Kelopak bunga Wijaya Kusuma digambarkan sebagai sosok anak yang lahir cacat dari putri yang menikah dengan sosok gaib saat mengasingkan diri ke Pantai Selatan untuk menghindari pernikahan yang tak diinginkan.

2. Dikenal Sebutan Ratu Malam

Kuncup Bunga Wijaya Kusuma, Bunga yang hanya mekar di malam hari dan menguncup di siang hari

Wijaya Kusuma memiliki kelopak bunga berwarna putih besar dan sangat cantik saat mekar. Uniknya, saat siang hari atau saat cahaya matahari bersinar kelopak bunga ini akan menutup dan hanya mekar di malam hari.

Kelopak bunganya yang besar ini akan mekar dengan sangat cantik dan anggun di tengah kegelapan. Ciri khasnya inilah yang membuat bunga satu ini dijuluki dengan Ratu malam atau Queen of the night.

Baca Juga: Makhluk-Makhluk yang Beraktivitas saat Gerhana Bulan Total

3. Terkenal dengan Banyak Mitos

Bunga Wijaya Kusuma (Epiphyllum Oxypetalum), Bunga yang memiliki banyak mitos karena kebiasaan uniknya yang mekar di malam hari

Tanaman ini mengandung segudang mitos yang dimiliki. Pada zaman dahulu, tanaman ini menjadi simbol kejayaan dari sebuah kerajaan. Bunga ini dianggap langka karena hanya dimiliki oleh kalangan kerajaan dan orang yang mampu.

Bagi siapapun yang dapat menanam dan menghasilkan Bunga Wijaya Kusuma, maka keturunan dari pemilik tanaman tersebut dipercaya akan sukses. Oleh karenanya, bunga ini dijuluki sebagai bunga kejayaan. Konon, juga ada kabar bahwa siapapun yang melihat bunga ini mekar di malam hari maka akan mendapatkan keberuntungan.

Selain itu, dipercaya bahwa menanam Bunga Wijaya Kusuma pun bisa mendatangkan jodoh bagi penghuni rumah dan dipercaya akan lebih bersinar dibanding dengan orang lain.

4. Memiliki Manfaat Kesehatan

Manfaat dan kandungan Bunga Wijaya Kusuma bagi kesehatan

Dibalik menyimpan segudang mitos dan kemistisan dari tanaman ini, ternyata tanaman ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Bunga Wijaya Kusuma efektif digunakan sebagai obat bisul dengan mengoleskan kuntum bunga yang ditumbuk dan diberi air ke bagian tubuh yang bisul hingga benar-benar sembuh.

Selain itu tanaman ini dapat digunakan sebagai nyeri lambung dan radang tenggorokan hingga asma. caranya meminum irisan Bunga Wijaya Kusuma yang dimasukkan kedalam air matang.

5. Diincar Banyak Orang

Bunga Wijaya Kusuma, Sang Ratu Malam yang hanya mekar di malam hari dan bunga yang indah

Akibat dari mitos yang beredar, tidak heran jika tanaman ini banyak yang mengincarnya. Di Indonesia tanaman ini populer di kalangan tanaman hias karena pesonanya yang cantik.

Banyak pecinta tanaman hias mencari jenis tanaman ini untuk dikoleksi, karena tanaman hias ini dianggap pembawa keberuntungan dan dijadikan simbol akan mendapatkan rezeki. Terlepas dari mitos dan mistis yang beredar, bentuknya yang klasik dengan bunganya yang cantik membuat taman rumah terlihat lebih elegan.

Itu dia 5 fakta menarik mengenai Bunga Wijaya Kusuma. Apakah kamu tertarik untuk menanam Bunga Wijaya Kusuma ini?

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini