Timnas Indonesia Menuju Piala AFF 2022, Bisakah Suporter Merahkan SUGBK Lagi?

Timnas Indonesia Menuju Piala AFF 2022, Bisakah Suporter Merahkan SUGBK Lagi?
info gambar utama

Timnas Indonesia akan berkandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) selama Piala AFF 2022. Akankan suporter bisa membuat stadion memerah lagi?

Kepastian bahwa Timnas Indonesia akan berkandang di SUGBK untuk Piala AFF 2022 didapat pada November lalu. Sebelumnya, stadion mana yang akan jadi kandang Tim Garuda menjadi teka-teki berhubung SUGBK sedang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 sehingga pemakaiannya harus dibatasi ketat.

Sempat ada wacana bahwa Timnas Indonesia akan memainkan laga Piala AFF 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi. Namun, izin penggunaan SUGBK akhirnya resmi turun sehingga Pasukan Garuda bisa memakainya untuk menggelar laga kandang.

Ini tentu menjadi angin segar mengingat SUGBK adalah stadion yang seakan punya tuah bagi Timnas Indonesia. Hanya saja, masih ada pertanyaan lain. Bisakah laga Timnas Indonesia nanti dihadiri penonton?

Sandy Walsh dan Jordi Amat, Senjata Baru Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022

Belum Pasti

Perkara kehadiran penonton menjadi persoalan terkait dengan tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang pada 2 Oktober lalu. Sebagaimana diketahui, saat itu laga Liga antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya berujung ricuh antara suporter dan aparat di stadion yang berujung pada jatuhnya korban tewas dan luka-luka yang mencapai ribuan.

Tragedi mengenaskan tersebut membuat Liga 1 dihentikan sementara. Kini saat Liga 1 sudah bergulir kembali pun pertandingan harus digelar tertutup dan tidak ada penonton yang diperbolehkan hadir di stadion.

Pertanyaan pun muncul, apakah laga Timnas Indonesia nanti juga akan digelar tanpa penonton? Semua pihak tentunya boleh jadi tidak berharap demikian. Namun, sejauh ini belum ada kepastian terkait hal tersebut.

PSSI mengaku akan mengupayakan agar laga Timnas Indonesia di SUGBK nanti boleh digelar dengan penonton.

"Kita tunggu. Kami akan usahakan itu untuk ada penonton. Kami akan menghubungi pemerintah ya," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan seperti dilansir Bolasport.

Kini, keputusan ada di tangan kepolisian. Boleh atau tidaknya penonton datang untuk memerahkan SUGBK tergantung dari izin yang diberikan polisi. Hal demikian seperti dikonfirmasi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora ), Zainudin Amali.

"Polri itu kan, nanti ya," kata Zainudin Amali.

Di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia akan memainkan dua laga di kandang selama fase grup. Dalam dua laga kandang tersebut, anak-anak asuh Shin Tae-yong bertemu dengan menghadapi Kamboja pada Jumat (23/12) dan Thailand pada Kamis (29/12).

Akankah kepolisian mengizinkan penonton hadir dan memerahkan SUGBK saat Timnas Indonesia berlaga nanti? Kita tunggu saja.

Estafet Kepemimpinan Perempuan Indonesia di Induk Sepak Bola ASEAN





Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini