Setelah MotoGP dan World Superbike, Sirkuit Mandalika Bakal Helat Ajang Balap Mobil

Setelah MotoGP dan World Superbike, Sirkuit Mandalika Bakal Helat Ajang Balap Mobil
info gambar utama

Sirkuit Mandalika tak hanya digunakan untuk balap motor seperti MotoGP dan World Superbike. Ada pula balap mobil kelas dunia.

Terkini, Sirkuit Mandalika diketahui akan menghelat balap mobil GT. Hal itu disampaikan oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo.

Akan digelarnya balap mobil di Sirkuit Mandalika direncanakan setelah arena balap tersebut resmi disertifikasi oleh Federasi Otomotif Internasional atau Fédération Internationale de l'Automobile (FIA). Dengan demikian, sirkuit yang terletak di Nusa Tenggara Barat itu dinyatakan layak menjadi tempat balapan kendaraan roda empat.

"Mengenai (sertifikasi) FIA, nanti rencananya akan ada lomba balap mobil GT," ujar Kartika Wirjoatmodjo seperti dilansir Antara.

Sejak diresmikan pada November 2021 lalu, nama Sirkuit Mandalika melambung lewat ajang-ajang balap motor. Tercatat, dua ajang balap motor top dunia yakni MotoGP dan World Superbike telah dua kali sukses diselenggarakan di sana.

Kendati demikian, belum ada pengumuman rinci mengenai nama ajang balap mobil GT yang akan digelar. Tanggal pelaksanaannya pun belum disampaikan kepada publik.

Adapun GT sendiri adalah satu jenis mobil yang kerap digunakan dalam balapan. Menurut laman Motortrend, GT adalah singkatan dari Gran Turismo atau Grand Touring, yakni mobil yang mengusung konsep mobil sport sekaligus mobil mewah.

Dengan konsepnya yang mengombinasikan dua hal, mobil GT juga punya karakteristik yang khas. Mobil GT punya kecepatan mumpuni dan bisa kendalikan layaknya mobil sport, namun di sisi lain juga punya kenyamanan khas mobil mewah yang begitu memanjakan penumpangnya.

Indonesia Bisa Punya Sirkuit Bertaraf Internasional Lagi Selain Mandalika

Balapan yang Tertunda

Jika terlaksana, bisa dibilang bahwa balapan mobil GT di Sirkuit Mandalika nanti adalah balapan yang tertunda. Sebab, ini bukan pertama kalinya ada rencana menggelar balap mobil di sana.

Awalnya, ada rencana agar balapan mobil GT World Challenge Asia digelar di Sirkuit Mandalika pada tahun ini. Namun, rencana itu gagal terwujud karena perkara homologasi.

Homologasi adalah pengecekan dan penilaian agar suatu sirkuit bisa mendapatkan lisensi untuk menggelar suatu balapan. Sebelumnya, Sirkuit Mandalika tidak mampu melakukan penyesuaian yang dibutuhkan agar lolos homologasi.

Seperti diwartakan Detik.com, SRO Motorsports Group selaku penyelenggara GT World Challenge Asia menyatakan bahwa Sirkuit Mandalika tidak sempat memodifikasi berbagai hal yang dibutuhkan untuk homologasi sebelum jadwal balapan yang ditetapkan, yakni 21 hingga 23 Oktober.

Sempat ada upaya untuk menunda balapan serta mencari tempat dan tanggal alternatif. Namun, upaya tersebut akhirnya tidak berhasil dan GT World Challenge Asia urung digelar.

Euforia MotoGP Mandalika, Keramaian Parade Seremonial dan Berkah Bagi Masyarakat Lokal



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini