10 Makanan Legend Khas Pemalang Yang Wajib Kamu Coba!

10 Makanan Legend Khas Pemalang Yang Wajib Kamu Coba!
info gambar utama

Apakah kamu pernah ke Pemalang?

Kabupaten Pemalang yang berada di jalur utama pantura provinsi Jawa Tengah ini mungkin terkenal akan buah nanas dan kuliner grombyangnya. Tapi tahukan kamu ternyata kota yang memiliki wisata pantai dan gunung ini menyimpan berbagai kuliner khas yang wajib banget kamu cicipi.

Lalu apa saja makanan khas Pemalang ini? Berikut adalah 10 makanan legend khas pemalang yang wajib kamu coba !

Nasi Grombyang

Nasi Grombyang olahan daging sapi atau kerbau berbentuk sup makanan dan kuliner khas Pemalang

Makanan khas Pemalang yang satu ini mungkin sudah kamu kenal. Nasi dengan irisan daging sapi atau kerbau dengan kuah hitam segar dan disajikan dalam mangkuk kecil serta dilengkapi dengan sate sapi atau kerbau bakar.

Asal nama makanan khas ini berasal dari penyajiannya pada mangkuk kecil yang penuh dengan kuah dan isinya sehingga terlihat bergoyang-goyang yang dalam bahasa jawa grombyan-grombyang.

Kamu dapat dengan mudah menemui makanan legend khas ini di seluruh Pemalang, tetapi rumah makan yang paling terkenal menyajikan nasi grombyang terletak di Nasi Grombyang H. Warso, Jalan R.E. Martadinata dan Pak Waridin Jalan Gatot Subroto No. 35 Pemalang.

Lontong Dekem

Lontong Dekem olahan lontong kuliner dan makanan Legend khas dari Pemalang

Olahan lontong ini berasal dari Bahasa Jawa yang berarti direndam atau terendam karena penyajiannya yang direndam dengan kuah seperti lontong sayur. Lontong dekem disajikan dengan irisan lontong lalu disiram dengan kuah santan serta ditaburi serundeng kelapa, kerupuk mie, dan bawang goreng, lalu dilengkapi dengan sate ayam goreng atau kuah.

Keunikan lontong dekem terdapat pada penggunaan satenya yang digoreng atau dengan kuah santan pedas gurih serta serundeng kelapa, juga bahannya yang menggunakan daging bebek atau mentok. Lontong dekem biasa ditemui pada sore hari hingga tengah malam. dan kamu dapat menemukan lontong dekem ini setiap sudut Pemalang.

Apem Comal

Apem comal cemilan, kuliner, dan makanan manis Legend khas dari Pemalang

Jajanan pasar khas Pemalang ini terbuat dari tepung beras sangat mudah kamu temui terutama di kawasan pasar pada pagi hari. Apem comal dibuat dengan tepung beras yang didiamkan semalaman lalu dicampur telur, santan, gula dan tape serta sedikit garam kemudian dibakar atau dikukus.

Cemilan ini biasanya disajikan dengan daun pisang serta memiliki rasa manis dan gurih, dan sangat enak untuk dinikmati dalam keadaan panas.

Ogel Ogel

Ogel ogel oleh oleh, cemilan, dan makanan Legend khas dari Pemalang yang tahan lama Good News From Indonesia

Ogel-Ogel biasanya dijadikan oleh-oleh khas saat berkunjung ke Pemalang. Cemilan ini dibuat dengan tepung beras ketan, serta gula, garam, keju dan rempah-rempah. Ogel-ogel lalu dibentuk panjang seperti ulat dengan tekstur renyah dan gurih.

Makanan khas Pemalang ini juga tahan lama sehingga bisa dijadikan buah tangan ketika kamu berkunjung ke Pemalang.

Sate Loso

Sate Loso, Sate sapi atau kerbau kuliner dan makanan Legend khas dari Pemalang

Kabupaten Pemalang juga memiliki olahan sate yang khas. Sate Loso yang terbuat dari daging kerbau atau sapi yang telah dibacem terlebih dahulu sebelum dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang serta cabai merah.

Sate ini mendapatkan namanya dari penemunya yang bernama Pak Loso yang sekarang dapat kamu temui di seluruh Pemalang. Kamu dapat mengunjungi Sate Loso Pak Mul di Jalan Kelud dan RM Sate Loso Pah In di Jalan Urip Sumoharjo Pemalang.

Nasi Megono

Nasi Megono makanan dan kuliner sarapan pagi Legend khas dari Pemalang

Sajian nasi yang ini terdiri dari nangka muda yang dicincang halus dan ditambahkan bunga kecombrang, kelapa parut serta rempah-rempah lainnya yang lalu dikukus selama 1 - 1,5 jam. Nasi megono paling cocok disajikan dalam keadaan panas dengan tampilan warna kuning kecoklatan serta rasa gurih dari kelapa parut dan biasanya disajikan bersama orek tempe, telur balado, serta es teh manis.

Jika tertarik mencoba, nasi megono ini dapat kamu temui di setiap rumah makan di Pemalang dan biasa disajikan sebagai menu sarapan pagi.

Manisan Nanas Madu

Manisan Nanas Madu Belik oleh oleh dan makanan Legend khas dari Pemalang

Pemalang memiliki dataran tinggi yang subur menjadi salah satu penghasil nanas madu terbesar di Indonesia. Oleh karena itu masyarakat Pemalang mengolahnya menjadi cemilan khas yang dapat dijadikan oleh-oleh seperti manisan nanas madu ini.

Manisan nanas madu memiliki rasa asam dan manis yang segar serta disajikan dalam keadaan kering, sehingga tahan lama serta mudah untuk disimpan. Kamu dapat dengan mudah menemui oleh-oleh khas Pemalang ini di sepanjang jalan Kecamatan Belik.

Pecak Belut

Pecak Belut Makanan dan Kuliner Seafood bercita rasa pedas dan gurih Legend dari Pemalang

Jika kamu menyukai olahan belut, maka kamu dapat mencicipi makanan khas Pemalang yang satu ini. Pecak belut ini terdiri dari belut goreng yang diulek dengan sambal terasi dan diguyur dengan santan serta disajikan bersama dengan sayur daun pepaya, timun, dan tauge.

Rasa gurih dan pedas dari belut pecak dan sambal terasinya ini sangat nikmat jika dimakan dengan nasi panas serta es teh manis. Untuk lokasinya kamu dapat mengunjungi Pecak Welut Bu Niti di Jalan Raya Tegal Mlati, Petarukan.

Kepiting Gemes

Kepiting Gemes Makanan dan Kuliner Seafood Legend dari Pemalang

Bagi kamu pecinta seafood, Pemalang juga tersedia makanan khas berupa kepiting soka dengan berbagai sausnya yang hitam dan pedas. Kepiting gemes sendiri berasal dari kepiting yang bercangkang lunak atau shoft shell crab sehingga dapat dinikmati bersama cangkangnya lalu dimasak dengan bumbu kluwak dan gula merah.

Kepiting gemes biasanya disajikan dengan direbus dan ditumis dengan bumbu manis pedas serta gurih khas kepiting soka. Jika tertarik mencicipinya, kamu bisa berkunjung ke Kepiting Gemes Pak Mamo di Jalan Urip Sumoharjo, Pelutan.

Kraca Bumbu Kuning

Kraca Keong Bumbu Kuning Makanan dan Kuliner Seafood Legend dari Pemalang

Kraca atau tutut ini merupakan salah satu makanan khas Pemalang yang mungkin jarang kamu dengar. Olahan keong sawah ini biasa disajikan dalam bentuk utuh bersama cangkangnya serta kuah kuning segar dan nasi panas.

Mungkin kamu akan kesulitan menemukan olahan keong yang satu ini karena biasanya disajikan berdasarkan musim panen sawah. Tetapi jika tertarik biasanya kraca atau tutut ini dapat kamu temui di rumah makan yang biasa menyediakan olahan pecak belut tadi.



Setelah membaca daftar makanan khas unik dan legend dari Pemalang tadi, kira-kira mana nih yang mau kamu coba dulu?

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini