Hidup ala Suku Asli Amerika di Kampung Indian Kediri

Hidup ala Suku Asli Amerika di Kampung Indian Kediri
info gambar utama

Indian termasuk suku asli Amerika dengan kelompok terbesar se-benua merah. Mereka diperkirakan telah menghuni Amerika Serikat sejak 15000 tahun silam. Penduduknya memiliki ciri khas berambut hitam lurus, mata hitam, kulit cokelat kemerahan, wajah lebar, dan tulang pipi menonjol.

Sebanyak 547 suku Indian kini telah diakui keberadaannya secara federal. Sejarah dan keunikannya sangat menarik untuk dikulik. Tak perlu jauh-jauh ke Amerika untuk menyambangi suku ini, sekarang ia dapat ditemukan di Indonesia, lebih tepatnya di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Ada satu tempat wisata menarik yang saat ini tengah naik daun. Namanya Kampung Indian atau Indian Village. Baru dibuka untuk umum pada 2017, tempat wisata yang satu ini langsung digandrungi para penggila tamasya se-kabupaten Kediri.

Kampung Indian terletak di Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Sesuai namanya, tempat ini disulap layaknya perkampungan suku Indian di Amerika. Di sana ada replika teepees, rumah tradisional khas suku Indian berbentuk seperti tenda. Rumah ini biasa dihuni oleh para pengembala suku Indian untuk mencari tanah yang ditumbuhi rumput subur bakal pakan ternak mereka.

Rumah teepes berbentuk kerucut, kerangkanya terbuat dari kayu, aslinya dibalut kulit kerbau, dan dirancang mudah untuk dibongkar pasang karena mereka biasanya hidup berpindah-pindah.

Asal Usul Talang Mamak, Suku Asli Pedalaman Riau Warisan Datuak Parpatiah Nan Sabatang

Tak hanya rumah teepes, di Kampung Indian Kediri, Anda juga bisa mengenakan pakaian khas suku Indian lengkap dengan penutup kepala tiruan khas kepala suku yang aslinya terbuat dari bulu burung elang. Indah sekali.

Nah, suasana akan semakin seru ketika beberapa orang menari tarian khas suku Indian yang menghentak penuh semangat. Sayangnya, mereka hanya tampil pada waktu tertentu saja. Jika beruntung, Anda bisa melihat tarian energik yang membangkitkan semangat itu. Anda benar-benar hidup ala suku Indian di sini.

Luas kampung ini berkisar 0,56 hektare. Ia dikelilingi pohon sengon dan nanas. Selain itu, Kampung Indian juga dilengkapi kolam renang dan rumah pohon. Secara spesifik, Kampung Indian berlokasi di lereng Gunung Kelud. Pemandangan dataran tinggi siap memanjakan mata wisatawan.

Menikmati wisata ala suku Indian di sini tak perlu bayar mahal. Hanya dengan Rp5000 saja, pengunjung sudah bisa masuk dan bertamasya sepuasnya.

Kampung Indian juga sangat cocok menjadi tempat berfoto ria. Jika ingin tampil dengan penutup kepala tadi, Anda perlu menyewanya dengan merogoh kocek Rp5000 saja. Di samping itu, parkir mobil dikenakan tarif Rp10000. Udara di sana sangat sejuk. Anda dan keluarga pasti betah berlama-lama di tempat ini.

Selain mencoba berbagai pernak-pernik khas suku Indian, di kampung ini Anda juga bisa melihat pemandangan dari rumah pohon. Inilah tempat paling tinggi yang bisa Anda naiki di daerah itu.

Nah, setelah ini, Kampung Indian bisa Anda masukkan ke dalam daftar tempat yang wajib Anda kunjungi kala berlibur di akhir pekan. Ajak keluarga dan orang terkasih untuk bersama-sama mengenal suku Indian di kota Kediri.

Mengenal Suku Mandar, Pelaut Hebat dari Sulawesi Barat

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini