Buah Bisbul, Buah Bundar Berbulu yang Kaya Manfaat Kesehatan

Buah Bisbul, Buah Bundar Berbulu yang Kaya Manfaat Kesehatan
info gambar utama

Indonesia dengan hutan hujan tropisnya serta memiliki keanekaragaman hayati yang kaya, tentunya dengan mudah dapat ditemui berbagai jenis varietas flora dan buah-buahan unik yang belum kamu ketahui, salah satunya adalah buah Bisbul.

Pernahkah kamu melihat buah ini?

Buah yang satu ini memiliki dinamai serupa karena menyerupai bola baseball yang berbentuk bulat dan berwarna coklat kemerahan yang terang. Selain itu buah ini juga sudah langka dipasaran dan sangat jarang kamu temui pastinya.

Nah, karena itulah berikut Kawan GNFI rangkum beberapa informasi menarik bagi kamu yang ingin mengenal buah Bisbul ini.

Morfologi dari Buah Bisbul (Diospyros blancoi)

Bunga Buah Bisbul yang berwarna putih dan indah

Buah Bisbul (Diospyros blancoi) merupakan salah satu tanaman yang berasal dari famili Ebenaceae yang masih berkerabat dengan tanaman Kesemek dan Kayu Hitam. Buah ini memiliki ciri morfologi dengan pohonnya yang tidak terlalu tinggi yaitu sekitar 15 meter dengan batangnya yang lurus dan pepagannya berwarna hitam. Daun pada pohon berkumpul lebat dan rapat tumbuh berseling berbentuk lonjong dengan tepi yang rata.

Bagian pangkal daunnya membundar dengan ujungnya yang meruncing. Pada bagian sisi atas daun berwarna hijau tua mengkilat dan pada bagian bawah daun berwarna keperakan dan sedikit berbulu halus. Dan menariknya bunga dari buah Bisbul muncul di ketiak daunnya yang berkelopak dan berwarna putih yang indah.

Buahnya sendiri berbentuk bulat agak gepeng dengan kulitnya yang diselimuti dengan bulu-bulu halus berwarna coklat kemerahan atau merah terang. Saat buah ini masak warnanya akan berubah menjadi agak kusam dengan daging buahnya berwarna putih dengan tekstur yang keras dan padat cenderung kering.

Buah Bisbul yang Beraroma Harum

Daging buah Bisbul berwarna putih dengan aroma harum seperti mentega

Sekilas pada bagian atas buahnya, buah ini mirip dengan buah manggis namun saat dibuka daging buahnya tidak memiliki kelopak seperti manggis. Aroma dari buah Bisbul sangat harum dan keras seperti bau campuran mentega dan durian. Aroma inilah yang membuat buah ini juga disebut sebagai buah mentega selain buah Bisbul atau buah beludru.

Baca juga fakta buah unik lainnya yang ada disekitar kamu: Fakta Unik Buah Kedondong Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Habitat dan Persebaran Buah Bisbul

Habitat dan persebaran pohon buah Bisbul

Pohon buah Bisbul dapat ditemukan di hutan dataran rendah sampai menengah atau di sepanjang jalan dan area terbuka pada ketinggian 100 - 700 mdpl. Tanaman ini dapat hidup hampir di segala jenis tipe tanah dengan musim panen berkisar antara bulan Maret - Mei.

Awalnya buah ini hanya hidup secara liar di hutan primer dan sekunder Filipina. Di Indonesia, penyebaran tanaman satu ini telah memasuki daerah Bogor, Jawa Barat dan sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat di pekarangan.

Konon katanya, buah Bisbul ini tersebar di daerah Bogor karena kepopuleran dan keberadaannya di Kebun Raya Bogor yang didirikan pada tahun 1817. Sayangnya, buah Bisbul kini semakin langka dan sulit ditemukan tidak seperti buah-buahan pada umumnya yang banyak dijual di swalayan, pasar, dan toko buah.

Nutrisi dan Manfaat Buah Bisbul bagi Kesehatan

Morfologi dari tanaman Bisbul seperti batang, daun, bunga, dan buahnya

Mengutip dari laman Indonesia.go.id dalam setiap 100 gram buah Bisbul mengandung 2,8 gram protein, 0,2 gram lemak, 11,8 gram karbohidrat, 1,8 gram serat, 4,6 mg kalsium, 18 mg fosfor, 0,6 mg zat besi, vitamin A, vitamin C, tiamin, roblavin, dan antioksidan yang tinggi. Benar-benar sangat banyak sekali bukan kandungan nutrisinya.

Buah Bisbul tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh salah satunya terdapat kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki saluran pencernaan sampai menjaga kesehatan mata.

Nah, ada kabar baik untuk kaum perempuan yang suka sekali skincare-an, jangan lupa untuk merawat dari dalam tubuh juga salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi buah satu ini. Ternyata buah Bisbul mengandung vitamin A dan C yang dapat mencegah penuaan dini dan menghaluskan kulit.

Aneka Olahan dan Kreasi dari Buah Bisbul

Buah Bisbul, buah unik berbulu yang kaya manfaat bagi kesehatan yang dapat diolah menjadi jus atau isian pie

Rasanya yang unik membuat buah Bisbul banyak dikonsumsi secara langsung atau dalam keadaan segar pasca pemetikan. Buah ini juga sering dijadikan sebagai campuran dalam rujak dan pie buah. Atau jika kamu ingin membuat minuman segar dengan rasa asam dan manis kamu juga bisa mengolahnya menjadi jus buah Bisbul.

Selain buahnya, kayu pohon dari buah Bisbul ini dapat dijadikan sebagai bahan kerajinan karena teksturnya yang halus, kuat dan keras. Tidak jarang tanaman ini juga dijadikan sebagai pohon hias.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini