Mencicipi Sate Ambal Khas Kebumen Dengan Sambal Tempenya Yang Khas

Mencicipi Sate Ambal Khas Kebumen Dengan Sambal Tempenya Yang Khas
info gambar utama

Kuliner Indonesia memang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Cita rasanya yang berbeda di setiap daerah menjadikan keunikannya tersendiri. Salah satunya adalah kuliner nusantara yang menjadi andalan dan pasti di tiap daerah memiliki jenis makanan tersebut.

Apalagi kalau bukan sate, di Indonesia banyak sekali jenis sate yang tersebar. Berbagai versi sate disajikan sesuai dengan karakteristik daerah setempat. Kali ini daerah yang akan kita bahas adalah Kebumen.

Sudahkah kamu mendengar Sate Ambal ?

Sate Ambal Khas Kebumen

Sate Ambal khas Kebumen yang tercipta karena banyaknya daging ayam dan tempe

Di Kebumen memiliki versi satenya sendiri. Sate di daerah tersebut dikenal dengan nama Sate Ambal. Sate yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah ini merupakan sate ayam yang diracik dengan bumbu kuning dan rempah-rempah.

Diberi nama ini karena diambil dari asal daerah itu sendiri yang berasal dari Kabupaten Ambal. Selain itu sate ini dijual oleh penjual yang berasal daerah Ambal, sehingga banyak yang ikut menjual sate tersebut dan menjadikan Sate Ambal terkenal di daerah itu.

Dimana daerah tersebut dahulunya terkenal dengan sabung ayam, sehingga hal tersebut membuat banyak peternakan sehingga daging ayam pun melimpah ruah di daerah tersebut. Sehingga masyarakat sekitar pun mulai mekreasikan jenis sate baru dengan bahan dasar ayam ini.

Baca juga ragam olahan sate lainnya: Sate Buntel, Kuliner Sate Daging Kambing Cincang Asal Solo

Kuliner Sate Ambal ini memang wajib dicicipi saat berkunjung ke daerah Kebumen. Baunya yang harum dengan rasanya yang manis, pedas, gurih sangat menggugah selera. Adapun keunikan dari kuliner Sate Ambal ini. Berikut beberapa keunikan Sate Ambal:

1. Bumbunya Terbuat dari Tempe

Tidak seperti sate pada umumnya yang menggunakan pelengkap bumbu kacang, Sate Ambal memiliki bumbu yang berbeda. Terbuat dari tempe kedelai yang telah direbus dengan bawang putih dan cabai membuat bumbu Sate Ambal ini unik. Perpaduan dari bahan-bahan tersebut menciptakan rasa gurih dan sedikit pedas.

2. Tusuk Sate menggunakan Sodo

Adapun keunikan lain dari kuliner Sate Ambal ini terletak pada tusuk satenya. Jika biasanya sate pada umumnya menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu, berbeda dengan Sate Ambal ini. Sate Ambal menggunakan tusuk sate yang terbuat dari daun kelapa atau disebut sodo, bukan bambu. Tusuk sate yang terbuat dari daun kelapa ini lebih kuat dari bambu, selain itu juga dapat menambah cita rasa Sate Ambal. Tak mengherankan karena letak desa ambal yang berada di pesisir pantai dimana dapat dengan mudah menemukan pohon kelapa.

3. Biasa Disajikan bersama ketupat

Sate pada umumnya disantap menggunakan lontong ataupun nasi. Namun berbeda dengan Sate Ambal. Penyajian makanan tersebut adalah ketupat yang dijadikan pendamping atau teman makan Sate Ambal. Biasanya penyajian bumbu, sate dan ketupat disajikan di tempat terpisah.

Resep Simpel dan Mudah Membuat Sate Ambal

Resep mudah dan simpel membuat Sate Ambal khas Kebumen Jawa Tengah

Setelah mengetahui sedikit informasi mengenai Sate Ambal. Tidak ada salahnya jika kamu ingin membuatnya sendiri dirumah. Bahan yang digunakan dapat dengan mudah kamu temukan untuk membuat Sate Ambal ini. Berikut resepnya.

a. Bahan yang diperlukan

Bumbu Dasar

  • 500 Gr ayam
  • 1.5 Sdm kecap
  • Tusuk sate
  • 4 Siung bawang merah
  • 2 Siung bawang putih
  • ½ Sdm ketumbar
  • ⅛ Sdt jinten
  • 2 Butir kemiri
  • ½ Cm jahe
  • 1 Sdt garam
  • 1 Sdm gula merah

Bumbu Sambal

  • 200 Gr tempe kukus
  • 2 Siung bawang putih
  • 6 Siung bawang merah
  • Cabai sesuai selera
  • 1 Sdm gula merah
  • 1 Sdt garam
  • 500 Ml air

b. Cara membuat

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, kemiri, jahe yang ditambah dengan garam, gula merah dan air.
  2. Lumuri ayam yang telah dipotong dengan bumbu tersebut. Tunggu hingga meresap.
  3. Tusuk daging ayam ke tusukan. Bakar sate sambil oleskan bumbu yang tersisa.
  4. Buat bumbu saus dengan menghaluskan bawang putih, bawang merah, gula merah dan garam.
  5. Tambahkan tempe dan air. Masak hingga matang.
  6. Sajikan Sate Ambal.

Nah itu dia seputar mengenai Sate Ambal khas Kebumen ini. Jika ingin membuatnya di rumah, bisa gunakan resep diatas yaa dan selamat mencoba!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini