Umbul Pluneng dengan Kejernihan Mata Air Alaminya

Umbul Pluneng dengan Kejernihan Mata Air Alaminya
info gambar utama

Klaten memiliki banyak sekali obyek wisata alam yang indah dan ramai. Jadi, tak heran jika setiap harinya banyak pengunjung dari daerah sampai luar daerah. Wilayahnya terkenal dengan wisata airnya atau biasa disebut dengan umbul karena memiliki tanah dengan sumber air melimpah. Maka, wisata umbul banyak dan berkembang dengan baik di Klaten, salah satu umbul yang cukup terkenal adalah umbul pluneng.

Tempat wisata kolam mata air alami yang menyuguhkan keindahan alam, sejauh mata memandang terhampar sawah yang hijau dan gaharnya gunung berapi. Umbul pluneng terletak di Desa Pluneng, Kecamatan Kebonarum, Klaten. Umbul pluneng memiliki air yang sangat jernih karena di dalam kolam terdapat mata air yang terus mengalir. Kolam umbul memiliki dasar batu dan pasir. Bahka, di kolam juga terdapat jenis ikan. Jadi, selain berenang, di sana kita bisa senam air, terapi, dan dan berfoto-foto di dalam air.

Umbul Pluneng | Foto: Katadesa.id
info gambar

Selain memiliki air yang melimpah, Klaten juga memiliki tanah yang subur. Maka, tidak heran jika peretanian di Klaten terbilang maju karena sumber air yang sangat bagus tersebut. Wisata air seperti umbul pun sangat diminati, tidak hanya anak-anak, tetapi anak muda bahkan orang tua banyak yang menggemari berendam di pemandian umbul pluneng. Ternyata, berendam di umbul punya banyak manfaat bagi kesehatan pada orang tua yang memiliki masalah pada nyeri otot, nyeri sendi, nyeri leher, dan radang sendi. Kegiatan tersebut biasanya disebut dengan Hydro Theraphy.

Ada juga latihan aqua jogging di umbul pluneng. Latihan ini BISA menggunakan alat bantu atau tanpa menggunakan alat bantu. Fungsi dari latihan ini digunakan untuk seseorang yang menderita masalah pada tulang belakang, menguatkan otot, bahkan membantu mengurangi berat badan.

Air umbul pluneng setiap harinya jernih karena sumber air yang digunakan di kolam selalu mengalir dan tidak berhenti keluar dari sumber mata air. Inilah yang terus dijaga, kadar dan kualitas air yang terkandung pada umbul pluneng ini sangat baik, jernih, dan menyegarkan.

“Untuk menjaga kemurnian dan kejernihan air, kami melarang pengunjung meludah di area kolam sehingga kami sediakan tempat tersendiri. Semacam selokan untuk membuang ludah dengan air mengalir,” kata Untung.

Air yang tidak berhenti ini terus mengalir ke sungai yang digunakan masyarakat setempat untuk membuat budidaya ikan, mengairi sawah, dan mencuci kendaraan.

Umbul pluneng ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan masih terawat hingga saat ini. Umbul pluneng sebenarnya terbagi atas dua, masyarakat sekitar membedakan kedua umbul ini dengan sebutan Umbul Tirto Mulyono dan Umbul Tirto Mulyani. Tentu saja tahun demi tahun ada banyak perubahan pada umbul, contohnya pembangunan kolam baru yang ada di Umbul Tirto Mulyono, khususnya untuk anak-anak dengan fasilitas arena bermain yang menyenangkan. Pada dinding di area kolam terlihat gambar yang menarik bagi pengunjung yang ingin berfoto di sana atau merasakan kesegaran mata air yang murni disarankan untuk berendam pada pagi hari

Seara berkala, ada perawatan rutin untuk tetap menjaga air umbul pluneng agar tetap jernih dan alami, yaitu dengan membersihkan lumut di sekitar tembok dan menguras air dengan membuka bendungan yang ada di kolam sehingga kolam bisa dibersihkan sampai dasar.

Referensi: Provinsi Jawa Tengah | Dokter Sehat

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SF
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini