Ada Eko Yuli Irawan, Lifter Indonesia Beraksi di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022

Ada Eko Yuli Irawan, Lifter Indonesia Beraksi di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022
info gambar utama

Para atlet angkat besi atau lifter Indonesia akan beraksi di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022

Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 dijadwalkan digelar di Bogota, Kolombia, 5-16 Desember. Seluruh pertandingan dilaksanakan di Gran Carpa Américas Corferias.

Ajang ini sekaligus menjadi kualifikasi tahap awal untuk Olimpiade Paris 2024. Di Bogota nanti, para lifter mengumpulkan poin demi mendapatkan tiket putaran final di Paris.

Indonesia ikut serta dengan mengirimkan 12 lifter sebagai wakilnya. Ke-12 lifter yang dikirim adalah gabungan dari nama-nama yang sudah berpengalaman tampil di Kejuaraan Dunia dengan lifter yang belum baru akan pertama kali merasakan tampil di ajang tersebut.

Berdasarkan catatan Antara, ada nama lifter kawakan Eko Yuli Irawan dalam daftar 12 nama wakil Indonesia. Bagi Eko yang turun di kelas 61 kg putra, nantinya ini akan jadi penampilan kesepuluhnya di Kejuaraan Dunia.

Ke-12 nama lifter Indonesia yang berangkat terdiri dari lima lifter putra dan tujuh lifter putri. Di samping Eko, lifter putra yang mewakili Indonesia adalah Ricko Saputra (61kg), Rizki Juniansyah (73kg), Rahmat Erwin Abdullah (73kg), dan Muhammad Zul Ilmi (89kg).

Sementara itu, tujuh lifter putri yang tampil adalah, Windy Cantika Aisah (49kg), Juliana Klarisa (55kg), Natasya Beteyob (59kg), Nelly (59kg), Tsabitha Alfiah Ramadani (71kg), Restu Anggi (71kg), dan Nurul Akmal (+87kg).

Sebelumnya, pada Oktober lalu Indonesia juga turut serta dalam Kejuaraan Asia Angkat Besi 2022 di Bahrain. Total, Indonesia membawa pulang 3 medali emas, 11 perak, dan 10 perunggu. Indonesia duduk di peringkat 7 dalam klasemen akhir perolehan medali. Untuk kategori putri, Indonesia juga menjadi peraih poin terbanyak dengan catatan 631.

Dari Asian Games, Sejarah TVRI Mewarnai Pertelevisian Indonesia

Indonesia di Kejuaraan Dunia Angkat Besi

Kejuaraan Dunia Angkat Besi telah digelar sejak tahun 1891 untuk laki-laki dan 1987 untuk perempuan. Baru pada gelaran tahun 1993 ajang tersebut menggabungkan perlombaan laki-laki dan perempuan pada satu waktu.

Sepanjang keikutsertaannya, Indonesia tercatat punya koleksi 12 medali emas, 17 perak, dan 30 perunggu. Koleksi itu menempatkan Indonesia di peringkat 30 dunia dalam hal perolehan medali.

Pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi edisi sebelumnya yang digelar di Tashkent, Uzbekistan pada 2021, Indonesia meraih satu emas medali emas. Adalah Rahmat Erwin Abdullah yang menjadi penyumbang medali tersebut.

Rahmat Erwin Abdullah tampil di kelas 73 kg. Ia menorehkan total angkatan 343kg. Untuk snatch angkatannya adalah 143kg, sementara clean and jerk-nya 192kg.

Daftar Tuan Rumah ASEAN Para Games dari Masa ke Masa, Malaysia Terbanyak





Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini