Mengenal Lobi-Lobi, Si Kecil Masam Berbuah Merah Terang

Mengenal Lobi-Lobi, Si Kecil Masam Berbuah Merah Terang
info gambar utama

Indonesia memang diberkati kekayaan sumber daya alamnya yang melimpah tak terkecuali berbagai macam jenis flora yang tersebar di seluruh daerah. Sebagai warga kita harus menjaga dan melestarikan kekayaan alam yang dimiliki oleh negeri kita sendiri.

Banyak sekali jenis tanaman yang mungkin masih asing terdengar di berbagai telinga orang. Salah satunya adalah tanaman Lobi-Lobi. Pernahkah kamu mendengar buah Lobi-Lobi?

Lobi-Lobi merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh di Indonesia dan disebut sebagai tanaman peneduh. Penyebaran tanaman ini berasal dari beberapa negara seperti Sri Lanka, Botswana, Kamerun, Republik Demokratik Kongo, Zimbabwe, India, Indo-Cina, Indonesia, dan Cina Selatan.

Buah Lobi-Lobi, buah unik asal Indonesia yang kaya manfaat

Di Indonesia, tanaman yang memiliki nama latin Flacourtia inermis ini banyak tumbuh di hutan Maluku dan Minangkabau. Di Minangkabau masyarakat menyebutnya dengan buah Lubi-Lubi dan biasanya tanaman ini hidup liar menjalar di kebun-kebun atau hutan tropis. Namun keberadaan buah Lobi-Lobi terhitung sulit ditemukan karena tidak banyak yang membudidayakan tanaman satu ini.

Ciri morfologi tumbuhan Lobi-Lobi memiliki pohon mencapai ketinggian 3-10 m. Daunnya berbentuk bulat telur berwarna merah muda dengan panjang 8-20 cm dan lebar 3-15 cm.Tanaman ini memiliki buah seperti ceri dengan bentuk agak bundar, berwarna merah tua dan berbiji lebih dari satu atau dikotil. Lobi-Lobi berbunga pada bulan Januari-Februari, sedangkan buahnya masak pada bulan Mei dan Juli.

1. Bentuknya yang Mirip Beberapa Buah

Buah Lobi-Lobi, memiliki kemiripan dengan buah ceri, kersen, dan plum

Tanaman Lobi-Lobi menghasilkan buah yang memiliki bentuk yang bulat berukuran kecil dengan warna merah saat sudah masak dan hijau saat belum masak. Bentuknya yang seperti itu terlihat mirip seperti cerry, anggur, kersen, bahkan juga mirip plum.

2. Rasa yang Sangat Masam

Buah Lobi-Lobi berwarna merah terang berbentuk bulat telur dan rasa yang asam

Meski sudah masak dan berwarna merah, rasa buah ini berbeda dari buah lainnya yang identik manis saat sudah masak dengan warna merahnya. Buah Lobi-Lobi memiliki rasa yang cenderung asam bahkan ditemukan rasa yang sangat masam sehingga membuat mata jadi merem melek saat mencicipinya.

Baca juga artikel mengenai buah asli Indonesia lainnya: Mengenal Matoa, Tumbuhan Berbuah Manis Asal Papua

3. Kandungan Antioksidannya yang Tinggi

Bunga dari Tumbuhan Lobi-Lobi, Pohon buah berwarna merah terang berbentuk bulat telur dan rasa yang asam

Dibalik rasa buahnya yang sangat masam, buah Lobi-Lobi memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan ini didalamnya mengandung senyawa fenol dan flavonoid yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan fenol dan flavonoid pada buah ini berfungsi melawan radikal bebas yang dapat melemahkan kerja ginjal.

Flavonoid merupakan salah satu jenis antioksidan yang memiliki sifat anti peradangan yang dipercaya dapat menurunkan resiko penyempitan pembuluh darah hingga melindungi tubuh dari penyakit alzheimer dan jika kamu rajin mengkonsumsi buah yang mengandung flavonoid, maka akan menurunkan risiko 18% lebih rendah terhadap kematian akibat penyakit jantung.

4. Bermanfaat bagi Kesehatan Tubuh

Buah Lobi-Lobi memiliki kandungan antioksidan dan baik bagi kesehatan

Walau bentuknya kecil, tapi kecil-kecil begini buah Lobi-Lobi cabe rawit karena karena mengandung berbagai macam nutrisi untuk mencegah penyakit berat. Buah Lobi-Lobi dapat melawan zat-zat berbahaya yang dapat melemahkan fungsi ginjal, mencegah penyakit jantung, mengontrol gula darah hingga mengurangi resiko kanker.

Selain fenol dan flavonoid, buah Lobi-Lobi juga memiliki polifenol yang berkhasiat mencegah stroke, jantung serta osteoporosis. Jika memiliki gangguan sistem pencernaan, maka dengan mengkonsumsi buah Lobi-Lobi dapat membantu melancarkan akibat kandungan enzim lipase yang mampu memecah protein dan lemak agar mudah dicerna sistem pencernaan

5. Keberadaannya Mulai Langka

Buah Lobi-Lobi yang kini langka dan sulit ditemui

Dibalik manfaatnya yang sangat kaya. Sangat disayangkan, tanaman ini tidak banyak ditemukan atau sulit ditemukan. Terbilang tanaman ini hampir langka karena tidak banyak yang membudidayakan tanaman Lobi-Lobi ini.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai fakta unik Lobi-Lobi. Jika menemukan dan ingin mencicipinya, buah Lobi-Lobi dapat dikonsumsi secara langsung atau mentah. Namun karena rasanya yang asam, buah ini sering dibuat rujak, manisan ataupun asinan. Sedangkan di beberapa negara, buah Lobi-Lobi diolah menjadi jeli, sirup,selai dan permen.

Resep Simpel dan Mudah Membuat Es Buah Lobi-Lobi

Berikut ini salah satu contoh olahan buah Lobi-Lobi yang dapat diolah menjadi manisan. Yuk intip resepnya!

Bahan-bahan yang diperlukan

  • ¼ Kg buah Lobi-Lobi
  • 3 Sdm gula pasir
  • 2 Sdm sirup cocopandan
  • Garam secukupnya
  • ½ Liter air

Langkah-langkah pembuatan

  1. Cuci buah Lobi-Lobi sampai bersih.
  2. Rendam buah kedalam air yang diberi garam. Diamkan selama semalam.
  3. Tuang gula pasir pada penggorengan. Tambahkan air, rebus hingga air menyusut.
  4. Tambahkan sirup, masak hingga mendidih.
  5. Tambahkan garam secukupnya. Masukkan buah Lobi-Lobi yang telah direndam semalaman.
  6. Masak sebentar buah Lobi-Lobi hingga air hampir menyusut.
  7. Sajikan buah ketika sudah dingin.

Selamat mencoba!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini