Saksi Kejayaan Industri Gula yang Bawa Kemakmuran Bagi Situbondo

Saksi Kejayaan Industri Gula yang Bawa Kemakmuran Bagi Situbondo
info gambar utama

Dua abad yang silam, Situbondo pernah mengalami masa keemasan. Hal ini karena perkembangan agrobisnis sekitar tahun 1830 yang sangat menonjol dibuktikan dengan pembangunan beberapa pabrik gula di Kabupaten Situbondo.

Karena itulah Kabupaten Situbondo tidak hanya dikenal sebagai Kota Santri, tetapi juga layak dijuluki Kota Gula di Pulau Jawa. Karena pada masa kejayaannya, hampir setiap kecamatan di kota ini terdapat pabrik gula.

Dimuat dari Radar Banyuwangi, setidaknya ada lima pabrik gula yang terdaftar di Dinas di Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Situbondo. Yakni PG Geemas, PG Wringinanom, PG Olean, PG Pandjie dan PG Asembagus.

Sejarah Tersembunyi Landasan Pesawat Cikasur-Argopuro

Kejayaan industri gula ini sudah terlihat dari masa kepemimpinan Raden Prawirodiningrat I di tahun 1830, kekuasaannya selanjutnya selanjutnya diganti oleh Raden Prawirodiningrat II yang terjadi perkembangan ekonomi yang sangat menyolok.

“Saat itu pada zaman kekuasaan Raden Prawirodiningrat II, Kota Santri ini dibawa menjadi pusat perkembangan ekonomi yang sangat mencolok dengan berdirinya PG-PG,” ucap Kadiskoperindag Situbondo, Nugroho.

Bahkan karena jasanya itu, pemerintah Belanda memberikan hadiah ke Prawirodiningrat II berupa kalung emas dengan bandul singa. Wilayahnya pun cukup luas hingga sampai ke daerah Probolinggo.

Alasan pilih Situbondo

Ketua Dewan Pembina Asosiasi Petani Tebu Rakyat (APTR) Muhammad Arum Sabil menyebut besarnya potensi Situbondo untuk industri gula. Hal inilah yang menyebabkan Belanda memilih kota ini sebagai pusat pengolahan tebu.

“Di Situbondo ini potensinya sangat bagus, karena indikasi geografis di sini sangat cocok untuk tanaman tebu. Inilah yang menjadi alasan Belanda mendirikan enam pabrik gula di Situbondo,” ujarnya yang dimuat Liputan6.

Sofyan Hadi, salah satu pemuda asal Situbondo mengungkapkan bahwa Belanda sebenarnya paham dengan potensi Situbondo. Pendirian pabrik gula itu juga menyokong pengembangan bisnis kopi di kawasan Gunung Ijen termasuk daerah Kayumas Situbondo.

Menikmati Suasana Ala Sabana Afrika di Taman Nasional Baluran

Namun seiring perkembangan zaman, sedikit demi sedikit, kejayaan PG yang ada di Kota Santri mulai meredup. Hal ini karena banyaknya persaingan. Terbukti dari lima PG yang ada, dua di antaranya sudah gulung tikar, karena tidak produksi lagi.

Selain karena persaingan, minimnya bahan baku produksi juga menjadi penyebab sejumlah PG di Situbondo gulung tikar. Walau pabrik gula ini merupakan warisan zaman Belanda, tentunya persaingan tidak bisa dihindarkan.

“Kita tidak pernah menyalahkan persaingan bisnis antar perusahaan, karena memang itu hal yang wajar dalam dunia industri,” jelasnya.

Jadi tempat wisata

Kini walau sudah tutup, potensi wisata pabrik gula di Situbondo masih sangat menjanjikan. Salah satunya tujuan wisata adalah PG Olean yang merupakan salah satu pabrik gula tertua di Hindia Belanda.

PG Olean terakhir menjadi milik Fa.Anemaet & Co. Ketika Indonesia merdeka, kepemilikan pabrik diambil alih pemerintah Indonesia dengan nama Pusat Perkebunan Negara. PG Olean pun dinilai sangat strategis oleh kalangan perusahaan wisata.

“Rata-rata wisatawan mancanegara datang dari Surabaya, tujuannya ke Bromo, lalu ke Banyuwangi. Di PG Olean nanti bisa mampir, karena searah,” kata Dyah Ayu Tisnawati, CEO Biro Perjalanan Wisata Bayu Citra Persada yang dimuat Kompas.

Ritual Sakral Pemanggil Hujan dari Situbondo

Dirinya menyambut baik bila PTPN XI mengembangkan PG Olean sebagai destinasi wisata pabrik gula, karena selama ini di Jawa Timur belum ada wisata semacam itu. Tetapi dirinya mendorong agar objek wisata itu dikemas secara profesional.

Samuel Mahendra, seorang pegawai keuangan PG Olean menjelaskan bahwa selama ini semua pengunjung adalah wisatawan mancanegara khususnya dari Belanda. Mereka hanya ingin bernostalgia mengelilingi kebun tebu dengan lokomotif uap.

“Mereka hanya bernostalgia, bahwa bangsanya dulu adalah pendiri pabrik gula dan berkeliling kebun tebu dengan kereta lokomotif uap,” ujarnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini