Pemandian Air Panas Guci, Wisata Keluarga dan Relaksasi Diri di Tegal

Pemandian Air Panas Guci, Wisata Keluarga dan Relaksasi Diri di Tegal
info gambar utama

Mendekati musim liburan akhir tahun pasti banyak sekali yang mencari referensi destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Memang sudah saatnya membuat rencana liburan bersama keluarga dengan menentukan tempat liburan agar tidak kebingungan nantinya.

Berikut salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur bersama keluarga yaitu Pemandian Air Panas Guci. Mengeksplor tempat wisata Tegal tidak terasa lengkap jika melewatkan salah satu destinasi populer yang satu ini.

Pemandian Air Panas Guci, Sumber Air Panas di Kaki Gunung Slamet

Pemandian Air Panas Guci Tegal, Pemandian air panas umum alami di kaki Gunung Slamet

Pemandian air panas ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Tegal, Jawa Tengah. Disini kamu dapat merasakan sensasi berendam air panas untuk merelaksasi tubuh lelah dan pikiran penat dari aktivitas sehari-hari. Tak heran jika banyak wisatawan yang berlibur ke objek wisata Guci Tegal ini untuk refreshing.

Objek wisata yang paling diminati masyarakat Jawa Tengah ini terdapat di lereng Gunung Slamet bagian utara. Suasana pegunungan yang sejuk ini sangat terasa saat berkunjung kesini, suhu udara pada kawasan ini dapat mencapai 17-20 derajat celcius, sedangkan suhu air panasnya mencapai kurang lebih 41 derajat celcius.

Sumber air panas ini terletak di ketinggian 1.050 mdpl dengan total area sekitar 210 hektar dan terdapat sebuah legenda dimana air panas di Guci dulu diberikan oleh Wali Songo kepada orang yang mereka utus untuk menyebarkan agama islam di Jawa tengah bagian barat yaitu tepatnya di Tegal. Air tersebut ditempatkan dalam sebuah guci yang mana dipercaya air ini dapat mendatangkan berkah, hal itulah yang membuat lokasi tersebut dinamakan Guci.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Air Terjun Terindah Di Jawa Tengah

Spot Menarik di Pemandian Air Panas Guci

Air mancur 13 di Pemandian Air Panas Guci Tegal, Pemandian air panas umum alami di kaki Gunung Slamet

Berkunjung ke tempat ini akan dimanjakan dengan beragam spot terbaiknya. Salah satu spot yang wajib dikunjungi ialah pancuran 13, dimana seperti namanya di lokasi terdapat pancuran air panas sejumlah 13 buah.

Dipancuran tersebut terdapat patung naga yang mana menjadi penanda kala tempat mereka tinggal dihuni oleh pengikut Nyi Roro Kidul yang berwujud wanita yang terkadang menjelma sebagai seekor naga. Air panas di pemandian ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit khususnya penyakit kulit.

Kolam Renang Rindu Alam di Pemandian Air Panas Guci Tegal, Pemandian air panas umum alami di kaki Gunung Slamet

Hal tersebut karena air ini identik memanfaatkan khasiat dari belerang. Selain menyembuhkan penyakit ternyata terdapat kepercayaan orang sekitar apabila mendatangi Pemandian Air Panas Guci pada malam Jumat Kliwon pada pukul 12 malam, karena konon bila berdoa di tempat ini maka permintaanya akan terkabul. Dan banyak sekali pengunjung yang mengunjungi saat malam Jumat Kliwon tiba untuk melakukan ritual tersebut.

Spot lain yang dapat dikunjungi selain pancuran 13 terdapat pancuran 7 dan pancuran 5. Di wisata ini, selain berupa pancuran, juga terdapat kolam renang serta pemandian air panas tertutup. Banyak sekali wisatawan yang melakukan aktivitas berenang maupun berendam disini. Air panas di pemandian ini memiliki air yang jernih, tidak berbau dan tidak berwarna.

Baca Juga: 10 Makanan Legend Khas Pemalang Yang Wajib Kamu Coba

Fasilitas yang Tersedia di Pemandian Air Panas Guci

Fasilitas di Pemandian Air Panas Guci Tegal, Pemandian air panas umum alami dan ada air terjun juga di kaki Gunung Slamet

Fasilitas yang ditawarkan di destinasi ini cukup memadai untuk mempermudah aktivitas berwisata. Terdapat beberapa fasilitas menarik seperti :

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Pemandian air panas
  • Wisata hutan di sekeliling Guci
  • Lapangan tenis
  • Lapangan sepakbola
  • Penginapan dan Villa
  • Bumi perkemahan
  • Warung makan

Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Guci

Pintu Masuk ke Pemandian Air Panas Guci Tegal, Pemandian air panas umum alami di kaki Gunung Slamet

Destinasi yang menyediakan air hangat alami dari perut bumi ini dapat kamu nikmati kapan saja karena dibuka setiap hari selama 24 jam, dengan rute menuju Jalan Objek Wisata Guci, Kalengan, Guci, Bumijawa, Tegal yang berjarak 40 menit dari Kota Tegal. Harga tiket masuk Pemandian Air Panas Guci merogoh kocek sebesar Rp 15.000 - Rp 25.000.

Itulah beberapa informasi mengenai Pemandian Air Panas Guci yang dapat dijadikan referensi ketika berkunjung. Manjakan tubuhmu yang lelah dengan berendam air panas di Guci.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini