5 Jenis Tanaman Pakis Indoor yang Cantik dan Cocok untuk Hiasan Rumah

5 Jenis Tanaman Pakis Indoor yang Cantik dan Cocok untuk Hiasan Rumah
info gambar utama

Jenis tanaman pakis adalah jenis tanaman yang bisa menjadi alternatif dalam menghias ruangan di rumah Anda. Merawat tanaman memang merupakan hobi yang menarik. Pasalnya, ketika sebuah rumah dihiasi dengan tanaman, maka akan terlihat lebih segar dan indah. Terlebih jika tanaman ini termasuk dalam tanaman hias yang mudah dirawat.

Selain itu, tanaman pakis dikatakan juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu, tanaman pakis sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias rumah Anda. Ada berbagai jenis tanaman pakis yang bisa Anda pilih untuk dirawat. Melansir dari laman Kompas, berikut ini adalah 7 jenis tanaman pakis yang cocok untuk hiasan rumah.

#1 Tanaman Pakis Boston

Jenis tanaman pakis pertama yang cocok untuk dirawat di rumah adalah tanaman pakis boston. Tanaman pakis indoor yang sudah cukup terkenal ini memerlukan lingkungan yang hangat untuk bisa tumbuh dengan baik. Tanaman ini memiliki bentuk daun kecil-kecil yang sangat rimbun. Anda bisa meletakkan tanaman pakis ini di samping jendela untuk mendapatkan kelembaban udara dan cahaya matahari yang pas.

#2 Kimberly Queen Fern

Selanjutnya, jenis tanaman pakis indoor kedua yang cocok untuk dirawat adalah kimberly queen fern. Tanaman ini bisa ditanam langsung di dalam maupun di luar ruangan. Hampir mirip dengan tanaman pakis boston, tanaman ini juga memiliki daun yang lebat. Tanaman pakis kimberly queen fern ini termasuk dalam tanaman pakis yang menyukai lingkungan yang teduh dan lembab. Maka dari itu, Anda perlu memastikan menyiramnya dengan cukup ketika ingin tanaman ini tetap bisa tumbuh dengan baik.

#3 Maidenhair Fern

Maidenhair fern adalah tanaman pakis yang cukup berbeda dengan jenis tanaman pakis lainnya. maidenhair fern memiliki daun yang lebih rapuh dan halus. Tanaman ini sangat sulit dalam menahan paparan sinar matahari. Maka dari itu, maidenhair fern membutuhkan cahaya matahari yang tidak langsung untuk bisa berkembang. Sama seperti sebelumnya, tanaman ini juga suka dengan udara yang lembab.

#4 Bird’s Nest Fern

Jenis tanaman pakis selanjutnya adalah bird’s nest fern. Tanaman ini memiliki daun yang tidak selebat tanaman lainnya. tanaman pakis yang juga biasa disebut sebagai pakis sarang burung ini paling cocok dipelihara oleh pemula karena bisa tumbuh dengan mudah. Tanaman pakis sarang burung ini membutuhkan cahaya yang terang dari matahari untuk bisa tumbuh sempurna. Selain itu, tanaman ini juga hanya butuh disiram air setiap satu hingga dua minggu sekali.

#5 Staghorn Fern

Justhouseplants
info gambar

Jenis tanaman pakis indoor yang juga indah untuk dirawat di rumah selanjutnya adalah staghorn fern. Tanaman pakis jenis ini cukup umum dan mudah ditemui di berbagai tempat. Pasalnya, tanaman pakis ini juga cocok untuk membuat taman dinding vertikal. Tanaman pakis staghorn fern ini memiliki warna putih kehijauan yang cocok dipajang dengan cara digantung. Tanaman pakis ini juga biasa disebut sebagai tanaman pakis tanduk rusa, karena daunnya yang mirip dengan tanduk rusa.

Demikian adalah 5 jenis tanaman pakis indoor yang bisa Anda gunakan sebagai hiasan rumah. Tanaman-tanaman pakis tersebut memiliki tampilan yang eksotis dan mampu menambah keasrian ruangan di rumah Anda. Satu hal yang perlu diperhatikan ketika ingin merawat tanaman pakis adalah perihal kelembaban. Jika Anda ingin tanaman pakis tumbuh dengan baik, maka perhatikan kapan Anda harus menyiram dan kapan tidak perlu.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini