Musik Angklung Akan Meriahkan Piala Dunia Qatar 2022

Musik Angklung Akan Meriahkan Piala Dunia Qatar 2022
info gambar utama

Angklung adalah alat musik khas nusantara unik yang terbuat dari bambu yang sudah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia. Tepat pada hari ini, 16 November, diperingati sebagai Hari Angklung Nasional. Halaman awal Google juga turut merayakan hari angklung.

Tak cuma itu, berkaitan dengan pelaksanaan piala dunia yang berdekatan dengan hari angklung ini, ada satu hal yang cukup menarik perhatian, yaitu adanya pementasan angklung di acara tersebut.

Perhelatan sepakbola akbar Piala Dunia Qatar 2022 sendiri sudah tinggal menghitung hari saja. Berbagai negara pun sudah mempersiapkan tim terbaiknya untuk bertanding dalam ajang kompetisi sepakbola terbesar di dunia ini.

Bicara soal piala dunia, tentunya tidak hanya sekedar pertandingannya yang menarik perhatian. Ada berbagai hal yang juga turut memeriahkan pelaksanaannya, mulai dari upacara pembukaan hingga berbagai pertunjukan kesenian yang dilakukan dengan kolaborasi dari berbagai pihak. Termasuk salah satunya kehadiran angklung.

8 Penyelenggaraan Piala Dunia Termahal Sepanjang Sejarah

Dipentaskan oleh Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo | mongabay.com
info gambar

Hadirnya angklung dalam gelaran piala dunia yang dilangsungkan di Doha ini merupakan kerjasama dengan Katara Cultural Village Foundation, sebuah yayasan kebudayaan asal Qatar yang kerap melakukan pementasan kesenian dan berbagai kegiatan budaya lain.

Yang mana, dalam pesta olahraga tersebut, Katara Cultural Village Foundation juga bekerjasama dengan kantor-kantor kedutaan negara untuk menampilkan berbagai kesenian khas dari negaranya. Termasuk untuk angklung ini.

Adapun beberapa negara lain yang juga turut memeriahkan pementasan kesenian pada perhelatan piala dunia 2022 ini adalah Paraguay, Republik Dominika, Uruguay, Ekuador, Bosnia, Rusia, Meksiko, dan Iran dengan berbagai jenis kesenian yang berbeda-beda.

Bersama dengan Kedutaan Besar Indonesia, nantinya pelaksanaan angklung ini akan dipentaskan oleh Saung Angklung Udjo. Melansir dari situs resmi Kata Foundation, Pementasannya sendiri akan dilaksanakan dari 18-28 November 2022 di gedung Katara Al-Ibdaa Courtyard.

Selain angklung, ada pula penampilan batik khas Nusantara yang juga turut menyajikan cara pembuatan batik secara tradisional dan berbagai filosofi yang terkandung di dalamnya. Jadwalnya sendiri akan dilaksanakan pada 1-8 Desember 2022.

Saung Angklung Udjo dan Visinya dalam Melestarikan Budaya serta Seni Khas Sunda

Menjadi sarana pengenalan seni dan budaya

qatar2022.qa
info gambar

Dikutip dari siaran pers Katara, pelaksanaan piala dunia di Qatar ini juga menjadi sebuah pelaksanaan olahraga yang berbeda dari yang lainnya. Yang mana, nantinya akan menggabungkan pesta olahraga, seni, dan kebudayaan.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Dr Khalid Ibrahim Al-Sulaiti selaku General Manager Katara.

“Pada pelaksanaan piala dunia ini, para tamu akan menyaksikan sejumlah kegiatan yang penuh dengan kreativitas dan inovasi di mana budaya Qatar dan dunia akan bersinar bersama dengan acara kebudayaan dari Katara,” kata Dr Khalid Ibrahim Al-Sulaiti.

Dalam acara yang menjadi bagian piala dunia yang dilaksanakan Katara ini, setidaknya ada 300 kegiatan dari 22 negara. Mulai dari pameran, konser, festival, pertunjukan langsung, serta event yang akan berlangsung dari 18 November sampai 18 Desember 2022.

Piala Dunia Qatar 2022 Akan Jadi yang Termahal Sepanjang Sejarah, Berapa Biayanya?

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

MM
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini