Pemandian Air Panas Banyuwedang, Relaksasi Diri di Tepi Laut Bali

Pemandian Air Panas Banyuwedang, Relaksasi Diri di Tepi Laut Bali
info gambar utama

Pulau Dewata memang terkenal akan keindahan laut pantainya yang menawan. Tapi siapa sangka ternyata di Pulau ini juga memiliki sejumlah pemandian air panas yang tak kalah menarik sebagai objek wisata.

Bosan dengan wisata pantai, kamu bisa mengunjungi objek wisata alternatif di Bali, salah satunya yaitu Pemandian Air Panas Banyuwedang atau biasa dikenal dengan nama Banyuwedang Hot Spring Water. Tempat ini bukan hanya menawarkan pemandian air panas saja melainkan juga pemandangan alam yang tak kalah menawan.

Pemandian Air Panas di Tepi Laut

Pemandian Air Panas Banyuwedang di Buleleng Bali, Pemandian air panas alami dengan pemandangan tepi pantai

Pemandian Air Panas Banyuwedang ini berada di jalur Gilimanuk - Denpasar tepatnya terletak di Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Bagi warga lokal, objek wisata Banyuwedang tentu tak asing lagi. Di Kabupaten Buleleng, tempat ini menjadi kawasan wisata yang cukup diminati.

Uniknya tempat Pemandian Air Panas Banyuwedang ini terletak di tepi laut, sehingga memiliki daya tariknya tersendiri yang dapat juga menyaksikan panorama keindahan alam laut dengan dikelilingi hutan bakau. Di Bali memang tidak banyak tempat pemandian air panas yang dekat dengan pantai. Kebanyakan pemandian air panas berada di Kawasan dataran tinggi pegunungan seperti contohnya pemandian air panas Toya Bungkah di Kintamani.

Tapi lain halnya dengan Pemandian Air Panas Banyuwedang yang dekat dengan pantai. Berkunjung ke tempat ini bisa menjadi pilihan yang ideal karena dapat melepas penat dari kesibukan aktifitas sehari-hari. Suasananya yang tenang, indah dan nyaman cocok untuk tempat menyepi dan menjauhkan diri dari keramaian sambil merasakan terapi alam.

Fasilitas di Pemandian Air Panas Banyuwedang Bali

Fasilitas Pemandian Air Panas Banyuwedang di Buleleng Bali, sumber air panas alami dengan pemandangan tepi pantai

Adapun keunikan lainnya dari objek wisata ini, yaitu sumber air panas yang akan tetap muncul mengalir di bawah air walau air laut sedang pasang. Sehingga untuk mengantisipasi sekaligus menampung air panas dengan volumenya yang sangat besar ini, dibuatlah tanggul berbentuk lingkaran untuk menampungnya agar jika saat air laut pasang, aliran air panas tersebut tidak bercampur dengan air laut sekitarnya.

Ketika berkunjung ke Pemandian air panas ini tak perlu khawatir akan fasilitas yang diberikan disini. Mulai dari area parkir, kamar mandi ruang ganti, loker penitipan, kantin hingga restoran dengan harga yang terjangkau.

Apabila datang dari jauh, disini juga menawarkan fasilitas penginapan yang dekat dengan objek wisata ini. Jadi tak perlu khawatir bila mencari akomodasi penginapan disini, sehingga dapat melakukan banyak aktivitas saat berkunjung ke Pemandian Air Panas Banyuwedang tanpa terburu-buru.

Baca juga wisata air panas lainnya: Pemandian Air Panas Guci, Wisata Keluarga dan Relaksasi Diri di Tegal

Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Pemandian Air Panas Banyuwedang Bali

Berendam air panas di Pemandian Air Panas Banyuwedang di Buleleng Bali

Aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Pemandian Air Panas Banyuwedang diantaranya :

1. Berendam Air Panas

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan disini, seperti halnya berendam air panas. Kehangatan dari mata air yang bersumber dari alam yang panasnya mencapai suhu 40 derajat celcius, melalui pemanasan geothermal yang dapat mencairkan mineral padat seperti sulfur atau belerang bermanfaat untuk terapi tubuh, bagus untuk kesehatan kulit yang diyakini dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit.

2. Relaksasi Pikiran dan Tubuh

Selain berendam untuk menyembuhkan beberapa penyakit, disini juga dapat melakukan relaksasi untuk terapi pikiran. Suasana sejuk dengan suara deburan ombak dan alamnya yang indah dapat membuat tubuh dan pikiran kembali fresh. Sehingga rasanya memberi kesan seperti kembali bersatu dengan alam.

3. Melakukan Snorkling & Diving

Di kawasan ini terdapat sebuah dermaga penyeberangan perahu yang dapat mengantarmu menuju Pulau Menjangan untuk melakukan aktivitas sport air seperti diving ataupun snorkling.

4. Hunting Foto

Tak lengkap rasanya apabila belum mengabadikan momen saat berlibur. Berbagai spot disana yang dapat diambil untuk dijadikan latar belakang saat mengambil gambar. Dokumentasikan setiap momen kebersamaan dengan keluarga ataupun teman.

Harga Tiket Masuk dan Rute Lokasi ke Pemandian Air Panas Banyuwedang Bali

Harga tiket dan rute lokasi Pemandian Air Panas Banyuwedang di Buleleng Bali, sumber air panas alami dengan pemandangan tepi pantai

Harga tiket masuk yang dikenakan saat berkunjung ke Pemandian Air Panas Banyuwedang ini tidak merogoh kocek yang mahal. Hanya dikenakan biaya Rp 20.000 saja untuk wisatawan dewasa dan Rp 10.000 saja untuk anak-anak. Pemandian Air Panas Banyuwedang dibuka setiap hari kecuali saat Hari Raya Nyepi, mulai pukul 07.00 - 19.00 WITA.

Lokasi yang dituju saat berkunjung ke destinasi memiliki akses yang terbilang cukup mudah. Jika berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk, jarak yang ditempuh sekitar 20 km. Sementara dari Kota Singaraja berjarak 60 km.

Apabila berangkat dari Denpasar, rute yang dilewati adalah jalan Denpasar - Bedugul - Singaraja atau lewat rute Denpasar - Tabanan dan Jembrana. Waktu yang ditempuh bila berangkat dari Nusa Dua atau Jimbaran adalah sekitar 3,5 jam. Cukup jauh ya jarak tempuhnya apabila dari pusat pariwisata di Bali.

Bagaimana, tertarik mengunjungi Pemandian Air Panas Banyuwedang Bali ini?

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini