9 Pelawak Legendaris yang Nama Aslinya Jarang Diketahui oleh Banyak Orang

9 Pelawak Legendaris yang Nama Aslinya Jarang Diketahui oleh Banyak Orang
info gambar utama

Nama panggung punya pengaruh cukup besar untuk membentuk karakter dari seorang artis. Begitupun dengan dunia lawak yang diisi dan dihiasi oleh orang-orang yang menggunakan nama panggung.

Hal demikian bertujuan untuk memudahkan sosoknya lebih dikenal orang. Namun konsekuensi logis dari menggunakan nama panggung adalah banyak orang pada akhirnya tidak familiar dengan nama asli mereka.

Dari sekian banyak pelawak Indonesia bahkan yang sangat terkenal sekalipun, nama aslinya masih kurang diketahui oleh banyak orang.

Siapa sajakah mereka?

1. Indro Warkop

Drs. H. Indrodjojo Kusumonegoro adalah nama lengkap dari Indro alias yang akrab disapa Pakde Indro ini.

Ia merupakan anak dari seorang Jenderal Polisi dan lahir pada 8 Mei 1958. Kini Pakde Indro satu-satunya anggota grup lawak Warkop DKI yang masih hidup.

Perkenalan Indro dengan grup Warkop dimulai pada 1976 ketika ia masih SMA dan melamar menjadi penyiar radio di Prambors.

Saat itu, rekan-rekan Warkop lainnya seperti Dono, Kasino, Nanu Moeljono dan Rudy Badil membuat program siaran bertajuk obrolan santai yang berbau jenaka dan Indro yang saat itu berusia paling muda diajak bergabung.

Sejak acara obrolan itu mengudara, Indro bersama keempat rekannya akhirnya mulai berkomitmen menjadi komedian dengan nama Warkop Prambors.

2. Komeng

Pelawak yang terkenal dengan jargon “uhuyy” ini ternyata memiliki nama asli yang sangat berbeda. Bernama lengkap Alfiansyah Bustami, S.E kelahiran 25 Agustus 1970 ini lebih dikenal sebagai Komeng.

Ia terkenal sebagai pembawa acara Spontan yang pernah ditayangkan di SCTV sejak 1996 hingga 2003. Ketenarannya berlanjut dengan menjadi brand ambassador dari Yamaha bersama Valentino Rossi.

Komedian yang mengidolakan Benyamin Sueb ini juga pernah menjabani profesi sebagai penyiar Radio SK dan Bens Radio Jakarta tahun 1993 hingga 1996.

3. Opie Kumis

Dialah Muchtar Luthfi atau lebih dikenal Opie Kumis, kelahiran 17 Maret pada 62 tahun silam.

Ia menambahkan kata kumis pada nama panggungnya karena memang ia mengandalkan kumis tebalnya sebagai penanda agar mudah diingat orang.

Namanya mulai dikenal luas masyarakat saat memerankan karakter Havid dalam serial religi Lorong Waktu dan Pak Amor di serial Para Pencari Tuhan bersama Deddy Mizwar.

4. Haji Bolot

Muhammad Sulaeman Harsono atau akrab disapa Haji Bolot alias Bolot adalah pelawak yang dikenal dengan karakter tulinya.

Ia lahir 5 Maret 1942. Bolot sebenanrnya pemain lenong Betawi. Dalam setiap lawakannya, Bolot dikenal sebagai pria yang tunarungu dan hanya dapat mendengar kalau berhubungan dengan wanita, uang & makanan.

Baca juga : 5 grup komedi legendaris Indonesia yang Jarang Diketahui oleh Gen Z

5. Nunung

Jumlah pelawak wanita hanya dihitung jari dan salah satunya adalah Nunung. Bernama asli Tri Retno Prayudati ini lahir pada 5 April 1963.

Sebelum tenar di OVJ, ia sebenarnya adalah seorang pemeran dan pelawak yang lahir dan besar grup lawak legendaris bernama Srimulat.

Kemudian namanya semakin melejit lewat sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang diperankan bersama Rano Karno dan Mandra.

6. Kiwil

Wildan Delta adalah nama lengkap dari seorang pelawak yang dikenal dengan nama Kiwil. Pria yang telah menikah 4x ini lahir pada 10 Agustus 1972 dan merupakan pelawak berdarah Minangkabau.

Ia adalah pelawak yang terkenal pandai menirukan suara da'i kondang, Alm Zainuddin MZ. Kiwil juga beberapa kali mengisi layar lebar seperti Setan Budeg (2008) dan Tusuk Kuntilanak (2009).

7. Tessy

H.Kabul Basuki adalah nama lengkap dari seorang pelawak yang dikenal dengan nama Tessy. Ia lahir 15 Juni 1942 dan merupakan salah satu jebolan grup Srimulat.

Nama panggungnya berasal dari nama putri sulungnya sendiri, yakni Tessy Wahyuni Riwayati Hartatik. Uniknya lagi, meski penampilan panggungnya seperti banci, namun aslinya ia adalah mantan anggota KKO TNI Angkatan Laut (sekarang Korps Marinir). Ia bahkan sempat terlibat dalam operasi pembebasan Irian Barat pada tahun 1961-1963.

8. Parto

Pelawak yang dijuluki mirip Ariel Noah ini ternyata memiliki nama lengkap yang cukup keren yakni Eddie Supono. Laki-laki yang lahir pada 17 April 1961 ini, mendapat nama Parto sejak mengisi acara di radio SK atau Suara Kejayaan.

Parto dikenal sebagai sosok komedian yang populer dengan grupnya, Patrio, bersama Eko dan Akri. Ia juga tenar lewat acara Ngelaba (Ngerumpi Lewat Banyolan) yang tanyang di stasiun TPI, selama beberapa tahun.

9. Cak Lontong

Ir. Lies Hartono adalah nama lengkap dari pelawak bernama Cak Lontong. Pria yang lahir di Magetan, 7 Oktober 1970 adalah pelawak yang terkenal dengan lawakan silogisme.

Ia kerapkali menyusun bahan lawakannya menggunakan premis-premis sederhana dengan bahasa baku terstruktur, namun mengandung logika absurd yang menantang pendengar untuk berpikir.

Ia memulai kariernya dengan grup lawak Ludruk Cap Toegoe di Surabaya. Insinyur alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini terkenal setelah menjadi bintang di Republik BBM asuhan Effendi Ghazali, tampil reguler di stand up comedian (komika) di Stand Up Comedy Show, Metro TV, dan panelis di Indonesia Lawak Klub, Trans 7.

Baca Juga : Perpustakaan Humor Pertama di Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Achmad Faizal lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Achmad Faizal.

Terima kasih telah membaca sampai di sini