Umbul Sidomukti, Wisata Alam Lengkap Di Semarang

Umbul Sidomukti, Wisata Alam Lengkap Di Semarang
info gambar utama

Semarang merupakan salah satu kota tujuan para wisatawan. Selain wisata kulinernya, Ibukota Jawa Tengah ini terkenal dengan wisata yang menawarkan keindahan alamnya. Salah satunya yaitu wisata Umbul Sidomukti yang banyak menawarkan pilihan-pilihan aktivitas wisata yang menarik untuk dinikmati bersama orang tersayang.

Apa itu Umbul Sidomukti Semarang?

Umbul Sidomukti merupakan destinasi wisata milik Siswono Yudo Husodo yang berlokasi di Desa Sidomukti Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Menurut website resminya, Umbul Sidomukti ini memiliki konsep REAL yaitu Recreation, Education, Adventure, and Leisure. Tempat ini menawarkan banyak pilihan rekreasi mulai dari ATV, Paralayang, dan wisata-wisata menarik lainnya.

Ketinggian Umbul Sidomukti

Hal unik dari wisata Umbul Sidomukti ini adalah ketinggian lokasinya yang berada di dataran tinggi. Wisata yang terletak di ketinggian 1.200 mdpl ini menawarkan keindahan pemandangan Kabupaten Semarang. Karena terletak di dataran tinggi membuat udara sekitar sangat sejuk dan nyaman sehingga sangat cocok sebagai pilihan tempat untuk sekedar melepas penat.

Wahana Menarik dan Aktivitas di Umbul Sidomukti

Ada banyak wahana menarik dan beragam aktivitas yang bisa dilakukan di Umbul Sidomukti Semarang ini, diantaranya :

1. Menikmati Pemandangan di Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Pondok Kopi Umbul Sidomukti destinasi wisata alam dan kopi resto hidden gems di Kota Semarang Good News From Indonesia

Di tempat wisata yang berlokasi di Bandungan ini terdapat fasilitas yang bernama Pondok Kopi Umbul Sidomukti. Pondok Kopi ini menawarkan sajian menu kopi yang beragam seperti espresso based coffee, black coffee, manual brew, hingga traditional coffee. Untuk para penikmat kopi, di tempat ini Kawan dapat menikmati kopi hangat sambil memanjakan mata dengan pemandangan sejuknya perbukitan.

2. Mengendarai ATV

Umbul Sidomukti, wisata alam terbuka yang menyajikan jelajah mengendarai ATV di Semarang Jawa Tengah

Tidak perlu takut untuk lelah, untuk kamu para kaum mager kamu juga dapat berkeliling di daerah Umbul Sidomukti dengan menggunakan ATV. Track ATV ini cenderung aman, kamu bisa mengenderai ATV dengan nyaman sembari menikmati sekitar taman di Umbul Sidomukti. Untuk harga sewanya mulai dari Rp50.000 per sesi.

3. Memberi Makan Hewan di Little Ranch

Umbul Sidomukti, wisata alam terbuka yang menyajikan memetik buah dan sayuran serta memberi makan kelinci, kambing, dan hewan di Little Ranch di Semarang Jawa Tengah

Di spot satu ini kamu dapat berkeliling di kebun sayur sambil menikmati alam dengan keluarga. Untuk kamu para orang tua, spot ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran alam untuk anak-anak lho disini kamu dapat berkenalan dengan hewan kelinci, rusa, kambing merino, sampai kambing etawa.

Ada beberapa wahana gratis seperti spot selfie dan playground. Sedangkan jika ingin memberi makan hewan hanya perlu Rp10.000.

4. Uji Adrenalin dengan Flying Fox

Umbul Sidomukti, wisata alam terbuka yang menyajikan wisata Flying Fox di Semarang Jawa Tengah

Nah, untuk kamu yang menyukai tantangan, spot satu ini menyediakan rute flying fox yang menantang adrenalin. Flying fox satu ini memiliki panjang lintasan 110 meter dengan ketinggian 70 meter. Selain itu, rute flying fox menyuguhkan dua pemandangan track yaitu marine bridge dan rapeling menuruni lembah sisi kolam.

5. Olahraga Paralayang

Umbul Sidomukti, wisata alam terbuka yang menyajikan wisata para layang di Gunung Ungaran Semarang Jawa Tengah

Masih dengan spot yang menantang adrenalin, kamu dapat mencoba menjajahi spot satu ini yaitu Paralayang Tandem. Durasi di udara dimulai dari 15 menit hingga setengah jam dengan ketinggian terbang sampai 1.700 mdpl dan akan mendarat di lapangan sepak bola Sidomukti.

6. Gua Tirta Mulya

Umbul Sidomukti, wisata alam terbuka yang menyajikan wisata Gua Tirta Mulya di Semarang Jawa Tengah

Gua satu ini berjarak kurang lebih 1 km dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan ataupun berjalan kaki sekitar 20 menit. Goa yang memiliki panjang kurang lebih 100 meter ini dulunya dijadikan sebagai sumber air oleh masyarakat di lereng Gunung Ungaran.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Hidden Gems Di Kota Semarang

Fasilitas di Umbul Sidomukti

Pondok Wisata dan Panorama

Fasilitas Umbul Sidomukti, wisata alam terbuka yang menyajikan destinasi wisata lengkap di Semarang Jawa Tengah

Di sekitar kawasan Umbul Sidomukti kamu juga dapat beristirahat di villa dan homestay yang nyaman dengan tentunya fasilitas yang memadai. Dengan mengunjungi tempat wisata ini kamu akan disajikan keindahan alam sembari bersantai dan beristirahat bersama orang tersayang.

Taman Renang Alam

Taman Renang Alam Umbul Sidomukti Semarang
info gambar

Selain pondok wisata, di Umbul Sidomukti juga terdapat Taman Renang Alam yang merupakan kolam pemandian terbuka untuk Kamu para pencinta alam.

Wisata Umbul Sidomukti sendiri punya kolam renang terbuka dan bertingkat 3 dengan kedalaman yang berbeda. Ada kolam dewasa dengan kedalaman 1.3m - 1.6m. Sedangkan untuk anak-anak tersedia kolam dengan kedalaman 30 cm.

Air kolam yang digunakan tampak jernih dan menyegarkan karena berasal dari mata air pegunungan yang masih alami. Posisi kolam yang langsung menghadap punggung Gunung Ungaran yang menyajikan pemandangan hijau dan didepannya disajikan pemandangan Kabupaten Semarang.

Rute Lokasi Menuju Umbul Sidomukti

Rute lokasi menuju Umbul Sidomukti, wisata alam terbuka yang menyajikan destinasi wisata lengkap di Semarang Jawa Tengah

Jika kamu berada dari pusat kota Semarang, kamu dapat menempuh waktu sekitar 1 jam dengan melalui pintu tol Gayamsari dan mengikuti jalur Semarang Solo atau Yogya. Kamu akan menemui Pom Bensin Lemah Abang dan jangan lupa ambil arah kanan menuju Bandungan.

Setelah itu, kamu akan menemui pertigaan pasar Jimbaran, kamu perlu maju beberapa meter dan belok kanan. Kamu akan melewati sebuah jalan kecil menuju desa Sidomukti.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti, wisata alam terbuka yang menyajikan destinasi camping ground dan private camping di Semarang Jawa Tengah

Wisata Umbul Sidomukti buka setiap hari dari pukul 08.00 - 18.00 WIB. Untuk kisaran biaya tiket masuk yang perlu kamu keluarkan yaitu Rp 5.000 untuk hari kerja dan Rp 10.000 untuk hari libur.

Dan untuk bisa menikmati aktivitas menarik yang terdapat di wisata Umbul Sidomukti lainnya kamu perlu menyiapkan dana mulai dari Rp 20.000 - Rp 200.000 seperti penginapan, camping ground, dan kolam pemandian.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai objek wisata Umbul Sidomukti yang bisa kamu kunjungi di akhir pekan ini. Selamat liburan dan bersenang-senang ya!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

RS
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini